Google Meet Telah Gratis, Ini Tutorial Bagaimana Cara Memakainya

May 23, 2020. Label:
Belum lama ini ada email dari Google yang memberi tahu bahwa Google Meet telah gratis untuk semua orang. Itu karena beberapa hari sebelumnya saya masuk ke sebuah halaman Google untuk mendaftar agar mendapatkan notifikasi ketika Meet sudah tersedia bagi semua orang, tanpa perlu bayar.

Google Meet adalah aplikasi konferensi video yang sebelumnya hanya tersedia bagi pengguna Google G Suite. Layanan berbasis langganan yang berbayar. Sekarang, Anda hanya perlu akun Google biasa untuk membuat pertemuan daring dengan hingga 100 peserta, selama 60 menit per pertemuan.

Untuk mendukung masyarakat karena pemberlakuan pembatasan ketat jarak fisik selama pandemi COVID-19, Meet tersedia hingga 24 jam per pertemuan sampai tanggal 30 September 2020. Sementara untuk kalangan bisnis, sekolah, dan organisasi, dapat menggunakan fitur premium yang memungkinkan mereka untuk mengatur pertemuan hingga dengan 250 peserta dan mengatur streaming langsung hingga ke 100.000 pemirsa.

Google Meet Telah Gratis, Ini Tutorial Bagaimana Cara Memakainya

Ada dua cara untuk menggunakan Google Meet, baik untuk membuat temu video atau ikut dalam pertemuan yang dilakukan oleh teman Anda. Jika lebih suka desktop atau notebook, maka tidak diperlukan unduhan apa pun. Anda dapat memulai atau bergabung temu video dari browser apa saja. Tidak ada perangkat lunak yang perlu diinstal.

Jika memakai tablet atau ponsel, maka perlu mengunduh aplikasi Google Meet dari Google Play Store untuk Android atau dari Apple Store untuk iPhone dan iPad.

Berikut langkah-langkah untuk memakai Google Meet, baik dengan browser atau aplikasi seluler.

  1. Login ke Google Meet atau buka Google Meet mobile app dan masuk dengan akun Gmail atau Google Anda.
  2. Setelah di aplikasi, ada dua menu utama:

    Start a meeting, atau
    Enter meeting code untuk ikut temu video yang dibuat orang lain.

    Jika di desktop, ada menu untuk Schedule a video meeting dari Google Calendar, sedangkan untuk ponsel memakai aplikasi Google Calendar.

  3. Untuk memulai pertemuan, klik 'Start a meeting'.
    Webcam akan aktif, ada pesan 'Meeting ready' dan kode rapat.

  4. Klik 'Join now' untuk membuka jendela berisi kode pertemuan dan icon untuk mengundang orang.
    Di bagian Invite, pilih nama, atau masukkan alamat email dan klik Send invite.

Setelah di dalam 'meeting room', ada sejumlah icon yang perlu dikenali fungsinya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Pentang (renggangkan) layar untuk membesarkan foto.

how to use google meet video meeting
Sumber: google.com

Menu yang tak terlihat pada foto di atas adalah icon untuk nyala atau matikan captions. Jika dinyalakan maka akan muncul teks percakapan, namun hanya dalam bahasa Inggris.

Pada menu 'Present now', Anda bisa bagikan: Your entire screen, A window (of your screen), atau A Chrom tab yang merupakan cara terbaik untuk berbagi video dan animasi. Anda perlu kenali dan biasakan diri dengan cara memakai menu ini sebelum pertemuan dilakukan.

Merencanakan Temu Video

Anda bisa membuat rencana temu video dengan memakai aplikasi Google Calendar di ponsel, atau dari menu yang ada di Google Meet desktop.

Berikut adalah langkan untuk membuat rencana temu video dari Google Calendar:

  1. Di Calendar, buat Event. Beri nama pertemuan, tentukan tanggal dan waktu.
  2. Klik 'Add guests' dan masukkan nama atau email orang yang hendak diundang.
  3. Klik 'Add video conferencing'. Taut temu video akan segera dibuat secara otomatis.
  4. Klik 'Save'.

Catatan: orang yang Anda undang dapat meneruskan tautan temu video ke orang lain, tetapi orang lain itu hanya akan bisa ikut temu video setelah disetujui oleh Anda. Semoga temu video Anda menyenangkan.