Mengubah Tempat Menyimpan Screenshot di Mac

June 07, 2020. Label:
Ketika membuat screenshot, foto yang dihasilkan secara otomatis akan disimpan di Desktop, atau layar utama yang terlihat saat setelah login atau ketika semua aplikasi ditutup. Meski sudah sudah cukup lama orang bisa mengubah tempat menyimpan screenshot di Mac, namun kebanyakan tak memperhatikannya.

Barangkali karena screenshot dianggap penting tak penting, penting saat dibuat untuk keperluan tertentu dan tak penting untuk disimpan karena kebutuhan untuk memakainya memang bersifat temporer. Karena itu kecenderungannya adalah, jika layar sudah mulai terlihat kotor dengan screenshot, maka semuanya akan dimasukkan ke tong sampah.

Tetapi bagaimana jika sebenarnya diantara screenshot itu ada yang mungkin dibutuhkan lagi suatu saat nanti? Jika tak hendak Desktop terlihat kotor dengan begitu banyak tempelan, maka solusinya ya mengubah tempat penyimpanan screenshot, agar layar tetap bersih, dan gambar yang penting bisa aman tersimpan.

Mengubah Tempat Menyimpan Screenshot di Mac

Jika sebelumnya saya sering menggunakan shorcut shift-command-3 atau shift-command-4 untuk membuat screenshot, maka setelah upgrade ke MacOS Mojave kini ada pilihan shift-command-5 dengan sejumlah menu yang bisa sangat membantu dalam menghemat waktu.

Jika punya QuickTime Player Pro maka ketika menekan shift-command-5 juga akan muncul icon pilihan untuk melakukan screen recording, selain icon standar untuk meng-capture image.

Ketika menekan shift-command-5 di MacOS Mojave dan Catalina akan keluar menu seperti tampak pada foto di bawah ini.

Mengubah Tempat Menyimpan Screenshot di Mac

Ada pilihan untuk menyimpan screenshot di Documents, Clipboard, Mail, Messages, dan Preview. Jika ingin disimpan di tempat lain, klik 'Other Location...' yang akan memberi anda kebebasan untuk memilih tempat penyimpanan.

Ada pula pilihan Timer, serta Options untuk menampilkan Mouse Pointer agar ikut terekam. Setelah menetapkan lokasa penyimpnan, ada tiga pilihan screenshot pada icon di sebelah kiri. Paling kiri adalah 'Capture Entire Screen', lalu 'Capture Selected Window', dan 'Capture Selected Portion'. Setelah itu tinggal tekan 'Capture'.

Untuk MacOS sebelum Mojave saya kutip dari macrumors.com tentang bagaimana cara mengubah tempat menyimpan screenshot di Mac

  1. Buat folder. Di Finder klik Pictures, tekan shift-command-n untuk membuat folder baru sebagai tempat menyimpan screenshot, dan beri nama.
  2. Buka Terminal (ada di Utilities), dan ketik perintah berikut, tekan spasi setelah 'location' (jangan lupa ini), dan jangan tekan Enter dulu:

    defaults write com.apple.screencapture location
  3. Drag icon folder yang baru Anda buat ke terminal, dan lokasi folder akan muncul setelah perintah yang anda ketik, tekan Enter.

Sekarang dan untuk selanjutnya screenshot akan disimpan di folder yang telah Anda tentukan tadi.

Penting!: Jangan hapus folder sebelum Anda ubah lokasi penyimpanan ke tempat lain dengan menggunakan perintah Terminal yang sama, atau Anda akan mengalami masalah. Untuk mengubah ke desktop lagi, masukkan perintah di Terminal sebagai berikut,

defaults write com.apple.screencapture location ~/Desktop

Lihat Video

Selamat mencoba.
: Pejalan musiman. Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! Balik ke atas ↑