Air Panas, Jawa Barat, Subang

Air Panas Sari Ater

Air Panas Sari Ater Subang kami kunjungi tidak lama setelah meninggalkan Kawah Ratu di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu, melewati jalanan mulus berkelok dengan pemandangan perkebunan teh PTPN VIII. Jarak dari pinggiran Kawah Ratu hingga sampai ke gerbang Pemandian Air Panas Sari Ater adalah sekitar 10 Km.

Dari tepi Jalan Raya Ciater, di sekitar GPS -6.7337943, 107.6516926, kami masih masuk ke dalam 600 m lagi. Setelah melewati loket pembelian karcis masuk, kami berkendara belok kiri masuk ke area hotel setelah ditanya dan diijinkan oleh petugas yang menjaga palang pintu hotel. Di luar area hotel juga tersedia area parkir kendaraan yang luas.

Untuk berkeliling di dalam kawasan Air Panas Sari Ater ini, bagi yang baru pertama kali berkunjung, memang sebaiknya menggunakan kendaran, karena areanya yang sangat luas, dan ada beberapa pilihan kolam air panas. Hanya jika sudah tahu tempat mana yang akan dikunjungi maka pengunjung bisa berjalan kaki sambil menikmati hawa pegunungan.

Tengara Air Panas Sari Ater di tepi lorong pedestrian yang berada setelah pos pemeriksaan karcis masuk di bagian depan kawasan. Papan nama itu berbunyi "Kawasan Wisata Air Panas Alam Ciater Subang Jawa Barat", selain juga menjadi papan nama Sari Ater Resort. Udara di kawasan Air Panas Sari Ater ini sejuk karena terletak pada ketinggian 800 mdpl.

Untuk melepas penat sambil makan minum ada Sunan Ambu Cafe di dekat kolam rendam Mayangsari, di bagian depan Air Panas Sari Ater, yang melayani keluarga maupun rombongan 24 jam. Kios cendera mata ada di sebelah kiri Sunan Ambu Cafe, menjual hasil kerajinan tangan setempat, seperti angklung, pernak-pernik, kaos, topi dan perlengkapan lainnya.

Sempat juga melihat lapangan tennis di kompleks Air Panas Sari Ater Subang yang waktu sedang digunakan untuk acara panahan dengan beberapa buah lingkaran sasaran panah terpasang di sana. Entah beberapa tahun sebelumnya saya pernah bermain tenis di lapangan ini bersama beberapa orang teman. Menunggang kuda berkeliling area kawasan wisata Air Panas Sari Ater ini juga menyenangkan.

Papan-papan penunjuk jalan yang sangat membantu pengunjung cukup banyak tertebar di Kawasan Air Panas Sari Ater yang luas seluruhnya mencapai 40 Ha. Lokasi Air Panas Sari Ater ini berada di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, di kaki Gunung Tangkuban Perahu, darimana air panasnya yang jernih ini berasal.

Selain yang disebut pada papan, yaitu Kolam Mayang Sari, Gift Shop Pertiwi, Kolam Wangsa Dipa, Masjid, Terapi Ikan, lokasi untuk rombongan, Flying Fox, Kolam Pulosari, dan Kolam Leuwisari, di Kawasan Air Panas Sari Ater ada pula Wahana Anak, Dream Zone dan Sepeda Air. Juga Perahu Dayung, Kuda Tunggang, Go-Kart, ATV, Buggy Adventure, dan Jeep Off Road.

Kolam Rendam Air Panas Mayang Sari yang saya lihat dari jalan pedestrian di balik pepohonan yang rimbun. Banyaknya pepohonan di dalam komples Sari Ater menambah sejuknya hawa di sana. Kolamnya cukup besar dengan tempat duduk beratap payung yang cukup nyaman di sepanjang tepian kolam.

Kolam Rendam Air Panas Nangka di kawasan Air Panas Sari Ater yang lingkungannya terlihat nyaman dan terawat dengan baik, dan air panasnya bersih jernih. Ada kolam rendam dangkal untuk anak, dan kolam rendam dalam untuk dewasa. Ketika mencelupkan tangan ke dalam air, panasnya sangat terasa, dan tidak tercium bau belerang sama sekali.

Hari itu memang bukan hari libur, sehingga kolam terlihat kosong karena kebanyakan pengunjung berendam di air panas di tepi area hotel. Di tempat yang agak jauh kami juga melihat Kolam Rendam Air Panas Mayangsari Sari Ater yang terlihat nyaman, bersih, jernih, dan asri dibawah naungan rimbun pepohonan sehingga terlindung dari matahari.

air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang air panas sari ater subang

Jika tidak ingin membayar harga makanan yang mahal di cafe atau restoran yang ada di dalam lingkungan hotel dan Air Panas Sari Ater, maka tersedia banyak pilihan santapan di warung-warung yang berada di dekat area parkir kendaraan. Rasa dan kelezatan masakannya boleh dicoba, dengan harga yang lebih terjangkau bagi kebanyakan pengunjung.

Alamat Air Panas Sari Ater berada di Desa Sari Ater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Lokasi GPS : -6.7384717, 107.653259, Waze. Tiket dan paket wisata. Tempat Wisata di Subang, Hotel di Subang, Peta Wisata Subang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 02, 2021.