Tempat Wisata di Subang

Tulisan ini merupakan catatan Tempat Wisata di Subang. Peta Wisata Subang dibuat dalam tulisan terpisah. Subang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dengan kode area telepon 0260, berbatasan dengan Laut Jawa (Utara), Indramayu (Timur), Sumedang (Tenggara), Bandung (Selatan), dan Purwakarta serta Karawang (Barat).

Bagian selatan Subang berupa pegunungan, bagian tengah merupakan dataran, dan bagian Utara merupakan dataran rendah mengarah ke Laut Jawa. Lihat juga catatan tentang Hotel di Subang sebagai referensi dalam mencari penginapan jika berencana untuk bermalam di kota ini.

Tempat wisata di Subang tampaknya belum mendapat perhatian yang memadai dari pejalan, terutama pejalan luar kota. Subang, sebelum adanya jalan tol Cipularang, sering hanya dilewati begitu saja oleh pengendara. Dengan adanya jalan tol maka mungkin semakin jarang wilayah Subang dilewati. Mungkin perlu ada sesuatu yang besar dan menarik untuk membuat orang tertarik datang ke Subang.

tempat wisata di subang
Air Panas Sari Ater
, Tempat Wisata di Subang di Desa Sari Ater, Ciater, setelah dari Gunung Tangkuban Perahu, melewati perkebunan teh PTPN VIII.

Tersedia banyak pilihan santapan di warung-warung yang berada di dekat area parkir kendaraan. Rasa dan kelezatan masakannya boleh dicoba, dengan harga yang terjangkau bagi kebanyakan pengunjung.

tempat wisata di subang
Curug Cijalu
, Tempat Wisata di Subang di daerah Cipancar, Sagalaherang, saya kunjungi setelah meninggalkan lokasi Air Panas Sari Ater.

Dalam perjalanan menuju curug terlihat sebatang pohon yang daunnya meranggas di kebun teh menjadi pemandangan yang sangat menghibur, di tengah alam yang hening dengan panorama hijau segar sejauh mata memandang.

Tempat Wisata Subang

Air Panas Batu Kapur, Desa Curug Agung, Kec Sagalaherang, sekitar 2,5 jam dari Jakarta lewat tol Sadang, ada kolam air panas, pondokan, perkemahan, diakses melalui Sagalaherang atau Dawuan.

Capolaga Adventure Camp, Cicadas Panaruban, Kecamatan Sagalaherang, ada Curug Cimuja, Karembong, Sawer, Curug Gua Badak, out bound, trekking, berkemah, dan memancing.

Curug Agung, Desa Curug Agung, Kecamatan Segalaherang, dalam kompleks Air Panas Batu Kapur.

Curug Bentang, Kampung Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, 30 km dari pusat Kabupaten Subang.

Curug Cibareuhbeuy, Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, setinggi 40 m dengan kolam kecil di dasar air terjun.

Curug Cileat, Desa Cibogo, Kec Cisalak, 37 km dari kota Subang dengan ketinggian 100 m, ditempuh dengan berjalan kaki beberapa kilometer dari tempat terdekat yang bisa dilewati kendaraan.

Curug Cilemper, Kecamatan Segalaherang, dengan ketinggian air terjun 100 m, 1,5 km dari bumi perkemahan, dalam satu kawasan dengan Curug Cijalu.

Curug Cimuja, Dusun Panaruban, Cicadas, Segalaherang, di “Capolaga Adventure Camp”, 30 menit dari Subang, aliran Sungai Cimuja yang ada Curug Karembong dan Curug Goa Badak.

Curug Cisasarap, Ditempuh dalam waktu 75 menit dengan berjalan kaki dari Desa Semurugul, dengan akses sulit, ketinggian air 150 m dan kondisi masih alami.

Curug Jodo , Desa Ciater, berada dalam satu kawasan dengan Air Panas Sari Ater, sering digunakan untuk acara ritual di bulan puasa.

Curug Perempuan, Lokasinya berada di Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, beberapa puluh meter sebelum Curug Cijalu.

Desa Wisata Sari Bunihayu, Jl. Patinggi No. 1, Desa Bunihayu, Kec Jalancagak, 15 menit dari Kota Subang, pada ketinggian 500-1700 mdpl, ada Villa, rumah makan, kolam renang, arena bermain, Outbond, dll.

Desa Wisata Wangunharja, Desa Sanca, Kec Ciater, 40 menit dari Subang, 3 jam dari Jakarta melalui pintu tol Sadang, dengan adat budayakuat, bisa menginap. Ada acara tahunan pesta rakyat Ruatan Bumi.

Museum Amerta Dirgantara
Lokasinya berada di Lanud Suryadarma Subang

Pacuan Kuda Ciater, Jl. Raya Ciater, di kawasan Ciater Higland Resort, 40 menit dari Subang, berkuda di perkebunan teh atau melewati pedesaan; ada restoran, kolam renang, tempat berkemah.

Pantai Pondok Bali, Jl. Raya Ciasem, Desa Mayangan, Kec Legonkulon, Pantura, 40 menit dari Subang, bisa berenang, memancing, naik perahu, dan melihat panorama ketika matahari terbenam.

Pantai Kalapa Patimban, Desa Patimban, Pusakanagara, Pantura, 40 menit dari Kota Subang, dengan pantai landai, bisa naik perahu, memancing. Makanan laut yang digemari ikan bakar Etong.

Penangkaran Buaya, Kec Blanakan, 60 menit dari kota Subang, buaya muara, atraksi buaya saat makan, ikan bakar Etong, sewa perahu ke Pantai Patimban, berkemah, trekking, dan memancing.

Tangkuban Perahu, Tempat Wisata Subang yang berada pada ketinggian 2.084 mdpl dengan udara sejuk dan pemandangan ke kawah Ratu

Wisata Pancing Terpadu Lembah Gunung Kujang
Jl. Raya Gunung Tua No. 11 Km. 8, Cijambe, 15 menit dari Subang, di kaki Gunung Kujang, dengan lapak pancing, rumah makan, tempat pertemuan, penginapan, kolam renang, dll.