Bogor, Jawa Barat, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Bogor

Bogor adalah kota tua, sehingga banyak sekali Tempat Wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi di kota yang terkenal sebagai Kota Hujan ini. Daftar tempat wisata di Bogor beserta travelognya disajikan di bawah ini.

Kota Bogor, berjarak 54 km dari Jakarta. Akses ke bogor bisa naik Bus ATPB berhenti di Terminal Bubulak, Bus reguler berhenti di Terminal Baranangsiang, KRL berhenti di Stasiun Bogor, dan kendaraan pribadi lewat Jalan Tol Jagorawi atau Puncak.

Buitenzorg (tanpa cemas) adalah nama Kota Bogor pada jaman kolonial. Hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja Kerajaan Pajajaran pada 3 Juni 1482 dijadikan sebagai hari jadi Bogor. Dengan akses Tol Jagorawi membuat Tempat Wisata di Bogor menjadi kota favorit warga Jakarta.

Bogor ideal untuk menginap karena hawanya yang masih lumayan sejuk, dan di sana tersedia cukup banyak pilihan untuk mmelewatkan malam di salah satu Hotel di Bogor, jika hendak sejenak melupakan Jakarta. Lihat juga Peta Wisata Bogor untuk mendapat gambaran jarak antar lokasi wisatanya.

Tempat Wisata di Bogor

Air Panas Ciseeng

Tempat Wisata di Bogor
Tempat Wisata di Bogor yang sumber air panas dari perbukitan kapur di Desa Ciseeng, Parung, dilengkapi area bermain, panggung hiburan, dan area outbound. Sumber air panas yang cukup baik ini berjarak hanya sekitar 40 menit dengan berkendara dari tol keluar Serpong, Tangerang, sedikit ke luar Kota Jakarta.

Alamat Air Panas Ciseeng berada di Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor Kabupaten. Telp 0251-8542551, Fax. 0251-8542550. Lokasi GPS berada di -6.431241, 106.694972, dengan jam buka pukul 07.00 - 20.00. Sedangkan harga tiket masuknya Rp.6.000. Tersedia kamar rendam air panas privat dan kolam rendam air panas terbuka di atas perbukitan.

Air Panas Ciparay

Tempat wisata di Bogor dengan pancuran air panas di tepian Sungai Cikuluwung di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dicapai dengan menuruni anak tangga yang tertata rapi. Ada warung makan dan minuman di tepi sungai.

Air Panas Gunung Pancar

Tempat Wisata di Bogor yang sumber air panasnya tidak mengandung belerang. Lokasinya berada di lembah perbukitan, namun panasnya sangat terasa di kulit. Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, kawasan Sentul, melewati hutan pinus, pada GPS -6.58607, 106.91375

objek Wisata di Bogor
Ruang rendam tertutup dilengkapi bathtub porselen dan lantai keramik. Air panas di sini sangat melimpah, sehingga pengunjung bisa selalu mendapatkan air panas yang baru ketika berendam. Kolam rendam terbuka juga tersedia, yang terpisah antara kolam untuk pria dan wanita. Di Tempat Wisata di Bogor yang cukup menarik ini pengunjung bisa membeli celana pendek untuk berendam jika lupa membawanya.

Air Panas Kawah Hitam Gunung Pancar

Tempat Wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi, berupa sumber air panas di Babakan Madang, Sentul, Bogor. Letaknya tidak begitu jauh dari area Kawah Merah Gunung Pancar, dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang relatif datar.

Kawah Hitam Gunung Pancar ini sepertinya memasok air panas yang berada di kompleks Giri Tirta. Jika melihat kedekatannya dengan Kawah Merah, Air Panas Kawah Hitam juga mengandung belerang, meskipun saya tidak mencium bau belerang menyengat di sekitar kawah.

Air Panas Kawah Merah Gunung Pancar

Tempat wisata di Bogor yang menarik lainnya berupa sumber air panas yang lokasinya lebih ke atas dari air panas Gunung Pancar, yaitu di Babakan Madang, Sentul, mengandung belerang alam dengan akses jalan sempit. Ada kamar rendam tertutup dan kamar rendam terbuka menyerupai kolam-kolam yang diberi atap.

Meskipun sederhana namun kamar rendam di kompleks air panas ini terlihat cukup bersih dan terjaga. Ruang paling ujung digunakan sebagai kamar untuk bilas setelah selesai berendam. Di sebelahnya lagi ada sebuah saung sederhana untuk bersantai. Lokasi kawah merahnya sangat dekat dengan kamar rendam, dengan naik sedikit ke atas bukit.

Arboretum Bogor

Kawasan hutan untuk pendidikan dan penelitian yang berada di Jl Raya Bogor – Jasinga

Bumi Perkemahan Gunung Bunder

Objek wisata Bogor di Desa Gunung Bunder, di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, diantara hutan pinus. Terdapat warung-warung makanan di sekitarnya yang menyediakan minuman hangat dan dingin.

