Pantai Tirto Samodra Jepara

September 26, 2019. Label:
aroengbinang.com - Lewat jam 12 siang saat kami tiba di Pantai Tirto Samodra Jepara. Bukan waktu ideal untuk ke pantai, namun pejalan kadang memilih efisiensi. Kadang tak memilih, hanya ikuti kemana roda kendaraan. Begitu pun, setiap waktu tentu ada daya tarik dan daya dorongnya sendiri.

Pantai Tirto Samodra Jepara adalah pantai kedua di Jepara yang kami kunjungi setelah Pantai Kartini dan Pulau Panjang dengan menyewa perahu nelayan. Di perjalanan mendekati daerah pantai kami sempat berhenti di muara sungai dimana terdapat banyak perahu nelayan sandar. Kawasan wisata ini juga dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Pantai Bandengan, karena memang lokasinya berada di wilayah Desa Bandengan, dan lebih mudah pula diucapkan dengan lidah karena lebih pendek dan mudah diingat. Jarak dari Alun-Alun Kota Jepara ke dermaga wisata pantai ini adalah 5,7 Km arah ke Barat Daya, atau sekita 12 menit berkendara.

Waktu yang baik untuk berkunjung ke pantai ini tentu saja adalah pagi hari di akhir pekan, atau saat libur nasional, yaitu jika ingin melihat dan menikmati keramaian dan keriuhan pengunjung saat bermain di air laut. Rumah panggung di ujung dermaga juga merupakan tempat yang baik untuk melihat panorama saat matahari tenggelam, selain dari atas laut dengan naik perahu wisata.

pantai tirto samodra jepara

Wied dengan latar sebuah rumah yang dulunya mestinya cantik kini terlihat merana di tepian pantai, ditemani sebatang pohon yang meranggas daunnya. Boleh jadi karena lingkungan sekitar yang sudah tidak mendukung, kemungkinan karena rob saat air laut pasang, sehingga menjadi rumah "hantu" setelah ditinggalkan pemiliknya. Kapal-kapal tampak terlihat mengambang di laut di latar belakang sana.

Jepara menjadi salah satu kawasan, sebagaimana Semarang, Demak dan Pekalongan, dan Jakarta, yang sebagian wilayah di sisi utara telah terendam oleh air laut sejauh beberapa puluh meter. Sebagian dikarenakan semakin menurunnya permukaan tanah akibat penyedotan air tanah yang berlebihan, sebagian lagi karena mencairnya es di antartika karena pemanasan global, dan sebagian lagi karena semakin sedikit air yang tertahan di daratan di musim hujan.

Rumah hantu itu, mungkin begitu kalau sebuah rumah sudah ditinggalkan manusia, berada di GPS -6.5595462, 110.6478274 yang kami lihat dari sebuah lokasi di sudut jalan, di belakang warung sederhana, sangat sederhana, di GPS -6.5588827, 110.6493911. Kami memang sengaja menelusuri terlebih dahulu kawasan yang berada di luar area utama Pantai Tirto Samodra Jepara.

Pemandangan hamparan pasir putih tampak sejauh mata memandang, dan air laut kebiruan cukup jernih terlihat di kawasan utama Partai Tirto Samodra Jepara. Tiga bangunan panggung kotak di atas laut itu adalah tanda batas berenang yang diperbolehkan untuk digunakan pengunjung. Suasana pantai memang agak sepi, lantaran tepat tengah hari, dan bukan pula akhir pekan.

Di sebelah kanan pada foto, di bawah pohon rindang, terdapat peralatan bantu untuk bermain air laut di dekat pantai. Ada ban karet bulat besar warna-warni, bebek-bebekan karet berwarna kuning cerah, perahu karet, dan beberapa lagi. Melihat gelombang air laut yang relatif jinak, memang akan sangat menyenangkan bermain air di pantai ini. Apalagi air lautnya terlihat cukup jernih.

