Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut Manado Sulawesi Utara

aroengbinang.com - Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut Manado Sulawesi Utara adalah sebuah taman kota serbaguna yang lokasinya berada di pusat Kota Manado, di kawasan yang sebelumnya dikenal dengan nama Pasar '45. Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut diresmikan pada 1987, dan di dalamnya terdapat taman, Teater Terbuka, Monumen Dotu Lolong Lasut, dan Pusat Informasi Wisata Manado.

Suasana yang cukup panas di Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut ini sedikit tertolong dengan adanya beberapa pepohonan yang cukup rindang di sebagian tepi taman yang oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan nama populer TKB (Taman Kesatuan Bangsa).

Lokasi taman sekitar 100 meter dari Tugu Peringatan Pendaratan Batalyon Worang yang ada di pertigaan Jl Sam Ratulangi, atau sekitar 440 meter dari bibir pantai terdekat. Warung-warung kopi sepertinya mudah ditemui di sisi barat taman ini, namun saya tak sempat mampir ke salah satu warungnya.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara
Pemandangan di salah satu bagian Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut Manado, dengan Patung Dotu Lolong Lasut berdiri di tengah-tengah area taman, ada lambang salib dalam ukuran besar berwarna biru, serta Bangunan Pusat Informasi Wisata di latar belakang.

Masyarakat Kota Manado mempercayai bahwa Lolong Lasut, yang hidup pada abad ke-16, adalah pendiri Kota Manado setelah merintis berdirinya "Tumani Negeri Wenang" yang sekarang dikenal sebagai Kota Manado. Nama Manado sendiri diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda, diambil dari nama Gunung Manado Tua yang berada di lepas Pantai Manado.

Rupanya Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut juga menjadi tempat bermain anak-anak, mungkin pada saat orang tua mereka tengah sibuk berdagang di sekeliling taman, dan kegiatan sekolah mereka telah selesai. Tiga anak berpose untuk saya potret dengan memakai kaos team kesebelasan favorit mereka yang saat itu sedang berlaga di Piala Dunia. Selalu ada cara sederhana untuk bergembira dan menikmati hangatnya persahabatan.

Teater Terbuka di Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut Manado Sulawesi Utara berbentuk melingkar, dan sering dipergunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian dan budaya Minahasa, serta kegiatan kemasyarakatan dan wisata lainnya. Di bundaran yang tampak di sebelah kanan itu tampaknya sudah dibangun semacam pendopo beratap, yang tentu sangat dibutuhkan jika ada pementasan entah di musim panas dan terutama tentunya saat musim hujan.

Bangunan Pusat Informasi Turis Manado (Manada Tourist Information Center) masih terlihat baru, namun sayang sekali saat itu pintunya terkunci dan tidak terlihat ada satu pun petugas yang menjaga di sana. Mudah-mudahan saja sekarang sudah dibuka dari Selas s/d Minggu untuk membantu pejalan mendapat info wisata Manado.

Beberapa saat sebelumnya ada seorang gadis remaja, disaksikan oleh temannya, tengah mencoba mengarahkan kedua anak yang tengah berada di kolam air mancur itu agar mendapatkan momen yang baik untuk ia foto. Seringkali tidak diperlukan kamera mahal dan canggih untuk mengabadikan keindahan di sekeliling kita.

Memandang dari jarak dekat pada Patung Dotu Lolong Lasut memperlihatkan bahwa parang di tangan kanannya dipegang dengan cara yang terbilang unik. Mungkin itu adalah posisi tangan ketika parangnya tidak hendak digunakan dalam sebuah pertempuran. Pada kaki dan tangannya terlihat ada ornamen berupa ikatan, serta menggunakan ikat kepala yang mengikat rambuat panjangnya.

Daerah di sekitar Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut pernah menjadi pusat kegiatan perekonomian dan tempat bersantai sebelum dibangunnya mal dan kawasan Boulevard. Namun siang itu jalan-jalan disekeliling Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut masih dipadati kendaraan, dan emperan pertokoan pun masih tetap dipadati oleh orang yang berlalu lalang tanpa henti. Sepertinya taman ini kondisinya sekarang sudah jauh lebih baik dibanding ketika saya kunjungi waktu itu.

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut Manado

Alamat : Kawasan Pasar '45. Lokasi GPS: 1.49246, 124.84095, Waze.

