Taman Burung TMII Jakarta

Taman Burung TMII Jakarta berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, yang sudah saya kunjungi beberapa kali dalam rentang waktu yang panjang. Tidak banyak berubah di Taman Burung TMII ini hanya saja ada kesan bahwa koleksinya sepertinya tak banyak bertambah dan ada beberapa kandang yang saat itu terlihat kosong, mungkin sedang menunggu penghuni baru.

Bagi yang membawa kendaraan bermotor disediakan tempat parkir yang luas di sebelah kanan loket masuk, yang sekaligus akses keluar dan tempat dimana terdapat warung makan dan toko cindera mata. Ada pula parkir terbatas di tepi jalan sebelum pintu masuk Taman Burung TMII ini. Setelah membayar tiket masuk, dan melangkah ke dalam area taman, persis di dekat pintu masuk terdapat beberapa ekor nuri cantik. Setelah berhenti menikmatinya, kami melanjutkan langkah untuk masuk ke dalam kubah kawat raksasa dengan koleksi burung wilayah Indonesia Barat.

Taman Burung TMII Jakarta dibangun tahun 1975, dengan satu kubah saat diresmikan 19 Agustus 1976. Delapan kubah lagi diresmikan 27 April 1986. Kubah barat untuk burung wilayah Indonesia Barat, dan kubah timur untuk burung Indonesia Timur. Kubah terbesar berdiameter 68 m dan tinggi 30 mm, terkecil 20 mm dan tinggi 9 m. Di seluruh Kepulauan Indonesia diperkirakan hidup sekitar 250 jenis burung. Burung dari wilayah Indonesia Barat mencakup burung yang hidup di kepulauan Bali, Jawa, Sumatera, serta Kalimantan. Sedangkan burung wilayah Indonesia Timur mencakup burung asal Sulawesi, Nusatenggara, Papua, Kepulauan Maluku, serta pulau kecil di sekitarnya.

taman burung tmii jakarta
Danau buatan di Taman Burung TMII menjadi tempat nyaman bagi pelikan putih dengan garis hitam cantik ini yang tengah berenang lambat dan santai di permukaan airnya. Selain pelikan juga ada angsa, bebek dan belibis yang berenang di danau ini. Danau juga menjadi tempat minum dan mandi burung yang dibiarkan hidup bebas di dalam taman.

Di dalam kubah yang besar terdapat sebuah tempat yang berada di atas gundukan buatan dimana pengunjung bisa berfoto bersama burung Julang Sulawesi dan juga Burung Hantu dengan membayar sejumlah uang kepada penjaganya. Taman Burung TMII memiliki koleksi sekitar 2000 ekor burung yang terdiri dari 167 jenis yang ada di tanah air.

taman burung tmii jakarta
Koleksi Taman Burung TMII Jakarta berupa sejenis Burung Kuntul atau burung bangau cantik dengan bulu lehernya yang panjang dan kepala bagian atasnya berwarna coklat kekuningan. Paruhnya lancip tajam dan matanya kecil waspada yang berguna ketika mencari mangsa.

Burung jenjang Mahkota abu-abu yang cantik ada juga di Taman Burung TMII Jakarta. Burung ini lazimnya hidup berkelompok, namun saya tak melihat ada burung yang lain di dekatnya. Origami burung jenjang disebut tsuru, memakai nama Jepang untuk burung ini, atau disebut lipatan kertas burung bangau.

taman burung tmii jakarta
Mambruk ubiaat (Goura cristata) Taman Burung TMII Jakarta yang masih kerabat merpati, dengan mahkota cantik di kepalanya yang menyerupai renda dan bulu gelap di sekitar matanya. Mambruk ubiaat merupakan hewan endemik Papua dengan makanan utama berupa buah dan biji-bijian.

Yang tak kalah menarik adalah Merak hijau (Pavo muticus) dengan jambul tegak yang merupakan salah satu dari tiga spesies merak suku Phasianidae dengan bulu hijau keemasan yang indah. Burung jantan dewasa panjangnya bisa mencapai 3 meter. Merak hijau merupakan burung yang bisa terbang. Sayang saya tak mendapat fotonya saat sayapnya mengembang.

taman burung tmii jakarta
Seekor merpati dengan garis leher memikat ini saya potret dengan lensa jarak jauh, sesaat setelah ia memperdengarkan suaranya yang merdu. Ada pula burung berambut keriting indah, meskipun tanpa bantuan perias, serta sejenis burung merak yang berjambul dan berbulu indah. Burung Rangkong atau Enggang, spesies burung yang dilindungi, juga ada.

Kontur tanah di dua kubah utama (Indonesia Barat dan Indonesia Timur) dibuat bergelombang. Di sepanjang lintasan terdapat kandang berkerangkeng bagi burung yang jarang dilihat seperti Elang Bondol, Beluk Ketupa, Elang-Ular Bido, Elang Laut Dada Putih, serta tempat makan bagi burung yang dibiarkan terbang atau berjalan bebas di dalam kubah. Burung besar lainnya yang menarik di Taman Burung TMII Kasuari dan Julang.

Taman Burung TMII masih tetap merupakan salah satu tempat terbaik di kompleks TMII untuk segala usia. Pengunjung bisa berjalan di sepanjang lintasan di dalam deretan kubah yang besar yang memberi kesempatan untuk melihat dari jarak dekat koleksi burung-burung liar yang berasal dari bagian timur dan bagian barat kepulauan Indonesia.

Taman Burung TMII Jakarta

Alamat : Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Telp 021-87795616, 8409163, 87792078, 8414567, 8409461, 8409432, 29369593. Lokasi GPS : -6.300518, 106.90105, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 09.00 - 16.30. Harga tiket masuk : Rp.7.000. Rujukan : Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.




. Updated :

Versi Mobile | Kembali ke atas