4 Tempat Wisata di Bangka Yang Menarik

Tulisan ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Bangka, dan sebuah Peta Wisata Bangka dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, hotel murah, dan tempat lainnya di Bangka, akan ditambahkan kemudian.

Tulisan Tempat wisata Bangka dan Peta Wisata Bangka dari The Aroengbinang Project ini akan diperbarui ketika informasi baru telah tersedia, dan posisi koordinat GPS dari tempat wisata Bangka itu telah pula ada.

Pulau Bangka berada di sisi timur Pulau Sumatera, dengan luas daratan 11.693.54 km². Sebutan bangka mungkin berasal dari wangka yang artinya timah, kekayaan tambang berlimpah yang menarik orang untuk mengeksploitasinya. Konon Pulau Bangka pada awalnya dihuni para pendatang dari Suku Sekak yang menganut ajarana animisme. Belakangan masuk bangsa Melayu dan etnik lain, baik yang datang sendiri maupun dibawa oleh pemerintahan kolonial.

tempat wisata di bangka
Air Panas Tirta Tapta
» tempat wisata di Bangka dengan dua kolam air panas yang diatur dengan suhu air berbeda. Kolam pertama dibuat airnya pada suhu sekitar 38 derajat, dan air rendam di kolam satunya lagi yang lebih kecil pada suhu 42 derajat Celsius

Kolam renang air dinginnya berbentuk segi empat, satu diantaranya berukuran besar memanjang dan satunya lagi ukurannya lebih kecil. Air di kedua kolam itu terlihat sangat jernih, dan banyak anak-anak tengah bermain-main di sana

tempat wisata di bangka
Pantai Matras
» tempat wisata di Bangka yang berada di Desa Sinar Baru, Sungailiat, merupakan salah satu dari empat pantai menawan yang saya kunjungi. Banyak anak kecil yang sedang asik bermain menerjangi buih ombak tanpa ditemani orang tuanya, menunjukkan pantai ini tampaknya aman buat mereka semua.

Pantai ini menyajikan indahnya pemandangan langit biru, serakan awan putih keperakan, butiran pasir putih halus bersih, debur air laut jernih berkilau biru hijau, dan silir angin dalam keteduhan bayang pohon nyiur di sepanjang garis pantai yang luas

tempat wisata di bangka
Pantai Parai
, tempat Wisata di bangka ini lokasinya di Desa Matras, Kecamatan Sungiliat, banyak sekali memiliki titik yang menarik dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Garis pantai memang tidak lurus, beberapa membentuk tanjung yang menjorok ke arah laut.

Batu-batu besar putih abu-abu yang berserakan di sepanjang Pantai Parai Sungailiat, dikelilingi air laut jernih, hamparan pasir putih bersih, dan angin sepoi lembut, menjadi kombinasi keindahan alam sempurna yang bisa dinikmati pejalan

tempat wisata di bangka
Pantai Pasir Padi
» tempat wisata di Bangka yang ada di Desa Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, merupakan salah satu dari banyak pantai Bangka yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya yang cukup dekat dari kota Pangkalpinang, serta adanya beberapa restoran makanan laut yang lezat.

Tidak sebagaimana di pantai lainnya, dasar hamparan pasir di Pantai Pasir Padi ini ternyata padat dan keras. Oleh karena itulah roda mobil dan motor tidak terbenam ke dalam pasir dan dengan mudah melaju di atasnya dengan aman

Tempat Wisata di Bangka

Benteng Penutuk » Sekitar 2 km dari Desa Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok, Bangka Selatan, sekitar 25 menit dengan kendaraan roda dua.

Benteng Toboali » Kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, 10 menit dari pusat Kota Toboali dengan kendaran bermotor.

Kampung Gedong Bangka » Kampung Gedong, Desa lumut, Kecamatan Riau Silip, 51 km dari Kota Sungailiat, perkampungan masyarakat asli Cina Kuto Panji.

Kelenteng Dewi Kwan Im » Berada dekat pantai Sampur (Samfur), Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang.

Kelenteng Kwan Tie Miaw »
Jl. Mayor Syafrie Rachman, Pangkalpinang, salah satu kelenteng tertua Pulau Bangka.

Kelenteng Dewi Sin Mu »
Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan. Berdiri sejak 1800, 10 menit dari pusat Kota Toboali.

Kelenteng Kung Fuk Min »
Kota Muntok, Bangka Barat.

Makam Depati Bahrin »
Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, 30 km dari Kota Sungailiat. Depati Bahrin adalah pahlawan Bangka.

