Jawa Barat, Subang, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Subang

Tulisan ini merupakan catatan Tempat Wisata di Subang. Peta Wisata Subang dibuat dalam tulisan terpisah. Subang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dengan kode area telepon 0260, berbatasan dengan Laut Jawa (Utara), Indramayu (Timur), Sumedang (Tenggara), Bandung (Selatan), dan Purwakarta serta Karawang (Barat).

Bagian selatan Subang berupa pegunungan, bagian tengah merupakan dataran, dan bagian Utara merupakan dataran rendah mengarah ke Laut Jawa. Lihat juga catatan tentang Hotel di Subang sebagai referensi dalam mencari penginapan jika berencana untuk bermalam di kota ini.

Tempat wisata di Subang tampaknya belum mendapat perhatian yang memadai dari pejalan, terutama pejalan luar kota. Subang, sebelum adanya jalan tol Cipularang, sering hanya dilewati begitu saja oleh pengendara. Dengan adanya jalan tol maka mungkin semakin jarang wilayah Subang dilewati. Mungkin perlu ada sesuatu yang besar dan menarik untuk membuat orang tertarik datang ke Subang.

Travelog Tempat Wisata di Subang

Air Panas Sari Ater

Tempat Wisata di Subang
Tempat Wisata di Subang di Desa Sari Ater, Ciater, setelah dari Gunung Tangkuban Perahu, melewati perkebunan teh PTPN VIII.

Tersedia banyak pilihan santapan di warung-warung yang berada di dekat area parkir kendaraan. Rasa dan kelezatan masakannya boleh dicoba, dengan harga yang terjangkau bagi kebanyakan pengunjung.

Curug Cijalu

Tempat Wisata di Subang
Tempat Wisata di Subang di daerah Cipancar, Sagalaherang, saya kunjungi setelah meninggalkan lokasi Air Panas Sari Ater.

Dalam perjalanan menuju curug terlihat sebatang pohon yang daunnya meranggas di kebun teh menjadi pemandangan yang sangat menghibur, di tengah alam yang hening dengan panorama hijau segar sejauh mata memandang.

Tangkuban Perahu

Tempat Wisata di Subang
Tempat Wisata Subang yang berada pada ketinggian 2.084 mdpl dengan udara sejuk dan pemandangan ke kawah Ratu

Tempat Wisata Subang lainya

Air Panas Batu Kapur
Desa Curug Agung, Kec Sagalaherang, sekitar 2,5 jam dari Jakarta lewat tol Sadang, ada kolam air panas, pondokan, perkemahan, diakses melalui Sagalaherang atau Dawuan.

Capolaga Adventure Camp
Cicadas Panaruban, Kecamatan Sagalaherang, ada Curug Cimuja, Karembong, Sawer, Curug Gua Badak, out bound, trekking, berkemah, dan memancing.

Curug Agung
Desa Curug Agung, Kecamatan Segalaherang, dalam kompleks Air Panas Batu Kapur.

Curug Bentang
Kampung Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, 30 km dari pusat Kabupaten Subang.

Curug Cibareuhbeuy
Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, setinggi 40 m dengan kolam kecil di dasar air terjun.

Curug Cileat
Desa Cibogo, Kec Cisalak, 37 km dari kota Subang dengan ketinggian 100 m, ditempuh dengan berjalan kaki beberapa kilometer dari tempat terdekat yang bisa dilewati kendaraan.

Curug Cilemper
Kecamatan Segalaherang, dengan ketinggian air terjun 100 m, 1,5 km dari bumi perkemahan, dalam satu kawasan dengan Curug Cijalu.

Curug Cimuja
Dusun Panaruban, Cicadas, Segalaherang, di “Capolaga Adventure Camp”, 30 menit dari Subang, aliran Sungai Cimuja yang ada Curug Karembong dan Curug Goa Badak.

Curug Cisasarap, Ditempuh dalam waktu 75 menit dengan berjalan kaki dari Desa Semurugul, dengan akses sulit, ketinggian air 150 m dan kondisi masih alami.

Curug Jodo
Desa Ciater, berada dalam satu kawasan dengan Air Panas Sari Ater, sering digunakan untuk acara ritual di bulan puasa.

Curug Perempuan
Lokasinya berada di Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, beberapa puluh meter sebelum Curug Cijalu.

Desa Wisata Sari Bunihayu
Jl. Patinggi No. 1, Desa Bunihayu, Kec Jalancagak, 15 menit dari Kota Subang, pada ketinggian 500-1700 mdpl, ada Villa, rumah makan, kolam renang, arena bermain, Outbond, dll.

Desa Wisata Wangunharja
Desa Sanca, Kec Ciater, 40 menit dari Subang, 3 jam dari Jakarta melalui pintu tol Sadang, dengan adat budayakuat, bisa menginap. Ada acara tahunan pesta rakyat Ruatan Bumi.

Museum Amerta Dirgantara
Lokasinya berada di Lanud Suryadarma Subang

Pacuan Kuda Ciater
Jl. Raya Ciater, di kawasan Ciater Higland Resort, 40 menit dari Subang, berkuda di perkebunan teh atau melewati pedesaan; ada restoran, kolam renang, tempat berkemah.

Pantai Pondok Bali
Jl. Raya Ciasem, Desa Mayangan, Kec Legonkulon, Pantura, 40 menit dari Subang, bisa berenang, memancing, naik perahu, dan melihat panorama ketika matahari terbenam.

Pantai Kalapa Patimban
Desa Patimban, Pusakanagara, Pantura, 40 menit dari Kota Subang, dengan pantai landai, bisa naik perahu, memancing. Makanan laut yang digemari ikan bakar Etong.

Penangkaran Buaya
Kec Blanakan, 60 menit dari kota Subang, buaya muara, atraksi buaya saat makan, ikan bakar Etong, sewa perahu ke Pantai Patimban, berkemah, trekking, dan memancing.

Wisata Pancing Terpadu Lembah Gunung Kujang
Jl. Raya Gunung Tua No. 11 Km. 8, Cijambe, 15 menit dari Subang, di kaki Gunung Kujang, dengan lapak pancing, rumah makan, tempat pertemuan, penginapan, kolam renang, dll.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 02, 2020.