Jakarta, Jakarta Barat, Kelenteng

Kelenteng Ba Cheng Yi Ci Jakarta Barat

Kelenteng Ba Cheng Yi Ci di Jakarta Barat merupakan salah satu Kelenteng Tertua di Indonesia yang didirikan oleh orang-orang Tionghoa suku Hakka yang berasal dari daerah pegunungan di Fujian, Tiongkok.

Secara bergelombang orang-orang Hakka bermigrasi keluar dari Tiongkok karena perang atau sebab yang lain, misalnya didatangkan oleh pemerintah kolonial Belanda untuk bekerja sebagai kuli perkebunan atau di tambang timah di Bangka Belitung.

Lokasi Kelenteng Ba Cheng Yi Ci berada di Jl. Jembatan Batu No. 49, Jakarta Barat. Bangunan aslinya didirikan pada tahun 1865 oleh sejumlah tokoh yang mewakili masyarakat Hakka di Batavia waktu itu.

Selain sebagai tempat sembahyang di altar para dewa dan orang suci, kelenteng ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan bilah nama orang-orang Hakka yang telah meninggal. Namun mungkin karena mendapat tempat yang lebih baik, pada tahun 1878 bangunan kelenteng dipindah ke tempat yang sekarang ini.

Kelenteng Ba Cheng Yi Ci

Alamat : Jl. Jembatan Batu 49, Jakarta. Lokasi GPS : -6.1387467, 106.8144894, Waze. Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 02, 2018.