Human Body Adventures, Petualangan Anak Yang Mengasyikkan

Human Body Adventures merupakan sebuah wahana petualangan anak yang mengasyikkan, dan bahkan bagi orang tua sekalipun yang menemani putera puterinya masuk ke dalam lorong yang menggambarkan isi tubuh manusia ini. Anak-anak yang waktu itu melintasi wahana di mal Summarecon Digital Center dekat pintu masuk dari arah parkir depan ini hampir dipastikan akan merengek ke orang tuanya untuk masuk ke dalamnya.

Tampilan bagian luar Human Body Adventures SDC Serpong saat itu dihias poster raksasa dibuat dalam bentuk grafis menarik dan tulisan yang sangat menyolok mata sehingga pasti tertangkap mata pengunjung yang lewat. Tempat penjualan tiket masuknya berada di pojokan ruangan dimana kasir dan petugas serta orang tua yang tak ikut masuk bisa melihat sejumlah layar monitor CCTV untuk memantau area tertentu di dalam wahana.

Tempat duduk yang cukup banyak dan nyaman juga disediakan bagi orang tua dan keluarga yang memilih untuk tidak masuk ke dalam wahana, terutama jika sudah pernah masuk namun anak-anaknya masih ingin mengulang kembali petualangannya. Jika pun tempat duduk sudah penuh, pengunjung masih bisa duduk lesehan di atas karpet yang digelar dekat lubang keluar.

human body adventures
Lubang masuk ke dalam wahana Human Body Adventures SDC Serpong berupa kepala berukuran raksasa dari kening ke bawah dengan lubang mulut menganga dengan gigi putih berderet rapi, serta lidah menanjak landai sebagai panjatan pengunjung untuk masuk ke dalam lorong dan memulai petualangan.

Setelah masuk ke dalam mulut, pengunjung meluncur masuk melewati tenggoroakan hingga ke larynx atau kotak suara, yaitu organ di bagian atas leher yang terlibat dalam proses pernapasan, juga menghasilkan suara dan melindungi trakea terhadap masuknya makanan. Di tempat ini ada poster yang menjelaskan anatomi dan fungsi larynx serta pita suara, yang bisa digunakan orang tua untuk memberi penjelasan pada putera puterinya. Selanjutnya pengunjung melewati lubang vertikal dan masuk ke lorong pita suara berwarna kemerahan indah yang jika dindingnya disentuh akan memperdengarkan suara.

Lorong ke-4 menggambarkan kedua bagian paru-paru manusia, lengkap dengan sistem pembuluh darah yang memasok nutrisi serta tulang rusuk yang melindunginya. Poster untuk menjelaskan fungsi paru-paru yang dilengkapi dengan bagan organ juga ada di dalam ruangan ini.

Selanjutnya pengunjung merangkak melewati sistem peredaran darah, dengan vena berwarna kebiruan dan arteri berwarna kemerahan yang bergelantungan di sepanjang lintasan. Berikutnya adalah area yang memperlihatkan jantung dengan pembuluh darahnya, sebuah sel darah berukuran besar, lalu sistem imun tubuh, dan gelantungan bakteri dan virus dengan warna-warni menarik. Kemudian ada instalasi yang menggambarkan otak manusia lengkap dengan poster penjelasannya.

Bagian yang paling indah di Human Body Adventures adalah lorong sempit dimana pengunjung berjalan di atas lantai kaca dengan dinding bercahaya kemilau elok, menggambarkan cara kerja sistem syaraf manusia yang sangat luar biasa.

Selanjutnya adalah ruangan dimana terdapat instalasi yang menggambarkan sejumlah organ vital manusia, seperti ginjal, dan kemudian pengunjung masuk ke dalam sistem pencernaan. Cahaya yang minim di kebanyakan lorong membuat cukup sulit bagi pengunjung untuk mengambil foto dengan hasil yang baik, kecuali dengan tripod.

Lubang keluar dari wahana Human Body Adventures menggambarkan ujung saluran pencernaan, atau anus. Walau biasanya merupakan bagian tubuh paling tersembunyi yang menjadi lubang pembuangan kotoran, namun karena dibuat dalam bentuk menarik maka tak membuat orang menjadi jijik ketika melihatnya.

Pengalaman paling mendebarkan adalah pada lorong di ujung Human Body Adventures ini, yaitu yang menggambarkan usus besar manusia, dimana terdapat beberapa cabang lorong yang sering membuat orang tersesat dan harus berusaha keras untuk menemukan lubang keluar. Lorong dengan lampu terang justru berakhir buntu, sedangkan lorong dengan penerangan minim yang diduga berakhir buntu justru merupakan jalan keluarnya.

Satu hal yang juga menyenangkan, terutama bagi orang tua, adalah anak-anak bisa bermain dengan sepuasnya masuk dan keluar berkali-kali di dalam wahana ini tanpa harus membayar tiket masuk lagi. Sayang sekali wahana ini sudah tidak ada di SDC Serpong, dan tak jelas apakah akan dibuka lagi di tempat yang sama atau nanti akan dibuka di lokasi yang berbeda.

Human Body Adventures

20 (dua puluh) foto lainnya di sini. Alamat (saat itu) : Summarecon Digital Center, Jalan Scientia Boulevard, Kelapa Dua, Tangerang. Jam buka (sebelum ditutup Agustus lalu) : 11.00 - 21.00. Harga tiket : Rp 25.000, dan Rp 30.000 di akhir pekan. Rujukan : Tempat Wisata di Tangerang, Peta Wisata Tangerang, Hotel di Tangerang.

Disarankan untuk Anda