Blog Post, Blogger, Lighthouse, Tutorial

Mengatasi Links do not have descriptive text

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya mengatasi links do not have descriptive text dalam audit dengan menggunakan Lighthouse. Masalah ini bersangkut paut dengan teks taut yang tidak deskriptif. Ini bukan hal yang sulit untuk diatasi, sehingga akan sayang jika tak bisa mendapat skor 100 hanya karena masalah ini.

Teks taut merupakan kata atau frasa yang bisa diklik oleh pengunjung blog dalam sebuah hyperlink. Teks tautan hendaknya dengan jelas bisa memberi petunjuk mengenai target hyperlink yang akan dilihat atau dibaca, sehingga pengunjung dan mesin perayap akan lebih mudah memahami apa isi tulisan dan kaitannya dengan laman lain.

Hanya setelah pengunjung mendapat gambaran mengenai apa konten yang akan ia lihat jika tautnya diklik maka keputusan bisa diambil dengan lebih baik, apakah akan klik taut atau tidak. Adalah akan menjengkelkan dan buang waktu jika klik taut tanpa teks deskriptif dan ternyata isinya bukan hal yang ingin pengunjung ketahui. Ini memberi pengalaman buruk.

Mengatasi Links do not have descriptive text

Ketika audit Lighthouse gagal lolos dan memberi bendera merah dengan keterangan links do not have descriptive text, maka itu karena teks taut menggunakan salah satu kata umum seperti di bawah ini:

  • click here
  • click this
  • go
  • here
  • learn more
  • more
  • read more
  • right here
  • start
  • this

Mengapa diberi bendera merah dan gagal lolos audit, oleh karena teks taut itu sama sekali tidak memberi petunjuk kepada pengunjung tentang apa target hyperlink-nya, meskipun ada bagian paragraf yang memberi informasi tentang itu. Hanya saja karena teks tautnya tidak deskriptif, maka bendera merah pun dinaikkan.

Cara membuat teks taut deskriptif

Jika taut itu berada dalam tulisan, maka Anda tinggal membuka tulisannya di laman editor dan mengganti frasa umum seperti "klik di sini" dan "baca lebih lanjut" dengan teks yang lebih spesifik. Yang dimaksud dengan spesifik atau deskriptif adalah teks taut yang dengan jelas menunjukkan konten apa yang akan dilihat atau dibaca pengunjung jika mereka klik hyperlink-nya.

Misalnya di tulisan ada video tentang sepak bola, dan Anda membuat hyperlink dengan taut teks <a href="videos.html">klik di sini</a>. Taut teks itu tidak deskriptif oleh sebab frasa "klik di sini" tidak memberi petunjuk jelas akan ke mana hyperlink itu akan membawa pengunjung ketika diklik.

Taut teks yang deskriptif adalah: Lihat semua <a href="videos.html">video sepak bola</a> kami. Taut teks-nya dengan jelas menyatakan bahwa hyperlink tersebut akan mengarahkan pengguna ke halaman video tentang sepak bola, bukan tentang topik lainnya. Ini yang disebut spesifik.

Links do not have descriptive text di Blogger

Jika Anda pengguna Blogger / blogspot, dan gagal audit karena Links do not have descriptive text, maka mungkin itu disebabkan oleh widget Popular Post yang ada jumplink dengan teks taut "READ MORE".

Untuk mengatasinya, masuk ke Edit HTML, dan temukan bagian yang ada kode <data:blog.jumpLinkMessage/>, yang bisa berada di dalam kelompok berikut ini,

<b:includable id='postFooterJumpLink'>
<b:comment>Ripple, and show 'keep reading' as the default.</b:comment>
<div class='jump-link flat-button ripple'>
<a expr:href='data:post.hasJumpLink ? data:post.url fragment "more" : data:post.url' expr:title='data:post.title'>
<data:blog.jumpLinkMessage/>
</a>
</div>
</b:includable>


Yang Anda harus lakukan adalah menghapus bagian,

<a expr:href='data:post.hasJumpLink ? data:post.url fragment "more" : data:post.url' expr:title='data:post.title'> <data:blog.jumpLinkMessage/> </a>


sehingga menjadi

<b:includable id='postFooterJumpLink'>
<b:comment>Ripple, and show 'keep reading' as the default.</b:comment>
<div class='jump-link flat-button ripple'>
</div>
</b:includable>


Cara terbaik dalam membuat teks taut

  • Fokuskan teks pada topik yang ada di target tulisan atau foto. Jangan menggunakan teks taut yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman yang dituju.
  • Jangan gunakan URL halaman sebagai deskripsi taut, kecuali ada alasan kuat untuk melakukannya, seperti untuk menunjukkan alamat situs yang baru.
  • Teks taut hendak ringkas padat.
  • Meningkatkan kualitas taut internal Anda juga bisa membantu pengunjung dan mesin telusur dalam menjelajahi isi situs Anda dengan lebih mudah.

Demikian, semoga bermanfaat.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Januari 28, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.