Di sepanjang jalan yang dekat dengan dermaga utama Pantai Tirto Samodra terdapat sejumlah warung makan yang menyediakan menu ikan dan hidangan laut lainnya, baik bakar maupun goreng, serta sejumlah kios kecil yang menjual jajanan dan minuman serta suvenir. Kami sempat makan makanan laut di sebuah warung, namun baik masakan maupun pelayanannya agak mengecewakan sehingga tak layak untuk ditulis.

Pemandangan cukup elok pada dermaga wisata utama di kawasan Pantai Tirto Samodra atau Pantai Bandengan. Dermaga itu ada pada GPS -6.5542808, 110.6503111, dan akan terlihat cantik dilihat dari atas karena di tepiannya ada area berbentuk setengah lingkaran berpilar rendah. Rancangannya cukup baik, hanya perlu perbaikan agar kembali cantik. Lampu solar cell untuk penerang juga perlu dipasang di sepanjang dermaga.

Dermaga itu berada hampir di ujung sebelah kiri kawasan Pantai Bandengan, namun merupakan tempat yang paling dekat dengan jalan utama kawasan yang diaspal mulus dan cukup lebar. Ujung kiri kawasan ini berupa sebuah tanjung berbentuk hampir persegi berukuran sekitar 525 x 650 meter. Setidaknya ada empat lajur jalan membelah tanjung yang tanahnya masih banyak kosong itu.

Pemandangan yang mengarah pada ujung kiri kawasan Pantai Tirto Samodra Jepara yang berbentuk tanjung segi panjang itu sempat saya foto. Tidak sebagaimana di sisi sebelah kanan, di sisi kiri ini area pasir putihnya jauh lebih sempit dan pendek. Namun ada sejumlah gazebo disediakan di tepian pantai yang bisa menjadi tempat nongkrong, meski pengunjung tak bisa berbaring meluruskan punggung di sana.

Pantai Tirto Samodra Jepara

Alamat : GaleriDesa Bandengan, Kecamatan Kota Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi GPS : -6.5543821, 110.6502843, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : sepanjang hari hingga malam. Harga tiket masuk : Rp.5.000.

Galeri Foto Pantai Tirto Samodra Jepara

Pemandangan hamparan pasir putih tampak sejauh mata memandang, dan air laut kebiruan cukup jernih terlihat di kawasan utama Partai Tirto Samodra Jepara. Tiga bangunan panggung kotak di atas laut itu adalah tanda batas berenang yang diperbolehkan untuk digunakan pengunjung. Suasana pantai memang agak sepi, lantaran tepat tengah hari, dan bukan pula akhir pekan.

pantai tirto samodra jepara

Pemandangan pada dermaga wisata utama di kawasan Pantai Tirto Samodra atau Pantai Bandengan. Dermaga itu ada pada GPS -6.5542808, 110.6503111, dan akan terlihat cantik dilihat dari atas karena di tepiannya ada area berbentuk setengah lingkaran berpilar rendah. Rancangannya cukup baik, hanya perlu perbaikan agar kembali cantik. Lampu solar cell untuk penerang juga perlu dipasang di sepanjang dermaga.

pantai tirto samodra jepara

Pemandangan yang mengarah pada ujung kiri kawasan Pantai Tirto Samodra Jepara yang berbentuk tanjung segi panjang itu. Tidak sebagaimana di sisi sebelah kanan, di sisi kiri ini area pasir putihnya jauh lebih sempit dan pendek. Namun ada sejumlah gazebo disediakan di tepian pantai yang bisa menjadi tempat nongkrong, meski pengunjung tak bisa berbaring meluruskan punggung di sana.

pantai tirto samodra jepara

Pemandangan pada area yang sepertinya muara sungai yang cukup lebar, terlihat beberapa saat sebelum kami tiba di kawasan Pantai Bandengan. Sejumlah perahu nelayan tampak tengah sandar di tepian sungai yang hanya berupa tanah coklat landai, tampaknya belum tersentuh sama sekali oleh tangan pemerintah setempat. Air di sini juga terlihat cukup jernih.

