Taut Undangan Video Grup Google Duo kini Mirip Zoom

Platform aplikasi panggilan video Google Duo sekarang punya fitur baru berupa taut undangan video grup, menjadikannya mirip aplikasi video conference dengan kapasitas peserta lebih besar seperti Zoom, Google Meet, dan beberapa lainnya.

Jika Google Meet dari semula dirancang dengan fitur lengkap untuk kepentingan bisnis, maka Google Duo ditargetkan bagi individu dan kelompok kecil pengguna. Di masa pandemi COVID-19 dimana banyak orang bekerja dari atau diam rumah, maka kebutuhan akan aplikasi panggilan video call dengan fitur lebih kuat menjadi tak terelakkan.

Beberapa waktu lalu Duo meluncurkan aplikasi Google Duo Web yang kini memungkinkan pengguna melakukan video call dari komputer desktop maupun notebook, selain di ponsel tentunya. Duo di web juga akan segera dilengkapi dengan fitur panggilan grup yang sudah ada lebih dulu di versi ponsel.

Taut Undangan Video Grup Google Duo kini Mirip Zoom

Jika WhatsApp menaikkan jumlah peserta panggilan video menjadi 8 orang, akhir Maret lalu Google meningkatkan peserta Duo dari 8 menjadi 12 orang sekaligus, dengan rencana meningkatkannya lagi hingga 32 peserta dalam beberapa minggu ke depan.

Ini memberi opsi baru bagi pengguna, selain bisa menggunakan aplikasi Google Meet yang telah tersedia secara gratis dan bisa digunakan untuk video conference dengan peserta hingga 100 orang selama 1 jam, bahkan sampai 24 jam hingga September.

Selain peningkatan kualitas panggilan setelah Google mendukung codec AV1 yang baru, keberadaan taut undangan video grup untuk pertama kali diumumkan bulan lalu, bersamaan dengan peluncuran fitur Duo web, mode keluarga untuk doodling pada layar yang dapat dilihat oleh semua orang, dan efek topeng gaya Snapchat yang juga akan tersedia untuk percakapan perseorangan.

Alih-alih memilih setiap kontak untuk membuat panggilan video grup, sekarang Anda bisa mengundang siapa pun yang punya akun Google melalui taut untuk bergabung dengan Anda di percakapan grup. Ini mirip dengan cara yang digunakan oleh Google Meet dan Zoom.

Bagaimana Anda membuat taut undangannya? Seperti disebut oleh 9to5google, Google Duo mengunci fungsi ini hanya untuk panggilan grup, sehingga Ada harus mengetuk "Create Group" di aplikasi Android atau iOS. Ya, fitur taut ini belum tersedia untuk Duo versi web.

Setelah panggilan grup dibuat, Anda akan melihat taut undangan Google Duo di bagian bawah layar sebelum memulai panggilan, dan setelah panggilan dimulai, tombol “Share Link” akan muncul di bawah menu tiga titik.

Lihat Video

Jika Anda yang diudang untuk bergabung dengan sebuah panggilan video grup, Anda akan melihat daftar siapa saja yang sudah bergabung sebelum Anda memutuskan benar-benar mengetuk tombol "Join Group".