Makanan Khas Betawi

April 09, 2019
aroengbinang.com - Menjajal makanan khas Betawi adalah wajib hukumnya baik bagi pendatang yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya, serta bagi pejalan, pelancong, pengunjung dan pebisnis yang datang ke ibukota NKRI ini. Selain berkunjung ke tempat dan melihat atraksi menarik, kuliner khas Betawi memang harus dicoba.

Ada cukup banyak makanan khas Betawi dan bisa dibilang tak sulit untuk menemukannya jika pergi ke pasar, mal, atau tempat wisata, meskipun tak semua makanan khas itu ada di sana. Di Pekan Raya Jakarta yang biasa diselenggarakan sekitar pertengahan tahun sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun Jakarta, sangat mudah untuk menemukan jajanan dan makanan khas Betawi.

Makanan khas Betawi juga bisa ditemukan di sekitar area Taman Fatahillah di daerah Kota Tua Jakarta, baik di lapak pedagang kaki lima, maupun di Cafe Batavia dan di Kedai Seni Djakarte yang ada di sana. Jika hendak berkunjung ke Monumen Nasional, bisa mampir dan menjajal jajanan serta makanan khas Betawi di Lenggang Jakarta di samping area parkir IRTI Monas.

makanan khas betawi
Membuat Kerak Telor. Tempat lain yang bisa dikunjungi untuk mencicipi masakan khas Betawi adalah kompleks kampung Budaya Betawi di Setu Babakan, Srengseng, Jakarta Selatan. Selain kuliner khas Betawi, di perkampungan yang puncak revitalisasinya dimulai semasa gubernur DKI dijabat oleh Joko Widodo (Jokowi) ini pengunjung bisa menikmati pertunjukan budaya serta beragam permainan tradisional dan mendengarkan lagu gambang kromong khas Betawi.

Makanan khas Betawi juga bisa ditemukan di daerah Condet yang juga menjadi salah satu kawasan cagar budaya Betawi di wilayah Jakarta. Sekitar bulan Maret, di hari Sabtu dan Minggu, biasanya diselenggarakan semacam festival budaya dan kuliner di Lapangan Poncol, Jalan Batu Alam Jaya, Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pertumbuhan kawasan bisnis yang sangat cepat di pusat kota, membuat permukiman penduduk Betawi banyak yang bergeser ke daerah pinggiran kota karena banyak warga tergiur dengan harga tanah yang dimilikinya yang bisa dijual sangat mahal, untuk ukuran waktu itu.

makanan khas betawi
Penampakan Minuman dan Makanan khas Betawi Bir Pletok serta Kerak Telor di kawasan cagar budaaya Setu Babakan, Srengseng, Jakarta Selatan.

Berikut ini adalah minuman, jajajan, dan makanan khas Betawi yang merupakan perpaduan dari berbagai tradisi kuliner lokal, Nusantara, Cina, Arab, Eropa, dan mungkin pula India.

Asinan Betawi

Jajanan khas Betawi ini dibuat dari bermacam sayuran yang diasinkan seperti kubis, sawi, selada, ditambah dengan mie, juhi, potongan tahu, dan ditaburi kacang goreng lalu disiram kuah kacang yang dicampur cuka, dan disajikan dengan kerupuk mie berwarna kuning yang gurih.

Bir Pletok

Minuman khas Betawi yang sangat terkenal ini wajib untuk dicicipi, dan tak perlu kuatir karena minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Meskipun ada sejumlah variasi, namun Bir Pletok umumnya dibuat dari air minum yang dimasak dengan daun pandan, jahe, serai, cengkih, kayu manis, pala, kayu secang, daun jeruk, dan gula pasir. Minuman ini sedap dan terasa hangat di tubuh.

Es Selendang Mayang

Tulisan Es Selendang Mayang hampir pasti akan Anda lihat ketika berkunjunung ke Kota Tua, dan di banyak tempat makan lainnya di Jakarta. Minuman khas Betawi yang sangat terkenal ini dibuat dari kue tepung beras warna-warni yang dicampur dengan sirup, santan, dan dihidangkan dengan menambahkan es batu.

Gabus Pecak

Kuliner Gabus Pecak dibuat dari ikan gabus yang disangrai dan dibalut dengan bumbu lumayan pedas yang dibuat dari asam jawa, salam, kunyit, jeruk, jahe, lengkuas, kencur, bawang, dan cabai. Ada pula tempat makan yang menyajikan Gabus Pecak dengan tidak disangrai namun ikan gabusnya digoreng kering.

Gabus Pucung

Gabus Pucung dibuat dengan menggoreng ikan gabus hingga kering, lalu dimasak dalam kuah dengan bumbu kemiri, cabai merah keriting, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi, garam, lengkuas, kunyit yang semuanya dihaluskan dan ditumis, ditambah dengan serai, daun salam, dan kluwek, menjadikan rasa kuliner yang khas dan nikmat.

Kembang Goyang

Camilan tradisional Kembang goyang biasa ditemukan di rumah-rumah warga Betawi ketika berlangsung hajatan dan di hari-hari raya. Namanya berasal dari bentuk jajanannya yang menyerupai kembang dan dibuat dengan cara menggoyang-goyangkannya. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang digoreng garing dan ditabur wijen.