pantai tirto samodra jepara

Sepotong pemandangan yang kami lihat dari area kosong di bagian belakang warung sederhana di pojok jalan yang berada di sisi berlawanan dengan dermaga. Pokok-pokok kayu dengan kulit yang telah terkelupas menjadi pemandangan yang menarik. Ini seperti sebuah area yang telah ditinggalkan, dan hanya dikunjungi para petualang atau pencari sepi.

pantai tirto samodra jepara

Masih dari area di dekat pojok jalan itu terlihat di ujung sana ada semacam tanjung kecil dengan pantai pasir putihnya yang lumayan menarik. Tempat itu terpencil dan bisa menjadi seperti pantai pribadi dimana orang bisa berjemur di bawah matahari dengan sepuasnya, jika saja ada perahu yang bisa mengantar dan menungguinya.

pantai tirto samodra jepara

Pamandangan yang eksotis dengan latar belakang rumah "hantu" dan pohon dengan daun yang meranggas itu. Akan terlihat sangat cantik panoramanya jika saja pengambilan gambarnya dilakukan pada saat senja, dan ada bulatan matahari yang hendak tenggelam berwarna kemerahan dengan cahaya yang lemah berada persis di belakang rumah itu.

pantai tirto samodra jepara

Warung sederhana, sangat sederhana, yang berada di pojokan jalan itu, jauh dari keramaian kawasan pantai. Bagaimana pun ada terasa kedamaian di sana, meski tak jelas bagaimana mereka memenuhi kebutuhan akan air. Di sebelah kanan, di bawah pohon, ada bangku bambu yang terlihat cukup nyaman untuk berbaring meluruskan punggung.

pantai tirto samodra jepara

Pandangan pada sebuah kios di kawasan pantai, yang selain menjual makanan dan minuman ringan, juga menjual produk laut olahan nelayan Jepara atau para pengepul, berupa ikan kering berukuran kecil sampai sedang yang dijual dalam kemasan plastik.

pantai tirto samodra jepara

Pemandangan pada jalur jalan aspal mulus yang membujur sejajar tepian pantai sampai ke bagian ujung tanjung, dan lalu memutarinya. Ada kantung-kantung parkir kendaraan di sebelah kiri jalan ini, yang di dalamnya terdapat warung makan dengan menu berbagai hidangan laut yang segar.

pantai tirto samodra jepara

Meskipun sebagian pepohonan di tepian pantai belum lagi besar, namun dedaunannya yang cukup rimbun dengan dahan dan ranting yang mengembang, cukup mampu memberi keteduhan bagi pengunjung. Sangat membantu terutama di siang seperti ini, saat matahari tepat berada di atas kepala. Hanya saja kualitas pengelolaannya perlu ditingkatkan.

pantai tirto samodra jepara

Pemandangan pada tepian pantai, dilihat dari atas dermaga. Air lautnya yang jernih membuat orang bisa melihat dasar airnya. Ada serakan batuan yang tak terlalu besar, dan ada pula dasar air yang relatif rata, tanpa ada batuan di sana.

pantai tirto samodra jepara

Sisi pandang Pantai Tirto Samodra yang ditarik lagi agak ke belakang, memperlihatkan serakan batuan di tepian pantai, yang sebagian diantaranya telah ditumbuhi lumut berwarna kehijauan, dan sebagian lagi warna batunya hitam legam.

pantai tirto samodra jepara

Meskipun tengah hari, ada saja pengunjung yang masih senang bermain di air laut, dan ada pula yang berjalan di atas pasir bersama pasangan menyusuri tepian laut. Bangunan di ujung sana tampaknya adalah gedung pengawas, karena terlihat ada sejumlah pengeras suara di bawah dek pandang, serta ada lampu sorot yang besar.

