Arca, Situs, Sleman, Yogyakarta

Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta

Situs Arca Ganesha Dawangsari ini berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, dan jaraknya sesungguhnya lebih dekat ke Situs Watugudig (3,8 km) ketimbang ke Candi Kedulan (5,9 km). Jadi rute yang saya ambil mestinya adalah ke Candi Sambisari, Candi Kedulan, Situs Watugudig, dan baru ke Situs Arca Ganesha Dawangsari.

Sebenarnya yang saya cari adalah Situs Dawangsari, namun alih-alih menemukan situs itu saya malah menemukan Situs Arca Ganesha Dawangsari yang tidak ada di dalam catatan saya. Mestinya kedua situs itu letaknya tidak begitu kauh, karena berada di dusun yang sama. Belakangan saya ketahui bahwa Situs Dawangsari lokasinya sangat dekat dengan Candi Barong yang saya kunjungi kemudian. Mungkin memang tidak sedang jodoh.

Dusun Dawangsari bisa dicapai dari Jalan Raya Yogya - Solo, lalu berbelok ke Selatan masuk ke Jalan Piyungan - Prambanan (di seberang Candi Prambanan, arah ke Situs Keraton Ratu Boko), dan setelah sekitar 700 m belok ke kiri (Timur), pada perempatan belok ke kanan, mentok belok ke kiri, mentok lagi belok kanan. Di pertigaan, jika menggunakan motor bisa lurus masuk jalanan menanjak, namun jika menggunakan mobil bisa di parkir di sekitar pertigaan, atau seperti yang kami lakukan adalah belok ke kanan, di ujung pertigaan belok ke kiri, lalu ada pertigaan belok ke kiri lagi. Jika bertemu perempatan, parkir kendaraan di sini.

Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta

Nun jauh di sana adalah panorama di sekitaran Candi Sojiwan yang dilihat dari jalanan menurun dekat akses masuk ke Situs Arca Ganesha Dawangsari. Tidak terlihat ada akses masuk yang 'jelas' ke dalam kebun, dimana Situs Arca Ganesha Dawangsari berada. Sehingga akhirnya, dengan hanya mengira-ira, saya meloncat masuk ke dalam kebun penduduk yang tanahnya lebih tinggi dari jalan.

Sebelumnya, di perempatan dimana kendaraan diparkir kami bertanya kepada seorang ibu, yang menunjukkan jalan masuk ke dalam situs. Jalan masuk tidak kami temukan, namun arca berukuran besar bisa dilihat dari tepi jalan, sehingga kami mencari jalan alternatif.

Dari perempatan kami berjalan kaki mengikuti jalan menurun untuk mencari akses masuk ke Situs Arca Ganesha Dawangsari. Di jalanan menurun itulah kami bisa melihat yang panorama indah puncak Candi Sojiwan (saya kira tadinya adalah Candi Prambanan, dan menara tinggi sebuah masjid berwarna putih.

Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta

Akses masuk ke kebun dimana Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta. Titik ini ada pada GPS: -7.76993, 110.49775. Jelas sekali bahwa akses yang kami lalui sudah cukup lama tidak dilewati manusia. Jika pun ada, tentu sangatlah jarang, atau sudah lama, karena tumbuhan perdu yang tumbuh bebas di jalanan setapak.

Akses menuju Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta yang kami lalui di beberapa tempat sudah tak lagi ada jejak jalan setapaknya, namun kami terus maju melangkah menelusur diantara perdu dan pepohonan.

Setelah berjalan beberapa puluh langkah lagi, akhirnya kami berhasil menemukan lokasi Situs Arca Ganesha Dawangsari yang kami cari itu. Kunjungan ini terjadi beberapa tahun lalu, sehingga semoga saja akses masuk sudah lebih jelas dan tertata, serta area di sekitar situs sudah dibersihkan dan dirawat denfan baik



Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta

Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta dengan tengara Cagar Budaya yang nyaris tidak terbaca lagi. Akses masuknya ditutup dengan pagar kawat, namun pintunya tidak digembok sehingga kami bisa masuk ke dalamnya. Dari samping belakang, terlihat bekas-bekas pahatan pada punggung Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta ini, namun sudah tidak jelas lagi ukirannya dan sebagian telah rusak.

Arca ini ukurannya cukup besar, sekitar dua kali tinggi orang dewasa, dan sangat lebar. Di sekeliling Arca Ganesha Dawangsari ini tidak terlihat ada benda lain yang menarik perhatian. Ada beberapa buah batu di samping dan belakang arca, namun tidak jelas bentuknya, dan mungkin hanya digunakan sebagai batu penjaga kestabilan arca.

Jika dilihat dari samping depan barulah bisa dilihat bentuk Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta ini, namun hanya tersisa bagian perut dan kakinya saja yang masih utuh, sementara kepalanya sudah hilang. Di belakang kepala yang kosong itu ada sebuah batu besar, namun bentuknya tidaklah jelas.

Kedua tangan Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta ini sudah terlihat tidak lagi utuh, demikian juga belalainya yang hanya tersisa sedikit di bagian tengah perut. Tepat di atas kaki, terdapat relief sabuk yang melingkari perut arca yang gendut ini, dengan ornamen bulatan seperti matahari di tengahnya.

Tidak diketahui kapan Arca Ganesha ini ditemukan, dan kapan pula dibuatnya, namun bisa jadi arca ini dibuat pada jaman Mataram Kuno, sekitar abad ke-9, seumuran dengan Candi Sambisari.

Situs ini jelas sudah memerlukan perhatian dan perawatan dari dinas terkait, baik untuk memperbaiki akses masuk ke dalam situs, memasang petunjuk arah, maupun penataan yang lebih baik di area sekitar situs. Begitu pun, Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman Yogyakarta masih tetap menarik untuk dikunjungi.


Situs Arca Ganesha Dawangsari Sleman

Alamat : Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi GPS : -7.76979, 110.49682, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Sleman, Peta Wisata Sleman, Hotel di Yogyakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 02, 2020.