Candi Sari Sleman Yogyakarta

Candi Sari Sleman Yogyakarta, yang dikenal pula dengan nama Candi Bendan, adalah sebuah candi Buddha kuno yang berada di dusun Bendan, Kalasan, sekitar 14 kilometer dari kota Yogyakarta. Hujan turun dengan deras ketika saya masih dalam perjalanan menuju Candi Sari, setelah meninggalkan Lava Merapi Kaliadem, dan saya pun mampir di Ayam Goreng mBok Berek sementara menunggu hujan reda.

Lokasi Ayam Goreng mBok Berek yang jaraknya dekat ke Candi Sari ini sudah sangat terkenal semenjak saya masih kanak-kanak, sekitar paruh awal tahun 60-an. Di seberang jalan ada juga rumah makan Ayam Goreng Suharti, yang didirikan oleh anak perempuan Mbok Berek. Buah sering jatuh tak jauh dari pohonnya, meski tak selalu.

Candi Sari Sleman berada beberapa ratus meter dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga tidak terlihat dari pinggir jalan besar. Namun jika telah melewati Ayam Goreng mBok Berek maka anda sudah dekat dengan Candi Sari dan tinggal melihat tanda di sebelah kiri jalan, jika datang dari arah Kota Yogyakarta.

candi sari sleman yogyakarta
Pandangan pada Candi Sari Sleman Yogyakarta dilihat dari area sekitar regol dengan sebuah becak cantik tengah diparkir di sana. Candi yang terlihat sudah sangat tua itu bisa dikatakan kondisinya tidak sempurna lagi, bukan hanya karena termakan waktu namun juga saya kira batu-batuannya bergeser akibat gempa tektonik maupun gempa akibat letusan gunung.

Candi Sari diperkirakan dibangun sekitar abad ke-8, pada masa yang sama dengan pembuatan Candi Kalasan yang letaknya tidak jauh dari Candi Sari. Berdasarkan prasasti Kalasan, yang bertahun 778 M, para ahli purbakala memperkirakan bahwa Candi Sari adalah asrama pendeta yang melayani Candi Kalasan.

candi sari sleman yogyakarta
Dilihat dari sudut sebelah kiri penampakan Candi Sari Sleman Yogyakarta itu terlihat jauh lebih cantik dan lebih anggun ketimbang jika dilihat dari arah depan. Mungkin karena bidang candinya terlihat lebih utuh, oleh karena sisi candi tak bisa dilihat dengan baik dari arah depan.

Dilihat secara sepintas saja terlihat bahwa Candi Sari Sleman ini sangat kaya dengan relief, yang sebagian masih dalam kondisi baik, dan sebagian lagi memang sudah rusak dan sulit dikenali. Ada kekaguman tulus jika melihat hasil karya seni budaya agama yang sangat rumit dan agung seperti ini. Dengan segala keterbatasan peralatan dan teknologi, nenek moyang kita mampu membuat karya yang sangat hebat seperti ini.

candi sari sleman yogyakarta relief boddhisattva tara
Sepotong pandangan pada relief yang berada di dinding luar Candi Sari dengan kondisi relatif masih baik, meski ada bagian-bagian tubuh relief yang telah hilang. Bukan perkara mudah untuk membuat relief dan ukiran pada dinding yang disusun dari potongan-potongan batu. Pada jaman itu jelas belum ada mesin potong batu.

Semuanya ada 36 relief Boddhisattva and Tara di keempat dinding luar Candi Sari, 8 relief diantaranya berada pada dinding sebelah timur, utara dan selatan, serta 12 relief lagi berada pada dinding sebelah barat. Tak jelas apakah pada lubang-lubang hawa dahulunya juga ada arca yang diletakkan di ana.

candi sari sleman yogyakarta relief
Penampakan pada bagian dinding dalam Candi Sari Sleman Yogyakarta, dengan sebuah relief indah pada permukaannya. Arca yang mestinya ada di sana sudah tidak ada lagi, meninggalkan ruang yang kosong. Di bagian dalam Candi Sari ini terdapat tiga ruangan, yang masing-masing berukuran 3 x 5,8 meter.

Di atas lorong masuk ke dalam ruangan Candi Sari terdapat relief Kala berukuran besar yang kondisinya relatif masih cukup baik. Bangunan candi ini berbentuk segi empat dengan ukuran 17,30 x 10 meter, dan tinggi 17 meter. Candi Sari Sleman Yogyakarta ditemukan pada awal tahun 1920-an dalam keadaan rusak. Pada 1929 dimulai pekerjaan rekonstruksi yang selesai pada tahun berikutnya, dengan banyak bagian yang masih hilang.

Candi Sari Sleman

Alamat : Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi GPS : -7.7616573, 110.4742388, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Sleman, Peta Wisata Sleman, Hotel di Yogyakarta. Label : . Updated : May 13, 2018
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!