pantai tirto samodra jepara

Area di ujung sana tampaknya sudah agak terpisah dari kawasan utama tempat wisata ini. Sejumlah perahu nelayan tampak tengah sandar, yang mungkin bisa disewa untuk ke Pulau Panjang. Bangunan di belakangnya mungkin adalah sebuah rumah makan, dengan dua gazebo di atas pasir putih.

pantai tirto samodra jepara

Sepanjang mata memandang, air laut terlihat jernih, dengan gelombang yang hampir-hampir tidak ada. Gelombangnya jinak mungkin karena posisi pantai yang melengkung sehingga sebagian tak terpapar langsung dengan laut lepas, selain adanya tanjung di ujung kiri kanan pantai, serta adanya Pulau Panjang.

pantai tirto samodra jepara

Tempat berteduh di ujung dermaga yang cukup elok, dan bisa menjadi tempat yang baik untuk melihat matahari terbit dan matahari tenggelam. Sayap beton di kiri kanannya adalah digunakan sebagi tempat untuk menaikturunkan penumpang dari perahu wisata.

pantai tirto samodra jepara

Pemandangan pada sisi kanan dermaga beton, dengan sebuah perahu wisata yang diikat dengan sejumlah tali agar tidak hanyut kemana-mana. Saat itu air laut tampaknya sedang surut, sehingga perahunya sepertinya telah menyentuh dasar air laut.

pantai tirto samodra jepara

Pepohonan yang tumbuh cukup subur dan rimbun di sepanjang tepian pantai, membuat suasana dan hawa di sekitaran pantai masih bisa ditolerir oleh pengunjung, meskipun tepat di siang hari sekali pun.

pantai tirto samodra jepara

Seekor kambing tampak berkeliaran di tepian pantai, pemiliknya tentu salah satu pemilik warung yang ada di sana. Ada cukup banyak kambing yang berkeliaran, terutama di bawah rindang pepohonan. Semoga saja yang empunya bertanggung jawab terhadap kotoran yang mereka buang.

pantai tirto samodra jepara

Sepasang berang-berang yang dikurung di sebuah kerangkeng kami lihat di sebuah rumah makan di kawasan Pantai Bandengan ini. Mereka sangat ramai suaranya, meloncat-loncat meminta makanan, dan sangat senang ketika diberi buah dari rujak belum berbumbu yang saya beli sebelumnya. Sayang kebebasan hidup mereka telah terbelenggu.

pantai tirto samodra jepara

Jepretan lainnya pada pemandangan pohon dengan dahan eksotis di samping sisa-sisa bangunan yang mestinya cukup megah ketika baru saja selesai dibuat. Tak ada yang kekal memang, namun kecintaan pada benda seringkali membuat manusia lupa pada kefanaan.

pantai tirto samodra jepara

Tempat ini bisa dibilang merupakan salah satu area terbaik untuk berfoto bersama atau pun berswafoto, namun karena letaknya yang relatif jauh dari lokasi utama Pantai Tirto Samodra boleh jadi tak banyak orang yang tahu dan pernah berkunjung ke sana.

pantai tirto samodra jepara

Wid dengan latar rumah rusak dan pohon yang meranggas daunnya. Tak ingat benar apakah saat itu air laut sedang surut, namun sepertinya iya jika melihat tanah basah di seberang sana. Tak jelas pula apakah rumah itu terendam jika berada di puncak pasang saat bulan purnama. Jika masih ada, rumah itu mungkin sudah bisa dijadikan tempat uji nyali.

pantai tirto samodra jepara

Foto lainnya pada tepi laut dekat dermaga dengan deretan beberapa buah perahu wisata. Seorang pria tampak tengah merapikan jaring selagi sepi pengunjung, disaksikan oleh seorang pria lainnya. Secara umum sewa perahu di tempat wisata seperti ini lebih mahal ongkosnya ketimbang sewa mobil jika dihitung per jam. Namun harga tiket standar, jika bergabung dengan pengunjung lain, umumnya cukup murah.

pantai tirto samodra jepara

Info Jepara

Hotel di Jepara, Tempat Wisata di Jepara, Peta Wisata Jepara.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.