Gedung Cafe Batavia Jakarta

aroengbinang.com - Letak Gedung Cafe Batavia Jakarta berada di pojok sisi Barat Utara Taman Fatahillah, berseberangan dengan Museum Fatahillah di daerah Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jl Pintu Besar Utara 14, Jakarta Barat.

Gedung cantik berlantai dua yang merupakan gedung tua peninggalan dari jaman kolonial di sekitaran Taman Fatahillaih ini dibangun antara tahun 1805 dan 1850, dengan arsitektur rumah-toko Cina. Dulu terdapat jajaran tiang besi ramping di bagian bawah bangunan yang menopang lantai di atasnya.

Jajaran tiang-tiang besi itu masih bisa dilihat pada pola jendela-jendela jalusi tinggi yang berjajar di sepanjang muka lantai dua bangunan tua ini. Bendera Merah Putih selalu dipasang di tiang paling tengah, dan di bulan Agustus biasanya ditambah dengan kain lengkung merah putih pula.

Cafe Batavia Jakarta

Sejak 1993 gedung ini dibeli oleh Graham James dan mulai digunakan sebagai Cafe Batavia, sebuah resto dan bar dengan nuansa tempo dulu dengan interior asli yang digunakan sejak dari jaman kolonial. Perabotan yang masih asli itu diantaranya adalah kursi, meja rias, kipas angin, dan buffet.

Pada dinding Cafe dipajang sekitar 500 buah foto koleksi Graham James, berupa foto tokoh-tokoh dunia dari 1940 sampai 1960-an, foto Gubernur Jenderal Belanda, Foto Sarah Vughan dari tahun 1959, foto Presiden Soekarno, R.A Kartini, dan sejumlah foto lainnya.

Menu Indonesia seperti Gado-gado, Nasi Uduk, Soto Betawi, bisa dijumpai di sini. Juga menu Chinese dan Western food. Sempat mampir tiga atau empat kali ke cafe ini, dan selain dim sum, menu kesukaan saya adalah ceker ayam yang sangat lunak dan sedap untuk dikudap.

Kalau sudah ke Kota Tua memang kurang afdol jika tidak mampir ke Cafe Batavia, selain untuk menjajal menunya, juga menikmati suasana yang tak gampang ditemui di tempat lain. Akses bisa naik Bus TransJakarta Koridor 1 Blok M - Kota, turun di Halte Kota, lanjut jalan kaki atau naik ojek sepeda.

Cafe Batavia Jakarta

Alamat : Jl Pintu Besar Utara 14, Taman Fatahillah, Kota, Jakarta Barat. Telp 021-6915531, 691-5334. Lokasi GPS : -6.134501, 106.81281, Waze. Jam buka : Senin s/d Jumat: 08.00 - 01.00, Sabtu - Minggu: 08.00 - 02.00. Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.
, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengbinang!

aroengbinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya.
Loading comments…
Balik ke atas ↑