Jakarta, Jakarta Barat

Gedung Bank Indonesia Jakarta Barat

Gedung Bank Indonesia Jakarta berada di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, dan sekarang sebagian bangunannya digunakan oleh Museum Bank Indonesia.

Bangunan ini didirikan pada 1912 dengan arsitek Ed Cuypers dan Hulswit, dan semula digunakan sebagai kantor pusat N.V. De Javasche Bank, sebuah bank swasta Belanda yang bertindak sebagai Bank Sentral di Hindia Belanda sejak tahun 1928.

Arsitektur Gedung Bank Indonesia ini merupakan hasil perpaduan gaya Klasik dan Renaissance, dengan dua sayap simetris mengapit serambi utama.

Pada tahun 1951 keluarlah Keputusan Pemerintah Nomor 118/1951 tentang Pembentukan Panitia Nasionalisasi De Juresche Bank yang selanjutnya Undang-undang Nasionalisasi NV. De Javasche Bank.

Gedung Bank Indonesia masih dipertahankan keasliannya, dan merupakan salah satu bangunan tua yang sangat terawat dan megah di Jakarta.

Gedung Bank Indonesia Jakarta

Alamat : Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Lokasi GPS : -6.137109, 106.81318, Waze. Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 08, 2018.