Pantai Kartini Jepara

September 28, 2019. Label:
aroengbinang.com - Mengawali hari itu, kami menyasar ke Pantai Kartini Jepara untuk melihat panorama pagi dan apa saja yang ada di sana. Kasmudi, pengemudi Budi Rentcar Jepara 0858 6572 5176, pada awalnya hendak menyasar tempat lain, namun saya tak ingin melihat pantai yang pucat karena berkunjung setelah matahari naik tinggi.

Ini pagi pertama di Kota Jepara, setelah lama berkeinginan untuk datang ke tempat yang terkenal dengan ukiran kayunya. Jepara juga menjadi tempat lahir R.A. Kartini, pahlawan nasional pelopor kebangkitan wanita, yang namanya digunakan oleh kawasan wisata pantai ini.

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Kartini Jepara juga menjadi sasaran antara bagi pejalan yang ingin menyeberang ke Pulau Karimunjawa. Karena itulah ketika kami tiba di pintu gerbangnya, penjaga gerbang bertanya untuk menegaskan bahwa saya tidak salah masuk, karena akses ke dermaga penyeberangan ke Karimunjawa ada di pintu yang lain.

pantai kartini jepara

Hal pertama yang menarik perhatian setibanya di Pantai Kartini Jepara adalah bangunan berbentuk kura-kura raksasa dengan kepala mendongak memperlihatkan gurat kulit lehernya. Gedung dua lantai Kura-Kura Ocean Park ini diresmikan pada 22 Februari 2011, dengan taman laut berisi berbagai jenis ikan dan penyu, Mini Theater dan Kolam Sentuh.

Di ujung sana, setelah pohon besar tinggi itu, adalah bibir pantai dengan setidaknya ada tiga pendopo besar di sana yang satu sama lainnya dihubungkan dengan jalan jembatan di atas laut. Di sebelah kanan sudah terlihat ada kesibukan para pemilik warung dalam menyiapkan jualan dan menu makanan andalannya. Ada kelapa muda menggoda di sana.

Sayang sekali saat itu hari masih pagi, sehingga bukan waktu yang tepat untuk minum air kelapa yang segar dan untuk menyerok daging kelapa mudanya. Di jam pagi seperti ini yang nikmat adalah menyantap semangkuk besar bubur ayam yang hangat, ditemani kopi pahit panas.

Tulisan Pantai Kartini warna putih berukuran besar menjadi salah satu ikon di pantai yang tak memiliki pasir dan area landai ini. Tepian pantainya adalah tanggul beton dengan pagar pelindung memanjang rapi yang dibuat agar orang tak terjatuh ke dalam air laut. Jalur pejalan yang lebar dengan paving blok rapi dibuat di sepanjang tepian pantainya.

Untuk sampai ke tulisan itu kami melewati area bermain anak-anak, dengan sejumlah mobil mini, vespa mini roda tiga, sepeda motor mini, yang semuanya bertenaga listrik, serta otoped. Ada pula luncuran dan sejumlah permainan lainnya. Kereta api mini juga ada, namun semuanya masih sepi. Hanya terlihat petugas kebersihan sedang menyapu.

Pada pagar pembatas pantai ada seorang pria yang semula saya kira memancing ikan. Ternyata tidak. Ia memang mencari ikan, namun dengan cara menembaknya. Meskipun tak mudah menembak ikan karena air membelokkan arah, namun sejumlah ikan telah ia peroleh. Hanya saja saya tak sempat melihatnya menembak ikan, karena tak sabar menunggunya beraksi.

Pantai Kartini Jepara memiliki dermaga beton yang menjadi pangkalan perahu yang bisa disewa untuk menyeberangkan pejalan jika ingin berkunjung ke Pulau Panjang. Bangunan utuh Kura-Kura Ocean Park terlihat di ujung sana, dengan dua dari tiga pendopo yang yang ada di belakangnya. Permukaan air laut terlihat tenang saat itu.

