Apa Google Lens dan Bagaimana Cara Kerjanya

Bambang Aroengbinang. May 14, 2019
Google Lens adalah aplikasi di ponsel Android yang disebut sebagai salah satu pengumuman terbesar yang dilakukan oleh Google pada tahun 2017, atau sekitar dua tahun lalu. Saat itu Google Lens masih merupakan fitur eksklusif Google Pixel ketika ponsel itu diluncurkan ke pasar.

Statcounter mencatat pangsa pasar vendor ponsel di dunia pada April 2019 sebagai berikut: Samsung 30.99%, Apple 22.94%, Huawei 8.65%, Xiaomi 7.35%, Oppo 4.44%, Unknown 4.28%. Dengan pangsa pasar Google Pixel yang kecil (masuk dalam Unknown pada statistik), wajar jika di Google I/O 2018, Google mengumumkan bahwa Google Lens akan tersedia di lebih banyak ponsel, dan aplikasi Google Lens sekarang telah tersedia untuk diunduh di Google Play.

Secara ringkas, Google Lens adalah teknologi berbasis AI (Artificial Intelligence) yang menggunakan kamera ponsel cerdas Anda dan pembelajaran mesin mendalam untuk tidak hanya mendeteksi objek, tetapi juga memahami dan memberi informasi tentang apa yang dideteksi serta menawarkan tindakan berdasarkan apa yang dilihatnya.

apa google lens dan bagaimana cara kerjanya
Google Lens adalah versi Google Googles yang jauh lebih bertenaga, dan sangat mirip dengan Bixby Vision milik Samsung. Dengan aplikasi Google Lens Anda bisa mengarahkan kamera ponsel ke suatu benda, misalnya bunga, dan Anda tidak hanya akan diberi tahu bunga apa itu tetapi juga akan mendapatkan saran lainnya, seperti kios toko bunga terdekat.

Dengan Google Lens anda juga bisa mengambil gambar stiker SSID di bagian belakang router Wi-Fi, dan setelah itu ponsel akan terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu melakukan hal lain. Ketika saya mengarahkan pada notebook yang sedang saya gunakan, Google Lens memberi jawaban tepat dalam waktu singkat "Apple MacBook Pro", dan di saat lain memberi jawaban di sekitar hasil yang sama seperti "MacBook Pro 13-inch".

Google Lens bisa mengenali restoran, klub, kafe, dan bar, yang menampilkan ulasan, detail alamat, dan jam buka. Kemampuannya mengenali objek di sekitar kita bisa dikatakan sangat mengesankan. Selain yang sudah disebut, jika Google Lens diarahkan ke teks maka ada bisa copy teks-nya untuk digunakan di ponsel atau mencarinya dengan Google Assistant untuk mengetahui definisinya.

Google Lens dapat pula mengidentifikasi pakaian, dekorasi rumah (seperti lukisan misalnya) untuk menyajikan ulasan yang relevan dan opsi belanja. Ketika mengarahkan kamera ke sekitar Anda, Google Lens akan mendeteksi jenis tanaman, jenis kucing yang Anda piara, atau ulasan film yang hendak Anda tonton.

Laman web pocket-lint.com menyebutkan bahwa selain membuka langsung aplikasinya, Google Lens bisa pula diakses melalui Google Assistant, Google Photo, dan aplikasi kamera. Google Lens kini tersedia di ponsel ternama seperti LG, Motorola, Xiaomi, Sony, HMD/Nokia, OnePlus, dll. Jika sedang berada di Kebun Bintang Ragunan atau Kebun Raya Bogor, cobalah gunakan Google Lens untuk mendapat informasi tentang apa yang sedang Anda lihat itu.
Label : .

Kunjungi juga :

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.