Arboretum Bogor

February 02, 2018. Label:
aroengbinang.com - Arboretum Bogor atau Arboretum Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan mulai dibangun pada 1922 oleh seorang tuan tanah partikelir berkebangsaan Belanda. Adanya arboretum Bogor ini mempermudah peneliti, mahasiswa, atau pihak-puhak lain yang ingin ingin melakukan penelitian mengenai jenis-jenis pohon.

Semula Arboretum Bogor ditanami pohon buah-buahan seperti Rambutan, Durian, Dukuh, dan Menteng. Kemudian ditambahkan pohon-pohon Rasamala, Kenari, Ulin, Merawan, Meranti Kuning, Meranti merah, Mahoni daun kecil, dan lain-lain. Selain mengoleksi contoh hidup jenis-jenis pohon, tujuan Arboretum Bogor adalah untuk pelestarian jenis pohon secara ex-situ, tempat praktek pengenalan jenis pohon, sumber benih dalam jumlah terbatas, dan juga sebagai tempat wisata ilmiah.

Arboretum Bogor berada di atas lahan seluas 5 ha terbagi dalam 27 blok, dengan jumlah koleksi sebanyak 234 jenis dalam 136 genus atau 50 suku (famili), 167 asli dan 67 exot. Arboretum Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan berada sekitar 3 km arah Barat dari pusat kota Bogor, atau 10 menit denga naik kendaraan.

Batas-batas Arboretum Bogor: sebelah Timur dengan Sungai Cisadane; sebelah Utara dengan Jalan Raya Bogor-Jasinga; sebelah Barat dengan Jalan R E Abdullah; sebelah Selatan dengan Jalan Pasirkuda.

Arboretum Bogor

Alamat : Jl Raya Bogor - Jasinga Bogor. Lokasi GPS : -6.596545, 106.780695, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Video



Info Bogor

Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.