Tugu Kartini sempat saya lihat belakangan karena letaknya yang agak terpisah. Sosok RA Kartini digambarkan dengan rambut digelung dan hiasan pada lehernya, dandanan khas wanita Jawa. Sejumlah titik di Pantai Kartini Jepara yang mungkin menarik namun tak sempat kami kunjungi adalah Makam Encik Lanang, Catur Raksasa, dan Pesawat Terbang TNI AU. Kolam Kecek mungkin saya lihat ketika menuju ke dermaga

Tak sebagaimana Pulau Karimunjawa yang jauh, Pulau Panjang terlihat mata karena sangat dekat dengan Pantai Kartini Jepara, dan di akhir pekan pengunjung hanya membayar Rp.10.000 untuk menyeberang ke sana. Hanya saja di hari lain orang perlu menyewa, dan itu yang kami lakukan, setelah melihat air laut yang tenang, serta jaraknya yang dekat.

Pantai Kartini Jepara

Alamat : Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -6.5891976, 110.6459016, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto Pantai Kartini Jepara

Tulisan Pantai Kartini warna putih berukuran besar menjadi salah satu ikon di pantai yang tak memiliki pasir dan area landai ini. Tepian pantainya adalah tanggul beton dengan pagar pelindung memanjang rapi yang dibuat agar orang tak terjatuh ke dalam air laut. Jalur pejalan yang lebar dengan paving blok rapi dibuat di sepanjang tepian pantainya.

pantai kartini jepara

Pantai Kartini Jepara dilihat dari dermaga beton yang menjadi pangkalan perahu yang bisa disewa untuk menyeberangkan pejalan jika ingin berkunjung ke Pulau Panjang. Bangunan utuh Kura-Kura Ocean Park terlihat di ujung sana, dengan dua dari tiga pendopo yang yang ada di belakangnya. Permukaan air laut terlihat tenang saat itu.

pantai kartini jepara

Tugu Kartini yang saya lihat belakangan karena letaknya yang agak terpisah. Sosok RA Kartini digambarkan dengan rambut digelung dan hiasan pada lehernya, dandanan khas wanita Jawa. Sejumlah titik di Pantai Kartini Jepara yang mungkin menarik namun tak sempat kami kunjungi adalah Makam Encik Lanang, Catur Raksasa, dan Pesawat Terbang TNI AU. Kolam Kecek mungkin saya lihat ketika menuju ke dermaga

pantai kartini jepara

Seorang ibu pemilik warung tampak tengah membakar ikan dengan bumbu yang sangat mengundang. Entah siapa yang sepagi ini hendak menyantap ikan. Kotak putih di sebelahnya adalah tempat penyimpanan ikan, yang biasa ditimbun dengan es batu agar ikan lebih awet.

pantai kartini jepara

Seorang petugas kebersihan wanita tampak tengah membuang sampah yang ia kumpulkan ke tong. Taman tempat ia bekerja sebenarnya cukup asri, hanya saja rumputnya gersang, dan air mancurnya tak berfungsi, padahal setidaknya ada 4 patung kodok di sana yang akan terlihat cantik jika menyemburkan air.

pantai kartini jepara

Jembatan penghubung di atas laut yang menghubungkan pendopo tampak di belakang sana, dengan dua pohon peneduh rimbun di latar depan. Jika saja akhir pekan tentu akan ramai orang.

pantai kartini jepara

Pohon besar tinggi ini sangat rimbun, dan di tengah batangnya dibuat semacam dek pandang, namun entah bagaimana caranya untuk sampai ke dek itu. Pohon ini tentulah sudah sangat tua, lebih dari seratus tahun saya kira, meskipun Pantai Kartini baru mulai dikembangkan sejak 1923.

pantai kartini jepara

Pembuat kura-kura raksasa ini patut dipuji, karena terlihat sangat hidup, dan kulitnya pun terlihat natural, sebagaimana kulit hewan aslinya.

pantai kartini jepara

Membuat rancangan bangunan seperti ini saya kira bukan hal yang mudah, karena harus menggabungkan seni dan rekayasa arsitektur, serta ilmu pendukung lainnya. Kehalusan cita rasa pembuatnya patut diacungi jempol.

