Pantai Tanjung Pesona Bangka

Pantai Tanjung Pesona adalah pantai terakhir yang kami kunjungi dalam perjalanan ke Pulau Bangka beberapa tahun lalu. Meskipun waktu kunjungnya agak singkat, namun cukup untuk melihat kecantikan pantai dengan hamparan pasir putih yang halus, air laut jernih dan debur ombak yang jinak.

Ditambah lagi dengan keteduhan jajaran pohon nyiur di sepanjang garis pantai, dan pemandangan Gazebo kecil di atas air laut yang dihubungkan dengan sebuah jembatan ramping ke pantai, yang tampaknya telah menjadi ikon bagi pantai ini.

Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rabak, Kecamatan Sungailiat, sekitar 9km dari kota Sungailiat. Tempat parkirnya sangat luas, terlindung dari sengat matahari oleh dedaunan kelapa. Di Pantai Tanjung Pesona, pengunjung bisa juga berkeliling menikmati pemandangan dengan menumpang delman.

pantai tanjung pesona bangka
Di sisi sebelah kanan terdapat batu sangat besar memanjang yang menggeletak dengan indah di tepian Pantai Tanjung Pesona dan sebagian terendam di dalam air laut, dan tampaknya menjadi salah satu tempat favorit di tempat ini.

Jika dibandingkan dengan Pantai Parai maka jumlah batu besar yang ada di Pantai Tanjung Pesona ini jauh lebih sedikit, dan mungkin karena itu pula gelombang air laut yang sampai ke pantai ini ukurannya lebih besar dan karena menjadi lebih hidup.

Di sisi sebelah kiri Pantai Tanjung Pesona terdapat sebauh gazebo yang berada di atas air laut, lengkap dengan jembatan penghubung untuk menuju ke sana. Tak terlihat ada orang di dalam gazebo yang sepertinya merupakan tempat eksklusif bagi tamu yang menginap di hotel.

Di pantai tampak keriangan tersendiri ketika beberapa gadis kecil asik bermain air laut dan tampak begitu menikmati suasana ditingkah bunyi kecipak air jernih dan buih gelombang air laut yang datang susul menyusul menuju ke bibir Pantai Tanjung Pesona.

Seorang ayah bermain dengan riang di bibir Pantai Tanjung Pesona bersama anak-anaknya, meski terlihat agak kerepotan terutama menjaga si bungsu yang tampak masih takut-takut terkena air laut. Sementara kakaknya tampak gembira menyambut datangnya ombak yang datang menghampiri.

Kenangan masa kecil bersama keluarga terdekat saat berkunjung ke tempat-tempat wisata dan tempat bersejarah, apalagi yang mengandung nilai seni budaya akan bertahan kuat di ingatan, selama-lamanya. Tak jarang pengalaman semasa kecil menentukan pilihan hidup saat dewasa, entah menjadi bidang pekerjaan, hobi, tempat tinggal, atau pun karya kreatif inovatif.

Sebuah batu besar yang lebar dan posisinya miring di tepian pantai menjadi tempat yang nikmat untuk duduk bersantai dan juga tempat yang baik sebagai pangkalan untuk mencoba peruntungan dengan memancing ikan di Pantai Tanjung Pesona.

Jika pun tak ingin bermain air, duduk-duduk di bawah rindang pohon di pinggiran pantai, sambil melihat keriuhan anak-anak dan orang tua meraka yang tengah bermain air laut pun sudah merupakan pemandangan yang menghibur. Apalagi angin di sini tak begitu kencang.

Hotel bintang-3 tersedia di Pantai Tanjung Pesona untuk anda menginap jika ingin menikmati pemandangan dan suasana pantai di pagi hari atau di ujung senja, sebelum menjelajahi tempat-tempat menarik lain di Pulau Bangka.

Pantai Tanjung Pesona Bangka

14 foto di sini. Alamat : Desa Rabak, Kecamatan Sungailiat, Pulau Bangka. Lokasi GPS : -1.882964, 106.174987, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Harga tiket masuk : Rp.10.000 per orang. Galeri : 14 foto. Rujukan : Hotel di Sungaliat, Peta) . Hotel di Bangka . Tempat Wisata di Bangka.
Label : . Updated : October 26, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!