Galeri Foto Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut

Teater Terbuka dengan bentuk melingkar yang sering dipergunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian dan budaya Minahasa, serta kegiatan kemasyarakatan dan wisata lainnya. Di bundaran yang tampak di sebelah kanan itu tampaknya sudah dibangun semacam pendopo beratap, yang tentu sangat dibutuhkan jika ada pementasan entah di musim panas dan terutama tentunya saat musim hujan.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Bangunan Pusat Informasi Turis Manado (Manada Tourist Information Center) yang masih terlihat baru, namun sayang sekali saat itu pintunya terkunci dan tidak terlihat ada satu pun petugas yang menjaga di sana. Mudah-mudahan saja sekarang sudah dibuka dari Selas s/d Minggu untuk membantu pejalan mendapat info wisata Manado.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Pandangan jarak dekat pada Patung Dotu Lolong Lasut, dengan parang di tangan kanannya namun cara memegang pangkalnya terbilang unik. Mungkin itu adalah posisi tangan ketika parangnya tidak hendak digunakan dalam sebuah pertempuran. Pada kaki dan tangannya terlihat ada ornamen berupa ikatan, serta menggunakan ikat kepala yang mengikat rambuat panjangnya.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Patung Dotu Lolong Lasut dilihat dari sudut pandang yang berbeda, juga memperlihatkan dudukan tugu di bawahnya secara penuh yang di bagian depannya ditanami dengan perdu serta tanaman bunga untuk menyegarkan pemandangan. Sudut pandang ini memperlihatkan adanya senjata tajam lainnya yang terselip di pinggang kirinya.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Patung Dotu Lolong Lasut dan salib biru di Taman Kesatuan Bangsa dengan latar bundaran air mancur, yang saat itu tidak sedang menyala pancurannya. Entah karena sedang rusak atau memang sengaja dimatikan untuk menghemat anggaran listrik. Di sejumlah keramaian, air mancur memang hanya dinyalakan ketika ada kerumanan banyak orang yang biasanya terjadi pada malam Minggu.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Pandangan dekat pada sosok patung Dotu Lolong Lasut di Taman Kesatuan Bangsa, memperlihatkan gagang parang yang bengkok terselip pada pinggangnya, mungkin sejenis badik. Jika saja ada pelatuk, maka tentulah itu sebuah pistol dengan laras yang panjang. Ikatan-ikatan tali pada lengan dan kaki saya duga merupakan persiapan dalam keadaan darurat, misalnya untuk membalut luka setelah terjadi pertempuran.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut juga menjadi tempat bermain anak-anak, mungkin pada saat orang tua mereka tengah sibuk berdagang atau bekerja di kantor, dan kegiatan sekolah mereka telah selesai. Tiga anak berpose dengan memakai kaos team kesebelasan favorit mereka yang saat itu sedang berlaga di Piala Dunia.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Cara sederhana untuk bergembira dan menikmati hangatnya persahabatan dengan basah-basahan bermain air di Taman Kesatuan Bangsa. Meski air mancurnya tak hidup namun masih bisa membuat anak-anak bergembira. Entah jika ada petugas datang dan menegur mereka. Namun anak-anak selalu bisa menemukan caranya sendiri untuk tetap menghidupkan hari.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Seorang gadis remaja, disaksikan temannya, mencoba mengarahkan kedua anak di kolam air mancur itu untuk mendapatkan momen pose yang baik. Sering tak perlu kamera mahal untuk mengabadikan keindahan di sekeliling kita. Kedua gadis tanggung dan kedua anak laki-laki itu mestinya sekarang sudah dewasa, karena fotonya saya ambil sudah lama.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Sudut pandang lainnya pada Taman Kesatuan Bangsa yang semoga terus menjadi inspirasi bagi seluruh warga negera RI, bahwa persatuan dan kesatuan bangsa mutlak harus dijaga. Tidak ada tempat di negeri ini selain faham Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, yang menjamin kesetaraan hak dan kewajiban bagi setiap orang, apa pun suku dan agamanya, dan menjamin keragaman seni budaya adat Nusantara sebagai warisan nenek moyang kita.

taman kesatuan bangsa dotu lolong lasut manado sulawesi utara

Info Manado

Tempat Wisata di Manado, Hotel di Manado, Peta Wisata Manado

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.