Jakarta, Jakarta Pusat, Kuliner

Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa

Sudah cukup sering saya menikmati Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa, sejak masih tersebar di jalur sepanjang pedestrian dan di halaman dalam masjid, sampai belakangan "dirapikan" oleh Jokowi, sewaktu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dengan memberikan sejumlah rombong gerobak jualan gratis kepada pedagang dengan dana yang berasal dari CSR Bank DKI.

Paling sering adalah seusai salat Jumat di Masjid Agung Sunda Kelapa, dan setelah itu berjalan ke halaman depan, menengok kiri kanan pada lapak yang ada sebelum berhenti sesudah menentukan pilihan makanan dan minuman yang akan dipesan, dan mendapat tempat duduk.

Pada kesempatan lain adalah ikut pengajian Minggu pagi di Masjid Agung Sunda Kelapa, setelah berkunjung ke Taman Suropati atau Taman Situ Lembang, atau hanya kebetulan sedang lewat di dekat tempat itu dan lalu mampir untuk makan dan minum sejenak di kuliner kaki lima masjid agung yang cukup megah itu.

Suasana area kuliner di halaman Masjid Agung Sunda Kelapa terbilang sederhana saja, dengan payung-payung warna-warni untuk peneduh pengunjung yang duduk di bangku-bangku kayu. Sebagian lainnya duduk berlindung di bawah rindang pepohonan. Rombong-rombong tempat jualan makanan dengan logo Bank DKI waktu itu terlihat masih cukup rapih.

Namun tak jelas apakah ada yang telah memberi pengarahan kepada para pedagang itu, agar mereka selalu menyisihkan uang untuk merawat rombong agar tetap dalam kondisi yang baik, atau pada saatnya nanti bisa mengganti dengan yang baru memakai uang mereka sendiri. Usaha apa pun jika tidak menabung, sekarang atau nanti, untuk digunakan bagi perbaikan dan peningkatan serta pengembangan usaha, hampir pasti akan mengalami masalah, cepat atau lambat.

Jika tak tahu apa yang mau dimakan di Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa, cara paling mudah adalah melihat tempat yang paling ramai atau penjualnya paling sibuk menyiapkan makanan dan cobalah pesan makanan di situ. Dengan cara itu kemungkinan besar Anda tak akan kecewa, baik di rasa maupun harganya.

Tongseng Kambing

Ada banyak pilihan makanan minuman lokal yang bisa dinikmati di kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa, semuanya dengan harga yang terjangkau kantung kebanyakan pekerja kantoran maupun pekerja lapangan. Yang cukup sering saya makan di sana adalah sate padang, soto padang, sate ayam atau kambing dengan tongsengnya sekalian, soto ayam, dan kadang soto betawi.

Pilihan lainnya adalah lontong gule pakis, nasi goreng, ketoprak, mie ayam, kebab, mie bakso, soto mie, atau makanan tambahan seperti tahu gejrot, dim sum, siomay, dan beberapa lagi makanan rumahan yang ada di satu-satunya warung di ujung kanan lokasi Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa.

Untuk minuman, pilihan saya biasanya antara teh botol atau es kelapa muda. Yang disebut terakhir itu benar-benar es kelapa muda, bukan basa-basi, dengan serutan daging kelapa muda yang berlimpah di dalam sebuah gelas minum yang berukuran besar.

Es Doger

Es doger juga merupakan favorit di kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa ini meskipun warna pernik makanannya terang menyeramkan. Selain itu ada sop buah yang nikmat dan berbagai pilihan jus yang nyus. Rujak buah juga merupakan pilihan yang baik untuk cuci mulut sehabis makan.

Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa masih memerlukan pembinaan dan penataan agar terlihat lebih rapih, bersih, dan nyaman bagi pengunjung. Kesadaran dan disiplin para pedagang harus selalu ditanamkan dan diingatkan kepada mereka, agar kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa semakin maju dan semakin baik.

Kuliner bisa dibilang bisnis yang gampang-gampang susah, mungkin malah banyak susah ketimbang gampangnya. Begitu pun, permintaan akan makanan dan minuman akan selalu tumbuh, karena semakin banyak orang yang malas membawa bekal makanan atau tak punya waktu untuk masak sendiri. Moga-moga saja Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa masih tetap bergairah karena sudah lama saya tak mampir.

kuliner masjid agung sunda kelapa Suasana kawasan kuliner di halaman Masjid Agung Sunda Kelapa yang sederhana dengan payung peneduh dan rindang pepohonan.
kuliner masjid agung sunda kelapa Makanan minuman di kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa dengan harga yang terjangkau
es kelapa muda
Teh botol dan es kelapa muda adalah favorit, dengan daging kelapa mudanya yang royal dalam gelas jumbo.

Es doger Es doger, pencuci mulit favorit, selain jus dan rujak buah.

kuliner masjid agung sunda kelapa Sisi paling kanan lapak kuliner Masjid Sunda Kelapa dengan bangunan semi permanen

Tentang Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa

Lokasi Kuliner Masjid Agung Sunda Kelapa terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.2018561, 106.8323797, Waze.

Panduan di Jakarta

Hotel di Jakarta Pusat / Hotel Melati di Jakarta Pusat / Nomor Telepon Penting / Peta Wisata Jakarta / Peta Wisata Jakarta Pusat / Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek / Rute Lengkap TransJakarta / Tempat Wisata di Jakarta / Tempat Wisata di Jakarta Pusat / Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 15, 2021.