Makam Kerkrof »
Jl. Sekolah, Melintang, Rangkui. Dalam kompleks ini ada sekitar 90 makam, yang tertua tahun 1902 dan yang termuda 1950-an.

Masjid Jamik Pangkalpinang »
Jl Masjid Jamik yang adalah salah satu masjid tertua dan terbesar di Pangkalpinang.

Makam Kreo Panting »
Berada 6 Km dari Kec Payung, Bangka Selatan. Pejuang Jawa yang lari ke Desa Payung, Bangka. Karena tetap melawan Belanda, ia dipasung dan dipenggal.

Makam Pangeran Hario Pakoeningprang »
Makam cucu Paku Alam II yang dikirim Belanda ke Aceh untuk meredam perlawanan rakyat Aceh namun berbalik melawan Belanda.

Masjid Jamik Muntok »
Lokasinya berada di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Masjid Raya Tuatunu »
Jl. Raya Tuatunu, Gerunggang, merupakan masjid raya terbesar di Bangka.

Mercu Suar Lampu Besar »
Batu Betumpang, Payung, Bangka Selatan, 1,5 jam dari Kota Toboali dengan kendaraan bermotor, merupakan warisan kolonial Belanda.

Monumen Proklamator Soekarno - Hatta »
Dekat pusat kota Muntok, setinggi tujuh meter berbentuk batu lonjong dengan seekor burung Garuda Pancasila.

Museum Timah Indonesia »
Jl. Jend. Ahmad Yani no. 17, yang berdiri sejak 2 Agustus 1997, pernah menjadi tempat perundingan sebelum perundingan Roem-Royen.

Pantai Air Anyir »
Air Anyir, Merawang, 15 km dari Kota Sungaliat, sering diadakan Upacara Rebo Kasan, memanjatkan do'a sebelum melaut.

Pantai Batu Bedaun »
Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Sungailiat, bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri, ada pohon yang tumbuh di atas batu.

Pantai Penyusuk »
Desa Penyusuk, Kecamatan Belinyu, dengan pantai landai dan air jernih yang dihiasi bebatuan.

Pantai Rebo »
Daerah perbukitan yang indah, sehingga menjadikannya Tempat Wisata pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai Romodong »
Belinyu, Bangka utara, 77 km dari Sungailiat. Di pantai landai yang panjangnya 4 km ini, pengunjung bisa menikmati sunset dan air laut sebening kristal.

Pantai Tanjung Bunga »
Dekat pantai Pasir Padi, berpantai landai dan dihiasi bebatuan yang indah, memiliki satu kawasan berbukit dengan panorama indah.

Pantai Tanjung Pesona » Desa Rambak, Sungailiat, merupakan pantai terakhir yang saya kunjungi dalam perjalanan ke Bangka.

Pantai Teluk Uber »
Desa Rambak Kelurahan Srimenanti, Sungailiat, seluas 25 Ha, ini memiliki pemandangan indah dengan pasir putihnya.

Pantai Tikus »
Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat. Tempat Wisata ini masih alami, dengan pantai yang berbentuk cekung, dan berpasir putih halus.

Perigi Perkasem »
Kelurahan Tuatunu Indah, Kecamatan Gerunggang. Tempat Wisata ini pernah dijadikan tempat untuk membuang mayat orang-orang yang terbunuh oleh TKR.

Rumah Mayor »
Merupakan sebuah bangunan tua yang berada di Kota Muntok.

Rumah Residen Belanda »
Jl. Merdeka No. 1. Sebelum menjadi rumah dinas Walikota, rumah ini adalah rumah Residen Belanda, dengan dua meriam kuno.

Situs Kota Kapur »
Desa Kota Kapur, Mendo Barat, Bangka, dimana ada Lingga dan Yoni, peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang mengirimkan tentaranya untuk menumpas perampok dan pemberontak.

Tugu Pergerakan Kemerdekaan »
Jl. Merdeka, Tamansari, diresmikan Bung Hatta pada 1949, ada dengan sebuah tengara.

Vihara Pha Khak Liang »
Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Bangka, 2 km dari Kota Belinyu atau 53 km dari Kota Sungailiat, dibangun di daerah bekas tambang.

Wisma Menumbing »
Kota Mentok, merupakan rumah pengasingan Ir. Soekarno pada masa penjajahan Belanda. Rumah ini terletak di puncak Gunung Menumbing.

Wisma Ranggam »
Kota Mentok. Di sini terdapat kamar yang pernah ditempati Ir. Soekarno saat dibuang ke Pulau Bangka

Disarankan untuk Anda