Foto Borobudur 1

Sepasang turis tengah menikmati keindahan relief Candi Borobudur, berjalan di atas dasar Candi Borobudur yang disebut Kamadhatu, melambangkan dunia yang masih dikuasai oleh kama atau "nafsu rendah". Setiap tingkatan melambangkan kenaikan tingkatan Bodhisattva dalam perjalanan hidup manusia menuju Nirwana, kesempurnaan menjadi Buddha.

candi borobudur magelang

Lintasan jalan di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur yang terlihat sangat asri. Candi Borobudur, yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia, pernah menjalani restorasi besar-besaran pada 1970 dengan dukungan dana dan bantuan teknis dari UNESCO. Pada 1991 Candi Borobudur ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

candi borobudur magelang

Seorang pengunjung tengah melihat layar LCD kamera temannya yang sedang merekam suasana Candi Borobudur saat matahari belum lagi keluar dari pinggang Gunung Merapi di ujung sana. Langit cukup bagus dan bersahabat membuat semua yang datang di pagi itu bisa puas menikmati keindahan pagi di candi yang legendaris ini.

candi borobudur magelang

Kabut pagi masih menyelimuti pemandangan sekitar namun langit sebenarnya tak begitu gelap, baik selama di perjalanan maupun setelah berada di dalam candi, sehingga senter yang saya dapatkan dari hotel nyaris sama sekali tidak berguna. Namun berada di Candi Borobudur di pagi yang dingin diantara orang-orang yang tak dikenal memberi pengalaman dengan rasa tersendiri.

candi borobudur magelang

Cahaya temaram seperti ini yang mencukupi untuk menuntun langkah menapaki lorong undakan candi hingga sampai ke atas, serta berjalan mencari posisi yang baik untuk melihat momen saat matahari mulai keluar dari pinggang Gunung Merapi dan menerangi langit.

candi borobudur magelang

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.