Candi, Jawa Tengah, Magelang

Candi Borobudur Magelang

Mengunjungi Candi Borobudur Magelang mungkin sudah biasa. Namun berada di Candi Borobudur sebelum fajar mulai merekah sama sekali bukan hal biasa. Siluet stupa, kabut, hawa dingin, bias sinar fajar menyemburat dari lereng dan puncak Gunung Merapi yang perkasa, dan hening pagi yang menyelimuti, memberi kesan yang sangat mendalam.

Saya berangkat jam 4.30 di Sabtu pagi yang dingin dari sebuah hotel di Yogya, menggunakan mobil sewaan dengan seorang pengemudi berusia muda. Kami mengarah ke Magelang, sekitar 40 km ke arah utara Yogya, dengan tujuan berada di puncak Candi Borobudur untuk menikmati suasana saat matahari merangkak keluar dari lereng Merapi.

Dalam perjalanan ke Candi Borobodur, supir memberitahu bahwa satu-satunya jalan untuk melihat fajar di Candi Borobodur adalah melalui Hotel Manohara yang lokasi berada di dalam kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Sebabnya adalah karena pintu masuk utama ke dalam area Candi Borobudur baru dibuka oleh petugas setelah jam 7 pagi. Waktu itu Punthuk Setumbu belum begitu banyak dikenal orang. Akhirnya saya ikut paket fajar Candi Borobudur di Hotel Manohara. Dengan membayar Rp.300.000 saya mendapat senter kecil, secangkir teh, dan makanan kecil sepulang kunjungan. Cukup mahal, sedangkan tamu hotel hanya membayar Rp.150.000. Diperlukan sekitar 5 menit berjalan kaki dari Hotel Manohara sampai ke halaman Candi Borobudur.

candi borobudur magelang

Setelah menunggu cukup lama sambil berjalan berkeliling dan memotret sejumlah bagian candi saat kabut masih menyelimuti, Matahari terlihat mulai keluar dari lereng Merapi. Langit pagi cukup bersih, dengan siluet stupa Candi Borobudur di latar depan. Siluet burung yang terbang menyambut fajar ikut pula memperindah suasana pagi candi.

Sekitar 20 orang telah berada di puncak Candi Borobudur ketika saya tiba, dan kabut masih menyelimuti yang membawa suasana romantis mistis. Beberapa orang duduk di batu candi menikmati suasana pagi yang dingin dan tenang, sedangkan pembawa kamera mencari lokasi terbaik untuk memotret fajar di candi Buddha terbesar di dunia ini.

Beberapa turis berada di sekitar Arupa, bagian teratas Candi Borobudur yang melambangkan Nirwana, tempat kesempurnaan dimana Budha berada. Pada tiga tingkat teratas, arca Budha ada di dalam stupa berlubang wajik yang disebut Arupadhatu, lambang tingkatan manusia yang telah terbebas dari hawa nafsu, rupa, dan bentuk wadag.

Candi Borobudur terdiri dari 10 tingkat, dengan 6 pelataran terbawah bujur sangkar, 3 pelataran lingkaran, dan pelataran tertinggi adalah Arupa dengan stupa Budha terbesar. Stupa berlubang di Candi Borobudur ini seluruhnya berjumlah 72 buah, dan terdapat lorong tangga batu dengan sekitar 88 anak tangga untuk sampai ke puncak candi.

candi borobudur magelang

Deretan Arca Buddha tanpa kepala ada di salah satu pelataran Candi Borobudur. Candi Borobudur yang aslinya memiliki 504 arca Buddha, 300 sudah tidak utuh lagi yang kebanyakan tanpa kepala, dan 43 buah arca telah hilang dicuri. Arca Buddha di tingkat Rupadhatu saja jumlahnya ada 432 buah.

Saya sempat mengambil gambar relung di pelataran Rupadhatu yang berisi Arca Buddha, dengan relief Kala di atasnya. Ini memperlihatkan bahwa di Jawa, Kala juga ada dalam agama Buddha. Arca Buddha di tingkat ini jumlahnya 432 buah. Candi Borobudur aslinya memiliki 504 arca Buddha, namun 300 sudah tidak utuh lagi dan 43 hilang dicuri.

Berdasar prasasti Karangtengah dan Kahulunan, Casparis memperkirakan bahwa pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra bernama Samaratungga, sekitar tahun 824 M. Pembangunan Candi Borobudur, yang diperkirakan memakan waktu setengah abad, baru diselesaikan pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani.

Candi Borobudur mulai terlantar sejak abad ke-14 dengan masuknya pengaruh agama Islam di Jawa yang menggeser dominasi agama Buddha dan Hindu di kalangan elit penguasa. Sejak ditemukan pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris di Jawa waktu itu, Borobudur telah mengalami pemugaran besar beberapa kali, yang puncaknya terjadi pada tahun 1975 hingga 1982.

Sepasang turis terlihat tengah menikmati keindahan relief Candi Borobudur, berjalan di atas dasar Candi Borobudur yang disebut Kamadhatu, melambangkan dunia yang masih dikuasai oleh kama atau "nafsu rendah". Setiap tingkatan melambangkan kenaikan tingkatan Bodhisattva dalam perjalanan hidup manusia menuju Nirwana, kesempurnaan menjadi Buddha.

Di atas kaki candi terdapat pelataran Rupadhatu yang menjadi lambang dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk. Di pelataran ini dipahat relief Lalitawistara yang berisi riwayat Sang Buddha, dan relief Jataka yang berisi cerita Sang Buddha sebelum dilahirkan sebagai Siddharta.

Candi Borobudur dibangun bagi dan oleh penganut agama Buddha Mahayana dan diakui sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di dunia yang menjadi model alam semesta. Selain merupakan tempat suci untuk memuliakan Sang Buddha, Candi Borobudur juga menjadi tempat ziarah bagi umat untuk membimbing mereka beralih dari alam nafsu duniawi menuju ke pencerahan dan kebijaksanaan mengikuti Buddha.

Lintasan jalan di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur saat itu terlihat sangat asri. Candi Borobudur, yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia, pernah menjalani restorasi besar-besaran pada tahun 1970-an dengan dukungan dana dan bantuan teknis dari UNESCO. Pada 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Setelah selesai menikmati fajar di Candi Borobudur, saya kembali ke Hotel Manohara untuk menikmati secangkir teh panas, dan sepiring kecil pisang goreng hangat. Suasana senyap mistis sejak fajar belum lagi merekah di lereng Gunung Merapi memang memberi kesan sangat mendalam, dan layak untuk dinikmati meski harus membayar mahal.


Candi Borobudur Magelang

Alamat : Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.607877, 110.204423, Waze. Harga tiket masuk : Paket fajar: Rp.300.000, reservasi 0293-788131, 788680. Jam biasa: Rp. 30.000 dewasa, Rp. 12.500 anak-anak, US$15 wisman. Peta Wisata Magelang, Tempat Wisata di Magelang, Hotel di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 15, 2019.