Sleman, Tempat Wisata, Yogyakarta

Tempat Wisata di Sleman

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Sleman. Sleman berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah di Utara dan Timur, Gunung Kidul, Bantul, dan Kota Yogyakarta di Selatan, serta wilayah Kulon Progo di Barat. Sungai besar yang melintasi wilayah ini adalah Kali Progo, Kali Code, dan Kali Tapus.

Tulisan Tempat Wisata di Sleman dan Peta Wisata Sleman ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Wilayah Sleman cukup kaya dengan bangunan peninggalan dari jaman kejayaan Hindu Buddha. Sebagian berupa candi yang telah selesai direstorasi, sebagian masih dalam tahap penyelesaian, dan sebagian lagi masih berupa reruntuhan.

tempat wisata di sleman
Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala BP3 Yogyakarta
, tempat wisata di Sleman yang ada di Jl. Yogya-Solo km 15, Bogem, Kalasan, dengan koleksi benda peninggalan purbakalan yang sangat mengesankan, ditata dengan cantik, berpendingin ruangan, dan pengaturan penerangan koleksinya pun bisa dibilang juga baik.

Melihat kekayaan koleksinya, tempat ini mestinya dipromosikan sebagai salah satu tempat wisata wajib kunjung, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara yang datang ke Jogja. Diantara koleksinya adalah Arca Vajrapani, yaitu Dhyani Bodhisatva yang menguasai mata angin sisi Timur, terbuat dari perunggu dengan tangan kanan memegang vajra, ditemukan di Kulonprogo.

tempat wisata di sleman
Candi Barong
, tempat wisata di Sleman yang ada di Dusun Candisari, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, pada ketinggian 199,27 mdpl. Candi Hindu ini pada relung tubuhnya terdapat hiasan Kala yang menyerupai Barong, dengan penataan memusat ke belakang.

Candi ini terdiri dari tiga teras, dengan dua candi berada di teras pertama, dan tidak ada candi di teras dua dan tiga. Ada pagar terluar di sisi Timur yang posisinya masih terkubur tanah ketika ditemukan. Teras kedua cukup panjang dan lebar, dengan undakan pada ujungnya menuju teras pertama atau teras paling atas.

tempat wisata di sleman
Candi Ijo
, tempat wisata di Sleman ini ada di Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Keca Prambanan, dibangun pada abad ke-9, 18 km dari Kota Yogya. Kompleks candi berada di Gunung Ijo, pada ketinggian 410 mdpl, yang merupakan bagian dari Perbukitan Prambanan di bagian Utara deretan Pegunungan Seribu.

Candi utamanya cantik dan terlihat nyaris sempurna. Susunan batu belang-belang memberi indikasi bahwa candi utama ini merupakan hasil restorasi, yang memang sudah sewajarnya kalau itu dilakukan untuk merawat peninggalan karya seni budaya leluhur.

tempat wisata di sleman yang menarik
Candi Prambanan
, tempat wisata di Sleman yang berada di Desa Karangasem, Kecamatan Bokoharjo, 16 Km dari Kota Yogyakarta, candi Hindu terbesar di Jawa Tengah dengan ketinggian 47 m. Candi ini dibangun pada abad 9 oleh Balitung Maha Sambu dari Wangsa Sanjaya.

Di kompleks ini terdapat museum berbentuk joglo. Selain berbagai batu candi, juga dipajang arca Nandi, Resi Agastya, Siwa, Wishnu, Garuda, Durga Mahisasuramardini, Lingga, replika harta karun emas temuan Wonoboyo, replika Candi Prambanan, Borobudur, dan Plaosan. Juga ada audio visual mengenai candi Prambanan.

tempat wisata di sleman
Candi Sambisari
, tempat wisata di Sleman yang ada di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, 12 km dari Kota Yogyakarta, candi Hindu yang dibangun pada masa Raja Rakai Garung Mataram Kuno. Areanya berbentuk persegi empat sangat luas dengan pagar batu keliling sebelah dalam berukuran 50 m x 48 m, dan yang di sebelah luar lebih dari 60 m panjangnya.

