6 Fitur TextEdit Mac yang Tersembunyi

June 08, 2020. Label:
Buah menemukan fitur hebat TexEdit Mac yang tersembunyi bermula dari ketika mencari informasi tentang aplikasi Find and Replace dengan wild card. Dulu pernah instal aplikasi open source yang punya kemampuan seperti ini namun sudah lupa namanya.

TextEdit adalah aplikasi bawaan MacOs di MacBook Pro dan produk Mac yang lainnya. Karena bentuknya yang sederhana, tak secanggih Pages atau Word, membuat orang meremehkan kemampuannya, atau tak menduga bahwa di dalamnya tersimpan fitur hebat yang sangat bermanfaat.

Saya sendiri sering menggunakan TextEdit hanya sebagai pencatat ide atau tulisan sementara, sebelum dipindahkan ke tempat lain. Jika catatan itu pendek, saya menggunakan Stickies yang catatan sebelumnya tak pernah terhapus ketika Quit. Jika catatannya panjang, atau hendak disimpan, saya gunakan Notes.

9 Fitur TextEdit Mac yang Tersembunyi

Fitur paling sering yang saya pakai di TextEdit adalah Find and Replace. Namun belakangan baru saya tahu bahwa TextEdit punya fitur hebat Find and Replace dengan menggunakan wild card. Kemampuan yang sangat membantu menghemat waktu dalam mengedit tulisan dalam jumlah besar.

Berikut adalah fitur hebat TextEdit Mac yang tersembunyi dan belum banyak orang yang tahu, meskipun sudah puluhan tahun menggunakan Mac.

1. Pencarian Lanjutan

Di atas permukaan, pencarian TextEdit terlihat biasa saja, sama seperti di aplikasi lainnya. Namun rupanya tersedia opsi pencarian lanjutan yang seolah tersembunyi dan karenanya banyak orang tidak tahu.

Ketika menekan command+F, persis di sebelah kiri tempat Anda menulis kata kunci pencarian, ada panah ke bawah bersebelahan dengan simbol kaca pembesar. Pencet kaca pembesar dan akan muncul sejumlah opsi pencarian.

9 Fitur TextEdit Mac yang Tersembunyi

Klik Insert Pattern dan Anda akan dihidangkan dengan menu Pencarian Lanjutan canggih yang selama ini tersembunyi dan tidak pernah tersentuh tangan. Anda bisa menambahkan sejumlah parameter dalam kotak pencarian, seperti Tab, Paragraph Break, Line Break, dan Page Break.

Lalu di kelompok berikutnya parameter yang lebih canggih seperti menambahkan wild card Any Characters yang selama ini saya cari, dan pilihan lanjutan canggih lainnya, termasuk mencari alamat email, nomor telepon dan alamat web.

2. Cari dan Ganti

Fitur pencarian lanjutan menjadi sangat berguna ketika melakukan operasi Find and Replace, atau cari kata atau bagian kata di dokumen dan menggantinya dengan kata atau frasa yang baru. Di sini fitur hebat wild card pada pencarian lanjutan menunjukkan giginya.

Untuk melakukan Find and Replace, tekan command+F, contreng kotak Replace di kanan atas layar. Isi kata pencarian, tambahkan parameter lanjutan yang diinginkan setelah kata atau bagian dokumen yang hendak dicari, lalu isi kata atau frasa penggantinya.

9 Fitur TextEdit Mac yang Tersembunyi

Untuk memakai wild card, tentukan frasa awal dan frasa penutup pada kotak pencarian, letakkan kursor di tengah-tengahnya, pencet menu kaca pembesar, klik Insert Pattern, dan klik Any Characters. Ini fitur canggih yang amat sangat membantu.

3. Riwayat Versi

Karena merupakan aplikasi bawaan Mac, TextEdit terintegrasi ke macOS, yang membuat Anda bisa melacak riwayat catatan yang pernah dibuat sebelumnya. Anda juga bia melakukan pelacakan ini untuk semua jenis file di iWork.

Rupanya setiap kali menyimpan dokumen, versi baru dibuat dan versi lama disimpan, dan macOS secara otomatis menyimpannya sekali setiap jam. Fitur ini bekerja layaknya seperti Time Machine.

9 Fitur TextEdit Mac yang Tersembunyi

Untuk melihat versi sebelumnya, klik File, Revert To, Browse All Version, dan akan muncul jendela dokumen aktif, bersisian dengan tumpukan jendela yang berisikan riwayat versi. Anda bisa pilih dokumen dari tumpukan, klik Restore, dan catatannya akan berpindah ke jendela aktif.

4. Rich Text

TextEdit juga punya kemampuan pengeditan yang menyerupai word processor lain, yaitu dengan mengubah format dokumen dengan klik Format, lalu Make Rich Text. Pada layar akan muncul sejumlah menu yang bisa dipakai untuk mempercantik dan mengatur letak kata di dalam dokumen, termasuk membuat bullet list.

5. Membaca Teks

Jika sedang malas membaca dokumen, TextEdit bisa membacakannya untuk Anda. Kalau dokumennya dalam bahasa Inggris, Anda tinggal klik Edit, Speech, Start Speaking, dan suara komputer akan terdengar membacakan seluruh isi dokumen Anda dari awal.

Untuk membacakan bagian tertentu saja, sorot bagian yang Anda ingin TextEdit baca, lalu klik Edit, Speech, Start Speaking.

Jika dokumennya dalam bahasa Indonesia, Anda perlu mengubah preferensi Speech. Di Mac, pilih menu atau logo Apple di kiri atas, pilih System Preferences, Accessibility, Speech, System Voice, Customize, scroll ke bawah sampai menemukan Indonesian (Indonesia) dan klik untuk contreng kotak di sebelah Damayanti. Kembali di TextEdit, klik Edit, Speech, Start Speaking.

6. Jumlah Kata

Fitur TextEdit yang juga jarang digunakan adalah untuk mendapatkan jumlah kata di dalam tulisan. Hanya saja untuk mendapatkannya, Anda perlu melakukan langkah yang sedikit memutar, terutama jika hendak mengetahui persentase kata kunci.

Untuk mendapatkannya, tekan command-F, Insert Pattern, pilih Any Word Characters dan jalankan pencarian.

Lihat Video

Di sisi kanan bilah pencarian akan muncul angka jumlah seluruh kata dalam dokumen. Jika hendak mengetahui jumlah kata kunci, tekan command-F, ketik katak kuncinya dan di sisi kanan bilah akan muncul angka. Anda tinggal membagi angka tersebut dengan jumlah total kata yang telah Anda peroleh sebelumnya. Cara yang lebih mudah adalah dengan salin tempel di tools Word Counter untuk Blogger dan Penulis.
: Pejalan musiman. Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! Balik ke atas ↑