Candi, Sleman, Yogyakarta

Candi Morangan Sleman

Candi Morangan Sleman adalah candi Hindu yang berada di Dusun Morangan, Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Morangan ditemukan pertama kali pada 1884 dalam keadaan runtuh, diduga akibat letusan Gunung Merapi karena ditemukan pasir dan batu-batu berasal luapan dari Sungai Gendol, yang menyebabkan Candi Morangan berada 2,5 meter di bawah permukaan tanah.

Candi Morangan terdiri dari candi induk yang menghadap ke Barat, berdenah bujur sangkar berukuran 7,95 x 7,95 meter, dan candi perwara menghadap ke Timur berukuran 4 x 4 meter. Pada candi induk ditemukan adanya Yoni.

Sebagian besar relief di Candi Morangan berupa relief binatang, seperti burung, gajah, kelinci, kera, kijang, dan singa.

Candi Morangan diperkirakan seumuran dengan Candi Prambanan, dengan melihat kesamaan ornamen pada beberapa arca yang berbentuk pita besar di pinggang kanan dan kirinya.


Candi Morangan Sleman

Alamat : Dusun Morangan, Desa Sindumartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi GPS : -7.6848005, 110.4694378, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Sleman, Peta Wisata Sleman, Hotel di Yogyakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 13, 2018.