Dulu di depan candi induk ada patung dewa penjaga pintu candi yang bernama Mahakala dan Nandiswara, namun dicuri pada tahun 1971. Pada tahun 1976, di bawah salah satu umpak candi induk ditemukan prasasti terbuat dari emas bertulis om siwasthana yang berarti 'hormat, rumah bagi Dewa Siwa'.

tempat wisata di sleman yang menarik
Keraton Ratu Boko
, tempat wisata di Sleman yang ada di Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, merupakan sebuah kompleks situs arkeologi seluas 19 Ha. Ratu Boko adalah ayah dari Loro Jonggrang yang terkenal dalam legenda Bandung Bondowoso dan terjadinya Candi Sewu.

Situs Keraton Ratu Boko yang tampaknya sebuah kompleks istana yang sangat megah ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-8, pada jaman pemerintahan Rakai Panangkaran, seorang keturunan dari Dinasti Syailendra. Dibangun di atas bukit setinggi 196 meter di atas permukaan laut yang dibagi menjadi empat bagian.

tempat wisata di sleman
Sendratari Ramayana Prambanan
, tempat wisata di Selaman berupa pertunjukan drama tari kolosal klasik yang pertama kali saya lihat pada awal tahun 1960-an di ruang terbuka Candi Prambanan. Pada musim hujan pertunjukannya dilakukan di tempat tertutup.

Sendratari Ramayana dipentaskan dalam bentuk gerak dan tari bergaya Jawa halus, tanpa dialog sama sekali, yang menceritakan kisah epik kuno yang berasal dari India dan telah lama diadaptasi ke dalam versi Jawa. Sebuah kisah klasik tentang cinta, tipu muslihat, perang, kesetiaan, pengorbanan, sifat ksatria, patriotisme, dan keteguhan kepercayaan.

Tempat Wisata di Sleman Yang Menarik Lainnya

Bumi Perkemahan Wonogondang »
Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, dengan rute jelajah desa melewati sungai, perkebunan, dan habitat kera di Sungai Gendol, GPS -7.610127, 110.439404.

Bumi Perkemahan Sinolewah »
Wisata Sleman di Dusun Gondang, Desa Umbulharjo, Cangkringan, 24 km dari pusat Kota Yogyakarta, dengan 8 pendopo, 35 kamar mandi, dapur umum, lengkap dengan peralatan masak. GPS -7.6104931, 110.4405999

Candi Abang »
Desa Jogotirto, Berbah, tidak jauh dari Gua Sentana, dibangun dengan menggunakan bata merah, GPS -7.8102758, 110.46857.

Candi Banyunibo »
Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, sekitar 4 km dari Candi Ijo, yang merupakan candi peninggalan agama Buddha.

Candi Dawangsari »
Wisata Sleman di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kec Prambanan, candi Hindu-Buddha yang dibangun abad ke-9, pada jaman Mataram Kuno, GPS -7.7743579, 110.4974789.

Candi Gebang »
Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, berbentuk bujur sangkar, merupakan candi Hindu dari jaman Wangsa Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Kadisoka »
Dusun Kadisoka, Desa Purwomartana, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY, berupa candi Hindu yang awal keberadaannya ditemukan oleh seorang penambang pasir pada tahun 2000.

Candi Kalasan »
Tempat wisata di Sleman di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, merupakan candi Buddha yang berumur sangat tua.

Candi Kedulan »
Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, candi Hindu yang ditemukan terpendam lahar Merapi sedalam 7 m.

Candi Miri »
Wisata Sleman di Dusun Nguwot, Desa Sambirejo, Kec Prambanan, candi Hindu yang dibangun sekitar abad ke-9 pada jaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Morangan »
Dusun Morangan, Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, terdiri dari candi induk dan candi perwara, diperkirakan seumuran Candi Prambanan.

Candi Sari »
Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, candi Buddha yang dibangun sekitar abad 8-9, pada jaman Mataram Kuno.

