Banjarnegara, Jawa Tengah, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Banjarnegara

Di bawah ini adalah Tempat Wisata di Banjarnegara, Jawa Tengah. Peta Wisata Banjarnegara dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Banjarnegara, akan ditambahkan kemudian.

Dataran Tinggi Dieng yang letaknya 2.093 m di atas permukaan laut, berada sekitar 55 km arah timur laut kota Banjarnegara, dikelilingi oleh Gunung Sindoro - Sumbing, Gunung Perahu, Gunung Rogojembangan dan Gunung Bismo. Dataran Tinggi Dieng ini lokasinya berada di dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Pengunjung juga bisa melihat Golden Sunrise, yang lokasinya berada sebelum Desa Dieng. Pengunjung juga bisa melihat Silver Sunrise yang bisa dilihat dari kompleks Candi. Lihat juga Hotel di Banjarnegara.

tempat wisata di banjarnegara
Waduk Mrica
, Tempat Wisata di Banjarnegara yang berada 10 km dari pusat kota, dengan nama resmi Bendungan Panglima Besar Soedirman, memiliki panjang 6,5 km dan luas 1.240 Ha; bisa menyewa perahu untuk berkeliling.

Selain sebagai pengatur dan pemasok air ke saluran irigasi untuk mengairi area persawahan di wilayah Banjarnegara, waduk ini memiliki pembangkit listrik tenaga air yang mampu memasok listrik sebesar 184,5 MW bagi daerah Jawa Bali.

Tempat Wisata di Banjarnegara

Arung Jeram Sungai Serayu »
Lintasannya mendapat penilaian 'grade 3' dari FAJI ini dimulai dari di Desa Tunggoro ke Desa Singomerto, Sigaluh, dengan jarak tempuh sekitar 12 Km.

Candi Arjuna »
Di dataran tinggi Dieng yang letaknya satu deret dengan Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra, dan berhadapan dengan Candi Semar

Candi Bima »
Di Dieng yang Diperkirakan dibangun setelah Candi Srikandi; bagian atapnya mirip bentuk shikara, seperti mangkuk yang ditangkup.

Candi Dwarawati »
Di bukit Perahu, berukuran 5,3 x 5,3 m, dan letaknya paling utara diantara candi lainnya. Candi ini direstorasi total pada 1980.

Candi Gatotkaca »
Tempat Wisata Banjarnegara di sebelah barat kelompok Candi Arjuna di kaki bukit Pangonan, menghadap barat, 1 km utara Candi Bima; memiliki ornamen makara, tanpa rahang bawah.

Curug Pitu »
Tempat Wisata Banjarnegara di dekat pusat Salak Pondoh. Curug ini kabarnya sangat indah dan berupa tujuh buah curug yang bertingkat, dan ada lokasi untuk camping.

Curug Sirawe »
Tempat Wisata Banjarnegara di Dataran Tinggi Dieng yang memiliki ketinggian 80 meter, dengan pemandangan alam yang kabarnya indah.

Kawah Candradimuka »
Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, bukan merupakan kawah gunung berapi, namun merupakan pemunculan solfatara dari dua lubang rekahan tanah, ada sumber air yang dipercaya memiliki kekuatan gaib.

Kawah Sikidang »
Di Dieng berupa kawah vulkanik favorit wisatawan yang mengeluarkan uap panas disertai semburan air mendidih yang lokasinya berpindah-pindah.

Kawah Sileri »
Kawah aktif paling luas di Dataran Tinggi Dieng, terus menerus mengepulkan asap putih, dan air kawah mendidih berwarna seperti air cucian beras.

Makam R. Hoedawikarta
Desa Masaran, Banjarnegara

Museum Purbakala »
Tempat Wisata Banjarnegara di sebelah kanan jalan menuju Candi Bima yang menyimpan sekitar 100 buah temuan lepas dari kompleks candi Dieng.

Sumur Jalatunda »
Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, yang berasal dari kawah mati selama ribuan tahun, yang terisi air sehingga terlihat seperti sumur raksasa berdiameter 90 m dan kedalaman ratusan meter.

Taman Rekreasi Anglir Mendung »
Berada 18km sebelah utara kota, dengan kolam renang, tempat bermain anak, penginapan dan bumi perkemahan.

Taman Rekreasi dan Margasatwa Serulingmas »
Tempat Wisata Banjarnegara yang berada di dalam kota yang memiliki koleksi berbagai jenis satwa. Terdapat juga Makam Ki Ageng Selomanik, kolam renang dan tempat bermain anak.

Telaga Balekambang »
Di dekat Kompleks Candi Arjuna. Di lokasi ini terdapat banyak ikan tawar, dan karenanya dijadikan tempat pemancingan.

Telaga Merdada »
Telaga terluas di Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng, luas 25 Ha dan kedalaman 2 - 10 m, dengan latar belakang bukit yang hijau.

Wisata Hutan Pinus »
Lokasinya berada di seberang Balai Desa Pagedongan, dan dikelola oleh Departemen Kehutanan.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Banjarnegara


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 14, 2018.