Gereja Santa Maria De Fatima Jakarta

aroengbinang.com - Gereja Santa Maria De Fatima Jakarta berada di Jl. Kemenangan III No. 47, Kelurahan Glodok, Taman Sari, di Jakarta Barat, tepat berada di sebelah Barat dari Kelenteng Jin De Yuan yang dipisahkan oleh sebuah gedung yang tinggi.

Gereja ini masih mempertahankan bentuk asli pintu utama yang terbuat dari kayu berwarna merah khas budaya Cina. Ornamen yang ada di dalam bangunannya pun mengingatkan pada corak yang sering dijumpai pada kelenteng atau tempat ibadah Tao.

Layaknya kelenteng, ada pula dua sepasang patung macan (ciok say) berjaga di depan gedung yang juga dikenal sebagai Gereja Toasebio atau Gereja Fatima ini.

Gereja Santa Maria De Fatima JakartaFoto: Youtube Gereja Santa Maria De Fatima

Sebelumnya Gereja Santa Maria De Fatima adalah rumah seorang hartawan Cina dari keluarga Tjioe, yaitu pada tahun 1850-an sampai 1950 dan kemudian menjadi gereja Katolik pada 1955 setelah tanahnya yang seluas 1 hektar dibeli oleh seorang pastur pada tahun 1953, dan resmi menjadi milik gereja pada tahun berikutnya.

Perayaan ekaristi pertama dilaksanakan di dalam gereja pada tahun 1954 dengan dipimpin oleh 4 orang imam dan diikuti oleh 16 orang umat. Pada tahun 1970, gereja Santa Maria de Fatima diserahterimakan dari Serikat Jesuit kepada Serikat Xaverian.

Setelah kedatangan Pater Otello, bangunan gereja mengalami renovasi besar, termasuk pergantian lantai dan langit-langit, penataan tempat bagi patung Maria De Fatima yang didatangkan dari Ortisei di Italia Utara dan patung Hati Kudus Yesus. Dipasang pula ukiran kayu Yesus disalib yang dikirim dari Italia pada jaman Pater Liliano.

Sebagai bangunan tua bersejarah, Gereja Santa Maria De Fatima telah dilindungi oleh undang-undang sebagai Benda Cagar Budaya pada 1972 karena mempertahankan gaya bangunan khas Fukien atau Cina Selatan untuk konstruksi kayu, ukiran dan warna.

Dalam menjalankan misi pelayanannya, Gereja Santa Maria De Fatima melayani misa dalam bahasa Indonesia dan Mandarin pada waktu yang berbeda.

Gereja Santa Maria de Fatima Jakarta

Alamat : Jl. Kemenangan III No. 47, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Lokasi GPS : -6.1437883, 106.8119358, Waze. Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.
, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengbinang!

aroengbinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya.
Loading comments…
Balik ke atas ↑