pantai kartini jepara

Pintu masuk ke Kura-Kura Ocean Park yang masih tutup. Jam buka wahana edukasi ini adalah 09.00 - 17.00, hari Senin s/d Minggu, hari libur juga buka. Saat itu baru saja lewat pukul 8 pagi.

pantai kartini jepara

Bangunan Kura-Kura Ocean Park dilihat dengan memunggungi pantai. Keindahan seni bangunan ini sepadan dengan nama harum seni ukir Jepara yang telah mendunia. Kemakmuran Kota Jepara juga setidaknya tercermin pada kualitas tempat hiburannya. Gedung ini selesai dibangun pada 2008.

pantai kartini jepara

Sejumlah mobil mini, skuter mini, sepeda motor mini yang semuanya bertenaga listrik tampak berjejer rapi menunggu penyewa. Pada taman di ujung sana juga tersedia permainan luncuran yang cukup besar dan tinggi.

pantai kartini jepara

Jarak dari area bermain anak ke gedung Kura-Kura Ocean Park itu dekat saja, sehingga sangat memudahkan pengunjung yang membawa anaknya melancong di Pantai Kartini ini.

pantai kartini jepara

Dua diantara sekian warung makan yang ada di area Pantai Kartini. Banyak yang sepi, karena hari memang masih pagi. Kelapa muda yang ada di sana itu sebenarnya cukup menggoda, namun waktunya belum pas.

pantai kartini jepara

Di latar depan adalah mungkin yang disebut sebagai Kolam Kecek. Mungkin, karena saya tak melihat ada kolam lain di sekitar Pantai Kartini ini. Di ujung sana adalah tulisan Pantai Kartini berukuran besar itu.

pantai kartini jepara

Jalur pejalan di pinggiran pantai yang lebar dan rapi dengan tatanan paving blok. Meskipun tak sehalus pasir pantai namun nyaman juga, dengan rasa yang berbeda. Penembak ikan itu tampak berdiri menyender pada pagar pelindung.

pantai kartini jepara

Tukang perahu tengah mengurai tali yang ditambatkan ke patok beton di dermaga, karena kami telah menyepakati harga sewa untuk ke Pulau Panjang dengan seorang ibu yang rupanya bertindak sebagai perantara.

pantai kartini jepara

Di ujung sana adalah dermaga yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang ingin menyeberang ke Pulau Karimunjawa. Ketika ombak laut sedang tak ramah, jadwal keberangkatan dan kepulangan bisa kacau. Oleh karena itu dibutuhkan ukuran kapal yang besar, agar bisa tetap melayani penumpang pada segala kondisi cuaca laut.

pantai kartini jepara

Dermaga Pulau Panjang dengan deretan perahu tanpa pengemudinya. Memang hari masih pagi, dan bukan pula akhir pekan, sehingga pengemudi perahu mungkin lebih senang tinggal di rumah atau warung sambil menunggu telepon ibu-ibu yang menjadi perantara.

pantai kartini jepara

Wied masih di dermaga, sementara tukang perahu sudah bersiap menuju ke mesin motor perahu untuk menghidupkannya. Kami sebentar lagi hendak berperahu menuju ke Pulau Panjang.

pantai kartini jepara

Meskipun sudah tak lagi rapi, namun saya tetap merasa senang juga melihat bendera merah putih berkibar pada tiang perahu yang hendak kami tumpangi. Ada banyak tempat duduk di perahu yang warna catnya masih terlihat baru ini.

pantai kartini jepara

Perahu yang kami sewa siap berangkat ke Pulau Panjang dengan latar penyu raksasa di belakang sana. Abang pengemudi perahu masih berada di dermaga untuk melepaskan tali dari patok. Setir perahu terlihat di ujung sana.

pantai kartini jepara

Secara umum kondisi perahu di Pulau Kartini yang dipergunakan untuk melayani para wisatawan untuk ke Pulau Panjang atau ke tujuan lain kondisinya masih cukup baik, hanya saja tak ingat benar apakah semuanya sudah memenuhi standar keamanan dengan menyediakan baju pelampung dalam jumlah memadai.

pantai kartini jepara

Info Jepara

Hotel di Jepara, Tempat Wisata di Jepara, Peta Wisata Jepara.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.