Kerak Telor

Kerak Telor adalah jajanan khas Betawi yang sangat terkenal, dibuat dari beras ketan putih, telur bebek atau telur ayam, ebi (udang kering), dengan bumbu bawang merah, kelapa serut dan rempah-rempah, yang cara masaknya disangrai bolak balik di atas anglo.

Ketoprak

Ketoprak adalah makanan yang paling populer dan biasa dijajakan keliling di perumahan dan lorong-lorong kampung. Makanan ini dibuat dari tahu putih yang digoreng hingga matang, disajikan dengan tauge dan bihun godog, dengan saus yang terbuat dari gilingan bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan kacang tanah, serta disiram air asam jawa hingga rata.

Laksa Betawi

Umumnya Laksa Betawi disajikan dalam bentuk kuah gurih berwarna kekuningan yang dimasak dengan udang rebon, dan dihidangkan bersama bihun, daun kemangi, kucai, perkedel, tauge, telur, dan ketupat. Bumbu yang digunakan biasanya adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe bubuk, kunyit bubuk, ketumbar, lengkuas, garam, dan gula pasir.

Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Betawi dibuat dari beras putih yang dikukus dengan santan, daun salam, jahe, lengkuas, dan garam hingga matang, menghasilkan rasa yang khas. Makanan khas Betawi ini biasa disajikan sewaktu sarapan, namun bisa juga menjadi santapan makan siang dan makan malam, dengan lauk semur, orek tempe, goreng ayam, tahu, tempe, ikan lele, emping dan sambal kacang.

Sop Kambing Betawi

Makanan ini sangat populer terutama di kawasan Tanah Abang, dibuat dari potongan daging kambing yang dimasak dengan kuah berisi santan, susu, bumbu rempah, dan minyak samin. Sop Kambing Betawi dihidangkan dengan potongan kentang, wortel, tomat, lalu disempurnakan dengan emping, dan nasi hangat.

Soto Betawi

Soto Betawi yang lengkap berisi daging sapi, jeroan, kadang mata, terpedo, dan juga hati, dengan kuah berupa campuran santan dan susu yang membuat penampilan dan rasa soto Betawi menjadi sangat khas. Biasanya saya memesan Soto Betawi dengan isi daging dan paru saja, kadang pesan sepiring paru goreng lagi sebagai tambahan.

Makanan khas Betawi lainnya adalah Ayam sampyok, Gado-gado, Sambelan lengkio, Sayur babanci, Sayur godog, Sayur besan, Semur Jengkol, Soto mie, dan Soto tangkar. Sedangkan jajanan khas Betawi lainnya adalah Cente Manis, Dodol Betawi, Kue Cucur, Kue Dongkal, Kue Putu Mayang, dan Ongol-ongol.

Rumah Makan Betawi

Berikut ini adalah beberapa rumah makan yang menyajikan menu utama makanan khas Betawi di sejumlah wilayah di Jakarta.

Gado-Gado Cemara, Jl Tanah Abang 5 No 36, Gambir, Jakarta Pusat. Buka pupukul 08.00 - 20.00. Telepon 021-34831897.

Kafe Batawi, Pacific Place Lt 4, Jl Jenderal Sudirman Kav 52-53, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka pukul 10.00 - 22.00. Telepon 021-51402709-10

Nasi Uduk Gondangdia, Jl Cikini IV No 12, Cikini, Jakarta Pusat. Buka pukul 10.00 - 23.00

Nasi Uduk Kebon Kacang Zainan Fanani, Jl Kebon Kacang Raya No 8, Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Buka pukul 11.00 - 24.00. Telepon 021-31903863

Rumah Makan H Nasun, Jl M Kahfi 2 No 21, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Buka pukul 09.00 - 15.00, Jumat tutup. Telepon 021-7870016

Rumah Makan Sayur Asem Betawi, Jl Raya Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Buka pukul 09.00 - 16.00.

Sop Kambing Bang Karim, Jl KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Buka pukul 18.00 - 23.00, hari Minggu tutup.

Warung Betawi H Muhayar, Jl Taman Margasatwa Raya No 8 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Buka pukul 08.00 - 20.00. Telepon 021-7813945.

Jajanan Pasar Betawi

Berikut adalah tempat-tempat populer dimana Anda bisa menemukan dan membeli jajanan pasar khas Betawi di Jakarta.

Makanan Khas Betawi Hj. Mamas, Jalan Batu Ampar 1 RT 13 RW 04 Nomor 42, Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur. Buka jam 07.00 - 20.00. Telepon 021-80881977

Pasar Kue Subuh Blok M, Blok M Square, Jl Melawai, Blok M, Jakarta Selatan. Jam buka 03.00 - 08.00

Pasar Kue Subuh Senen, Jl Stasiun Senen, Senen, Jakarta Pusat. Buka pukul 18.00 - 06.00.

Pasar Mayestik, Jl Tebah III, Mayestik, Jakarta Selatan. Buka pukul 09.00 - 18.00.

Pasar Puri Indah, Jl Kembang Permai III Blok i2 No 16, Kembangan, Jakarta Barat. Jam Buka 05.00 - 13.00.
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...