Desa Wisata Kembangarum »
Desa Kembang Arum, Kecamatan Turi, 45 menit dari Kota Yogya, dengan suasana pedesaan, ada 10 rumah tradisional yang bisa disewa cukup murah.

Gardu Pandang Kaliurang »
Wisata Sleman di Kawasan Kaliurang, 45 menit dari Kota Yogya, jika beruntung, tidak ada awan, bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan jelas. GPS -7.5935151, 110.4243135

Gua Jepang »
Dukuh Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, merupakan bunker pertahanan pada masa pendudukan Jepang, dengan empat lorong gua untuk masuk.

Gua Jepang Kaliurang »
Sisi barat bukit Plawangan, Kaliurang, dibangun tahun 1942 - 1945 semasa pendudukan Jepang, GPS -7.5900163, 110.426808

Gua Sentana »
Dukuh Candi Bang, Desa Jogotirto Berbah, terdiri dari tiga Goa yang dipahatkan pada dinding cadas. Goa paling kiri terdapat Lingga. GPS -7.8126489, 110.4710832.

Kaliadem »
Wisata Sleman di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kec Cangkringan, untuk melihat lava sisa erupsi Gunung Merapi, dekat Rumah Mbah Maridjan.

Kaliurang »
Berjarak 27 Km dari pusat Kota Yogya, sebuah tempat peristirahatan berhawa sejuk pada ketinggian 900 m dpl, GPS -7.5928823, 110.432564

Monumen Yogya Kembali »
Berupa bangunan berbentuk kerucut tiga lantai, yang menceritakan peristiwa kembalinya Yogya ke tangan Pemerintah RI, GPS -7.7496074, 110.3699184.

Museum Affandi »
Tempat wisata di Sleman yang ada di Jl. Raya Yogyakarta-Solo, di tepi barat Sungai Gajah Wong, dengan koleks karya Affandi dan pelukis lain, GPS -7.782652, 110.3963047.

Museum Dirgantara Mandala »
Jl. Kol. Sugiono Lanud Adisutjipto, dengan koleksi diorama, pesawat miniatur, pesawat terbang, persenjataan, perlengkapan, dll.

Museum Gunung Merapi »
Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, di kawasan lereng Merapi, dengan luas bangunan 4,470 m2. GPS -7.5921645, 110.4277776

Museum Pahlawan Pancasila »
Wisata Sleman di Kompleks Batalyon 403 Kentungan, terdapat lubang tempat dikuburnya Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiyono, dan benda terkait peristiwa penculikan mereka.

Museum Paleoantropologi »
Jalan Medika, Sekip, Kompleks Universitas Gadjah Mada, merupakan bagian Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Museum Pendidikan Indonesia »
Wisata Sleman di Kampus Pusat Univ. Negeri Yogyakarta, Jln. Colombo No 1, Karangmalang, dengan koleski arsip, alat dan media pembelajaran, foto, dll. GPS -7.7746808, 110.3870161.

Museum Pergerakan Wanita »
Jl. Laksda Adisucipto 88, dengan koleksi lukisan dan foto tokoh wanita, pakaian dinas, diorama, mesin ketik yang pernah digunakan Sri Mangunsarkoro.

Museum Purbakala »
Jl Raya Yogya – Solo Km 16, Kec Prambanan, di Kompleks Candi Prambanan, dengan koleksi dari temuan Situs Wanabaya, Prambanan, dan candi lainnya.

Museum Ullen Sentanu »
Jl.Boyong,Pakem, Kaliurang, yang menampilkan budaya putri Keraton Yogyakarta beserta koleksi bermacam-macam batik, buka Selasa - Minggu, 10.00 - 21.00

Situs Watugudig »
Wisata Sleman di Dusun Jobohan, Desa Bokoharjo, Kec Prambanan, berupa batu-batu besar dari andesit berbentuk umpak berjumlah 44 buah.

Situs Arca Ganesha Dawangsari »
Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, di tengah kebun milik penduduk berupa Arca Ganesha dengan ukuran sangat besar.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Mei 15, 2018.