Chairil Anwar, Jakarta, Jakarta Pusat, Patung

Patung Chairil Anwar Monas Jakarta Pusat

Patung Chairil Anwar Monas berada di dalam kawasan Taman Monas Utara, di sebelah utara dari Patung Diponegoro di kawasan yang sama. Patung yang dibuat dari bahan perunggu ini dibuat dalam gaya torso atau berupa patung sebatas dada.

Patung ini dibuat oleh pematung Arsono dari ARSTUPA (Arsono Studio Patung), menggambarkan wajah tenang Chairil Anwar yang tengah memandang lurus ke depan. Pengecorannya dengan perunggu dilakukan oleh pematung Gardono di Jogja.

Patung Chairil Anwar dibuat dalam tiga tahapan proses. Dimulai dengan pembuatan patung dari bahan tanah liat yang diambil dari Karang Anyar, lalu pembuatan cetakan perunggu dari gips, dan akhirnya proses penuangan perunggu.

Patung Chairil Anwar diresmikan oleh Gubenur DKI Jakarta R. Suprapto pada 21 Maret 1986. Namun karena letaknya yang berada jauh di ujung utara, tampaknya hanya sedikit pengunjung Monas yang pernah melihat patung penyair kenamaan yang mati muda ini.

Patung Chairil Anwar Monas

Alamat : Taman Monas Utara, Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.1722783, 106.8272486, Waze. Info Jakarta : Nomor Telepon Penting, Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 16, 2018.