Bandung, Bandung Barat, Lembang, Observatorium

Info Kunjungan Observatorium Bosscha Lembang

Berikut adalah Info Kunjungan Observatorium Bosscha Lembang yang memiliki sejumlah peraturan dan informasi yang wajib untuk diketahui jika hendak berkunjung dan melihat teropong bintang di tempat yang sangat terkenal ini.

Untuk mengunjungi Observatorium Bosscha anda diminta untuk mendaftar terlebih dahulu, meskipun seperti yang saya alami, bisa saja anda diperbolehkan untuk ikut rombongan yang tengah berkunjung, jika anda hanya seorang diri atau berdua. Namun ini bergantung pada kebijakan petugas di lapangan.

Selama bulan Ramadhan/bulan puasa, Observatorium Bosscha hanya menerima pengunjung yang telah mendaftar sebelumnya. Observatorium Bosscha tidak menerima pengunjung yang datang mendadak.

Observatorium Bosscha TIDAK menerima kunjungan pada hari Senin, Minggu dan hari libur nasional, pergantian tahun (tanggal 24 Desember -5 Januari), serta seminggu sebelum dan sesudah Idul Fitri.

Kunjungan Siang
Selasa - Kamis (rombongan sekolah/institusi)
Sesi I : 09.00
Sesi II : 11.00
Sesi III : 13.00

Jumat (rombongan sekolah/institusi)
Sesi I : 09.00
Sesi II : 13.00

Sabtu (khusus keluarga/perorangan)
09.00 - 14.00 (sesi terakhir dimulai jam 13.00)

Rp 7.500/orang, kapasitas 200 Orang

Pengunjung dapat mengunjungi teleskop Zeiss (tidak meneropong), mendapat info astronomi di ruang multimedia, mengamati matahari dengan Real Time Solar Telescope melalui gambar proyeksi, tidak meneropong satu-satu.


Kunjungan Malam
April -Oktober (3 hari per bulan)
17.00 - 20.00

Rp 10.000/orang, kapasitas 200 Orang

Pada kunjungan malam, jika langit cerah (tidak mendung/hujan), pengunjung dapat mengunjungi teleskop Zeiss (tidak meneropong), mendapat info astronomi di ruang multimedia, mengamati bulan & objek-objek lain menggunakan teleskop Unitron dan Bamberg dengan mengantri satu per satu.

Pendaftaran

Untuk mendaftar, dengan mengirim surat via pos atau faksimil yang ditujukan kepada Kepala Observatorium Bosscha dengan alamat:

Observatorium Bosscha
FMIPA Institut Teknologi Bandung
Lembang, Bandung 40391
Jawa Barat, Indonesia
No Fax.: +62-22-2786001

Untuk pengunjung dari sekolah/institusi, surat harus resmi (menggunakan kop surat, tanda tangan dan berstempel) dan mencantumkan:

Hari dan tanggal berkunjung
Jam berkunjung
Jumlah orang yang akan berkunjung
Kelompok usia pengunjung (TK, pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa, guru, atau keluarga)

Pengunjung akan dicatat di buku pendaftaran setelah surat diterima. Observatorium Bosscha tidak melayani pendaftaran secara lisan/lewat telpon/email.

Sedangkan pengunjung keluarga/perorangan (dengan jumlah kurang dari 25 orang) dapat menghubungi lewat telp/email.


Observatorium Bosscha tidak menerima pendaftaran dari agen biro perjalanan atau travel.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi bagian pendaftaran:
Telp. : +62-22-2786001 (hanya dilayani pada hari dan jam kerja)
E-mail : kunjungan[at]as.itb.ac.id


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 02, 2018.