Bogor, Jawa Barat, Sentul City, Tempat Wisata

Alam Fantasia Sentul City Bogor

Sudah lumayan lama kami berkunjung ke tempat wisata Alam Fantasia yang lokasinya berada di dalam wilayah Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kunjungan itu lebih merupakan eksplorasi untuk memenuhi keingintahuan ketimbang memang sengaja datang ke sana.

Eksplorasi wilayah untuk mengetahui kemungkinan adanya tempat menarik di area sekitar, selain tempat yang sengaja dituju kadang memberi hadiah kejutan yang menyenangkan. Meski tak selalu demikian, namun kalau tidak dicoba maka kita tidak akan pernah tahu.

Nah, hari itu kami agak kurang beruntung, oleh sebab di Hari Jumat, hari kami berkunjung, ternyata Alam Fantasia tidak buka, alias tutup, tidak melayani kunjungan. Saya sebut agak karena masih masih punya kesempatan untuk masuk ke dalam area untuk mengambil beberapa foto.

Alam Fantasia Sentul City

Pada dinding loket, yang tidak ada penjaganya karena sedang libur, tertera daftar harga untuk setiap wahana yang ada di Alam Wisata. Waktu itu tahun 2017, jadi mestinya harga sudah berubah beberapa kali, meski mungkin tidak naik selama pandemi, dan boleh jadi sudah ada wahana-wahana baru lagi.

Tiket masuk ketika itu dihargai Rp12.000, Becak Mini Rp27.000, Sepeda Mini Rp27.000, Motor Mini Rp32.000, Motor Coin Rp22.000 dan Kereta 22.000. Daftar harga ini sekaligus memberi gambaran apa saja yang pengunjung bisa temui di Alam Fantasia, selain menikmati suasana sekitar.

Alam Fantasia Sentul CityAlam Fantasia Sentul CityAlam Fantasia Sentul City

Rupanya Alam Fantasia waktu memang hanya dibuka pada hari Sabtu, hari Minggu dan hari-hari libur nasional atau di tanggal-tanggal merah. Bisa dimaklumi karena pada hari kerja tentunya tidak banyak pengunjung yang datang untuk berwisata, kecuali musim libur sekolah, sehingga untuk menutup biaya operasional akan tidak mencukupi jika tetap dibuka.

Jika melihat fasilitas yang tersedia serta wahana berbayar yang disediakan, Alam Fantasia tampaknya diperuntukkan bagi keluarga muda yang putera-puteranya masih duduk di bangku TK hingga di sekolah dasar. Jika pun ada anak SMP ke atas yang datang ke sana, kemungkinan hanya untuk menemani adik-adiknya.

Lokasi Alam Fantasia berada di dekat Taman Budaya Sentul City, sehingga orang bisa sekalian berkunjung ke kedua tempat ini jika sudah berada di sana. Lumayang menghemat waktu daripada harus datang lagi di lain waktu.

Alam Fantasia Sentul CityAlam Fantasia Sentul CityAlam Fantasia Sentul City

Waktu yang baik untuk berkunjung ke Alam Fantasia tampaknya adalah di pagi hari sebelum matahari tinggi, dan di sore hari ketika sengat matahari sudah mulai melemah. Jika tidak bisa datang pagi atau sore maka seyogyanya Anda membawa payung atau menggunakan tutup kepala ketika turun dari kendaraan.

Alam Fantasia

Alamat: Sentul City, Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi GPS: Google Maps, Waze


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Desember 01, 2022.