New Blogger Resmi Hadir

May 29, 2020. Label:
aroengbinang.com - Hampir tiga minggu setelah saya menulis bahwa ada yang baru di Blogger, beberapa hari lalu Google mengumumkan secara resmi keberadaan New Blogger di official blognya. Judul tulisannya adalah A better Blogger experience on the web. Baik kita sambut secara resmi pula kehadirannya: Selamat Datang!

Tidak sebagaimana seringnya WordPress melakukan perubahan pada platformnya, walau kerap membawa masalah kompatibilitas dengan plugin terpasang, Google sangat jarang melakukan pembaruan pada platform Blogger. Setidaknya ini bisa dilihat dari jumlah posting di official Blogger Blog yang sejak 2017 hanya ada satu posting dalam setahun.

Begitu pun kehadiran New Blogger di tengah meredupnya dunia perblogingan tentu patut diapresiasi, dan cukup melegakan bagi para pengguna Blogger, baik yang tak pernah tergoda untuk menyeberang ke WordPress atau memutuskan balik setelah sempat meninggalkan Blogger. Platform ini sudah ada sejak 1999 dan merupakan salah satu platform blogging paling tua di dunia.

New Blogger Resmi hadir

Seperti telah saya singgung di Ada Yang Baru di Blogger dengan adanya sejumlah perubahan signifikan pada penampilan dan fungsional interface-nya, memang tak terlalu salah pernyataan Google bahwa New Blogger membawa pengalaman Blogger yang lebih baik di web.

Terbitnya tulisan di laman Official Blogger itu bersamaan dengan munculnya pesan pada dashboard setelah orang login, berupa pemberitahuan bahwa pada akhir Juni nanti New Blogger interface akan menjadi setelan default untuk semua pengguna. Interface lama masih akan tersedia secara opsional, dan pengguna disarankan mencoba antarmuka baru dengan mengklik "Try the New Blogger" di navigasi sebelah kiri dashboard.

Mengapa dianjurkan, oleh karena boleh jadi ada bagian tak sempurna dan perlu perbaikan pada New Blogger ini, entah adanya bug atau perbaikan lain, dan hanya akan diketahui jika telah cukup lama menggunakannya. Tim Google mendorong pengguna untuk melaporkan semua masalah kritis yang dihadapi ketika memakai interface baru ini.

Berikut adalah sejumlah perbaikan pada New Blogger:

Wajah Segar

Dashboard New Blogger terasa lebih hidup dengan penampilan lebih berselera dibandingkan sebelumnya, memberi kesan baik dan segar.

Responsive

Blogger baru sekarang responsif di web, membuatnya lebih mudah digunakan di perangkat seluler. Dengan menggunakan platform web yang ditingkatkan seperti ini akan memungkinkan potensi fitur baru untuk ditambahkan di masa depan.

Statistik

Laman Statistik telah didesain ulang. Selain lebih menarik juga untuk membantu fokus pada data paling penting dari blog dengan menyorot posting terbaru.

Komentar

Halaman komentar baru juga berubah, dimaksudkan agar membantu pengguna lebih mudah terhubung dengan pembaca dengan memunculkan area yang membutuhkan perhatian, seperti moderasi komentar.

Post

Ini adalah satu perbaikan paling nyata yang saya rasakan, dimana Blogger telah meningkatkan dukungan untuk pencarian tulisan dan Label di halaman Posting, tujuannya untuk membantu memfilter posting Blogger dan mndapatkan hasil pencarian halaman dan Label dengan jauh lebih mudah.

Editor

Halaman Editor baru telah disempurnakan dengan memperkenalkan dukungan tabel, memungkinkan transliterasi lebih baik, dan kemudahan dalam mengunggah gambar / video yang ditingkatkan.

Membaca daftar

Meskipun tidak membuat tulisan dari ponsel, namun sekarang lebih mudah untuk membaca blog dari penulis lain saat Anda sedang bepergian.

Pengaturan

Laman Setting telah disederhanakan, memungkinkan pengguna melakukan perubahan dari satu halaman pengaturan saja.

Namun ada satu hal yang membuat saya merasa agak khawatir, yaitu pernyataan Blogger bahwa pada akhir Juli nanti orang tidak lagi dapat kembali ke interface Blogger lama. Menurut saya ini terlalu cepat, karena tak semua masalah bisa diketahui, dan diperbaiki, dalam jangkan waktu hanya satu bulan.

Masalah New Blogger

Setelah sempat mencoba interface New Blogger dan sangat senang dengan perbaikannya, ada sejumlah masalah yang membuat saya harus kembali ke interface lama.

  1. Kode yang hilang
    Ketika membuka post untuk diedit, default editor New Blogger adalah Compose View, dan tak saya temukan cara merubah defaultnya menjadi HTML view.

    Setelah berpindah ke HTML view, beberapa masalah muncul, yaitu seluruh kode srcset hilang di bagian dimana srcset digunakan, dan di image yang menggunakan lazy load ternyata kode src dan link image-nya juga hilang.
  2. Opsi yang hilang
    Pada New Blogger tidak ada options untuk "Interpret typed HTML", dan opsi "Press "Enter" for line breaks". Yang disebut terakhir membuat munculnya kode <br/> di banyak tempat yang mengganggu pandangan saat melakukan editing.


Masalah di atas telah saya laporkan ke Blogger lewat feedback yang tautannya ada di dashboard. Semoga saja mereka memberi perhatian dan melakukan perbaikan, serta memperpanjang masa deaktivasi legacy Blogger, sampai benar-benar yakin bahwa tidak ada masalah dengan platform New Vlogger.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang !
Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.