Rumah Baru Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy

May 01, 2020. Label:
aroengbinang.com - Setelah acara Tonight Show di Net TV berakhir sehari sebelum dimulainya puasa, beberapa hari kemudian keempat presenternya membuat rumah baru yang diberi nama Vincent Desta Show bersama Hesti Enzy dengan menggunakan Youtube channel. Net TV juga menghentikan program Ini Talk Show, setelah sebelumnya menyetop beberapa program unggulan lainnya.

Memang beberapa bulan sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Net TV, sering disebut Net, berada dalam kondisi keuangan yang kurang sehat. Ini tentu lantaran adanya ketidakseimbangan antara pemasukan dari iklan dan pengeluaran untuk biaya operasional dan produksi, sebagai akibat jebloknya rating acara-acaranya yang merfleksikan penurunan jumlah penonton di TV.

Ketika pandemi COVID-19 semakin merebak, dan acara TV harus digelar tanpa penonton studio yang tentu berpengaruh pada greget dan ratingnya, maka penghentian (sementara) acara TV yang memakan biaya besar menjadi wajar untuk dilakukan. Wajar pula, Desta, Vincent, Hesti dan Enzy, memutuskan membuat rumah bersama Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy untuk memelihara hubungan dengan para Tonight Show mania.

Rumah Baru Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy

Serbuan konten digital, baik audio seperti Spotify maupun terutama audio visual seperti Youtube, Instagram dan Tik Tok, memang sangat luar biasa dalam menggerus jumlah penonton TV, terutama di segmen pemirsa TV yang tinggal di perkotaan, melek aplikasi digital, dan nyaris tak bisa lepas dari gadget di genggaman telapak tangannya.

Bisnis memang seringkali saling bunuh, yang bisa sangat brutal. Masuknya acara TV ke rumah-rumah secara gratis, walaupun harus membeli pesawat TV dan antena atau parabola, telah nyaris membunuh stasiun radio dan praktis membuat pingsan koran, tabloid dan majalah, bahkan membuat koma, hidup segan mati pun tak rela. Banyak yang bahkan sudah jadi titik, tak lagi koma.


Net yang sasaran utamanya adalah remaja hingga profesional muda perkotaan tentu merasakan benar gerusan pemirsanya yang lebih banyak menonton program-programnya melalui kanal Youtube ketimbang menonton langsung di pesawat TV. Akibatnya jumlah penonton tak terekam di data Nielsen dan membuat rating jeblok, yang berakibat pada pemasukan iklannya.

Keputusan Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy untuk melakukan streaming live di Youtube, yang hingga saat tulisan ini dibuat sudah rilis dua episode, adalah langkah tepat. Langkah itu yang mestinya dilakukan oleh Net, paralel dengan acaranya yang disiarkan melalui TV.

Jika tidak bisa buat program streaming sendiri yang diakses melalui gadget, maka Net bisa memanfaatkan kanal Youtube agar orang bisa menonton dari gadgetnya bersamaan dengan acara TV-nya. Ini bisa dilakukan oleh Net untuk program semacam Tonight Show, Ini Talk Show, dan Malam Malam Net. Pertanyaannya adalah apakah Nielsen bisa mencatat pada sistemnya jumlah yang menonton live streaming lewat Youtube.

Kembali ke Rumah Baru Vincent Desta Show bersama Hesti Enzy di kanal Youtube. Episode pertama streaming live pertama mereka, meski bisa dibilang berantakan nyaris tanpa konsep jelas, masih tetap bisa menghibur penonton setianya yang mencapai angka di atas 80 ribuan saat live, diantaranya dengan kekonyolan Onad yang tak tahu bagaimana caranya membuat layar ponsel jadi landscape.

Ada perbaikan lumayan bagus dari sisi konsep dan tampilan pada episode ke-2 Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy, dengan video dan siaran yang lebih mulus, meski ada masalah pada streaming video Vincent, dan bintang tamu yang tak cukup menghibur, meski konten narasinya bagus.

Episode ketiga akan ditayangkan live pada hari Sabtu 2 Mei 2020 pukul 21.00 WIB. Kita tunggu apakah ada perbaikan terus dari sisi kemulusan video streaming dengan jaringan internet yang lebih baik, serta apakah sudah lebih matang dalam perencanaan plot program per segmen, termasuk penggarapan umpan iklan-iklannya.

Hemat saya, kanal Youtube Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy ini memiliki peluang besar untuk meraih jumlah penonton yang berlipat lebih banyak dari dua episode sebelumnya yang masih ada di kisaran 70-80 ribuan. Hanya saja mereka perlu menggandeng seorang kreatif, dan seorang operator streaming yang juga mengerjakan post production untuk editing dan mengunggah videonya di Youtube di malam itu juga.

Mereka juga perlu mempertimbangkan memajukan jam tayang live streamingnya ke pukul 20.00 atau 20.30, terutama di bulan puasa, dimana orang cenderung tidur lebih cepat dari biasanya karena harus bangun pada pagi dinihari untuk makan sahur.

Dengan adanya tim kecil pendukung, keempat host yang masing-masing punya karakter kuat itu bisa lebih fokus untuk mendeliver tontonan yang mulus, lebih profesional, efisien dan padat waktu, serta tetap keluar dengan ciri khas mereka yang pecah humornya dan kompak.

Jika pun setelah puasa atau setelah pandemi berakhir nanti Tonight Show dilanjutkan lagi, kanal Vincent & Desta Show bersama Hesti Enzy baiknya dilanjutkan, meski live streamingnya tak sesering sebelumnya. Tapi biarlah waktu dan mereka sendiri yang menentukan soal itu.

Lihat Video

Untuk saat ini mari kita menghibur diri saja dengan menonton acara live mereka pada hari Senin-Rabu-Sabtu pukul 21.00 WIB, yang semoga bisa maju setengah atau satu jam di episode selanjutnya, agar tak keburu ngantuk.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.