Group Video Calls WhatsApp Sampai 8 Orang, Caranya?

May 02, 2020. Label:
Pada tanggal 29 April 2020, WhatsApp mengumumkan telah diluncurkannya secara resmi fitur group video calls WhatsApp sampai 8 orang peserta dalam versinya yang terbaru, yaitu Version 2.20.240. Group voice calls juga telah bisa dilakukan sampai 8 orang. Ini tentu saja kabar gembira di tengah pandemi COVID-19, selain kabar bahwa Google akan menggratiskan Google Meet dalam waktu dekat ini.

Wabah COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia membuat banyak orang terisolasi dari teman dan keluarga besar mereka, oleh karena pembatasan untuk bepergian ke luar rumah, termasuk ke luar kota dan luar negeri. Akibatnya, banyak orang di seluruh dunia beralih ke panggilan suara dan video di WhatsApp untuk tetap bisa bersosialisai dengan dunia luar, selain main Tik Tok dan sosmed lainnya.

Sebelum pandemi COVID-19, orang biasa hangout di cafe atau mall sepulang kerja, saat akhir pekan, atau merasa bosan di rumah, atau pun ngobrol dengan teman kelas Yoga, craft, gamelan, band, tari, dan kelompok minat lainnya. Kini orang susah untuk keluar rumah, dan jika pun bisa keluar rumah masih harus menjaga jarak minimal 1 meter dan memakai masker. Ini tentu saja tak menyenangkan.

Cara Group Video dan Voice Calls WhatsApp

Selama ini panggilan grup melalui WhatsApp, baik dengan suara maupun video, telah dirasakan manfaatnya oleh banyak orang, dan di saat pandemi seperti ini ada kebutuhan untuk terhubung dengan lebih banyak orang sekaligus. Ini khususnya bermanfaat bagi pertemuan kecil, kelompok minat, dan keluarga besar.

Karena itu mulai tanggal 29 April, WhatsApp mengumumkan telah menggandakan jumlah orang yang dapat terhubung di group video calls dan group voice calls WhatsApp dari yang sebelumnya 4 orang ke 8 orang peserta.

Seperti halnya pesan tertulis, group video dan group voice calls WhatsApp dilindungi dengan enkripsi ujung ke ujung. WhatsApp telah membuat grup calls bisa digunakan oleg sebanyak mungkin pengguna, termasuk orang-orang yang memakai perangkat kelas bawah dan kondisi jaringan yang lambat.

Berikut adalah cara menggunakan group video calls dengan WhatsApp:

Untuk membuat panggilan video grup dari Grup WhatsApp:
  1. Buka grup yang Anda hendak lakukan video call.
  2. Jika grup beranggota sembilan orang atau lebih, ketuk Group Call Group Video Voice WhatsApp.
    Jika grup beranggota delapan orang atau kurang, ketuk Video call Group Video dan Voice Calls WhatsApp dan group video call akan segera dimulai.
  3. Pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke panggilan.
  4. Ketuk Video call Group Video Calls WhatsApp.

Untuk membuat panggilan video grup dari tab CALLS:
  1. Buka tab CALLS.
  2. Ketuk New call Group Video Voice WhatsApp > New group call .
  3. Pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke panggilan.
  4. Ketuk Video call Group Video Calls WhatsApp.

Untuk membuat group video call dari obrolan individual:
  1. Buka obrolan dengan salah satu kontak yang ingin Anda lakukan group video call.
  2. Ketuk Video call Group Video dan Voice Calls WhatsApp.
  3. Setelah kontak menerima panggilan, ketuk Add Participant Group Video Calls WhatsApp.
  4. Pilih kontak lain yang ingin Anda tambahkan ke panggilan. Jika diminta, ketuk ADD.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan group video call:
  • Pastikan setiap peserta telah meng-update aplikasi WhatsApp ke versi paling baru.
  • Kualitas panggilan video tergantung pada kontak dengan koneksi internet yang paling lambat.
  • Saat menerima panggilan video grup, layar WHATSAPP VIDEO CALL akan menunjukkan peserta saat ini, dan kontak pertama pada daftar adalah peserta yang menambahkan Anda.
  • Selama panggilan video grup, Anda bisa mematikan video dengan mengetuk Video off Group Video Calls WhatsApp off.
  • Anda tidak bisa mengeluarkan kontak selama panggilan video grup. Kontak harus menutup telepon mereka untuk keluar dari video group call.
  • Riwayat panggilan video grup akan muncul di tab CALLS. Anda dapat mengetuk riwayat panggilan untuk melihat setiap kontak dalam panggilan itu.
  • Meskipun bisa melakukan panggilan video grup dengan seseorang yang telah Anda blokir, Anda tidak dapat menambahkan ke group video call kontak yang Anda blokir atau kontak yang memblokir Anda.

Lihat Video

: Pejalan musiman. Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! Balik ke atas ↑