Curug Bidadari Sentul Paradise Park

obyek Wisata di Bogor
Tempat wisata di Bogor ini berupa air terjun elok yang berada di Desa Bojongkoneng, Sentul, dengan akses kendaraan roda empat hingga ke dekat curug, dilengkapi kolam wisata, saung, dan restoran. Jarak kolam air terjunnya sangat dekat dengan area parkir, sehingga tidak memakan banyak tenaga untuk sampai di sana.

Di ujung kolam wisata terdapat seluncuran cukup besar, dan di dekatnya ada lagi tempat makan, selain yang ada di dekat area parkir. Di sebelah kanan papan seluncur kolam wisata itu, di sepanjang tebing, terdapat deretan saung yang bisa disewa dengan harga Rp 50.000 per saung selama 2 jam. Alamatnya berada di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor Kabupaten. Telp 021-87960742, 021-29232155, dengan GPS -6.6143497, 106.9081011.

Curug Cadas Ngampar

Curug yang masih sangat alami di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan hamparan batu cadas di sepanjang badan sungai.

Curug Cigamea

Curug kembar yang letaknya berdekatan di ujung kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), dengan akses undakan semen yang tertata baik.

Curug Cihurang

Tempat wisata di Bogor berupa curug kecil di TNGHS dengan kolam dangkal di bawahnya, berjarak cukup dekat dari area parkir. Ada area berkemah dengan sumber air yang jernih.

Curug Cilember

Wisata Bogor di Desa Jogjogan, Cisarua, terletak pada ketinggian 800-900 mdpl, dengan tujuh curug yang letaknya berurutan ke arah hulu.

Curug Country

Dikenal sebagai miniatur air terjun Niagara, berada di Desa Tanjung Rasa, Tanjung Sari, dengan kondisi alami dan sepi.

Curug Luhur

Air terjun berdebit air besar dan tinggi di kawasan TNGHS, akses mudah, dengan kolam renang dan restoran, namun tiket masuknya relatif sangat mahal.

Curug Nangka

Dicapai dengan melewati hutan pinus di kawasan TNGHS, merupakan curug yang elok namun berbahaya jika dilihat dari jalur sungai. Ada kawanan kera hidup di sana.

Curug Ngumpet

Tempat wisata di Bogor berupa curug yang alami dan sangat elok di kawasan TNGHS, dengan batuan besar berlumut di badan sungai di bawahnya. Aksesnya yang relatif dekat dan mudah membuat air terjun ini wajib dikunjungi oleh siapa saja.

Curug Seribu

Curug terbesar dan tertinggi di kawasan TNGHS, dengan akses cukup menantang, dan sangat berbahaya jika hujan turun di hulu sungai.

Danau Lido

Obyek wisata Bogor di Desa Wates Jaya, Jl Raya Sukabumi, dengan pohon-pohon rindang di tepiannya pada ketinggian 500 mdpl.

Ekowisata Bodogol

Desa Wates Jaya, Jl. Raya Sukabumi Km. 18, di bagian Barat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 800 mdpl, melalui pintu Lido.

Gedung Bakorwil Jl. Ir.H. Juanda No. 4, dibangun oleh pemerintah Belanda pada abad ke-19, merupakan gedung dua lantai bergaya kolonial.

Gedung Balaikota

Jl. Ir.H. Juanda No. 10, merupakan gedung warisan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1868, semula nama bangunan ini adalah Societeit.

Gedung Hotel Salak

Jl. Ir.H. Juanda No. 8, di depan Istana Bogor, dibangun pada 1856, dan diberi nama Binnenhof Hotel atau Bellevue Hotel.

Gua Gudawang

Desa Argapura, Cigudeg. Ada sekitar 12 gua di kompleks Gua Gudawang yang luasnya 2,5 ha ini, namun hanya tiga yang dibuka.

Hutan Wisata Catang Malang

Tempat wisata Bogor di Desa Sukawangi, Sukamakmur, pada 1000-1200 mdpl, dengan udara sejuk dikelilingi pohon Pinus yang romantis saat diselimuti kabut.

Istana Bogor

Tempat wisata di Bogor di Jl. Ir. H. Juanda No. 1, yang sempat rusak parah saat terjadi gempa besar akibat meletusnya Gunung Salak pada 10 Oktober 1834.

Jungleland

Wisata Bogor di ujung kawasan Sentul, menempati area seluas 35 ha, dengan 4 zona permainan serta Science Centre yang terbesar dan terlengkap di Indonesia

Kampung Budaya Sindangbarang

Lokasi Kampung Budaya Sindangbarang berada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor Jawa Barat, sekitar 5 km dari pusat Kota Bogor.

Kampung Cimande

Tempat dimana silat Cimande berasal, untuk melihat kehidupan dan suasana di pedesaan dan pemandangan persawahan di sana.

Kampung Wisata Cinangneng

Jalan Babakan Kemang RT. 01, RW. 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, dimana engunjung bisa menikmati pemandangan alam, serta mengikuti program wisata pendidikan dan budaya.

Kawah Ratu

Wisata Bogor di TNGHS, ada tiga trek untuk mendaki ke Kawah Ratu, dua diantaranya melewati gerbang di Desa Gunung Bunder.

Kebun Durian Warso

Wisata Bogor di Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang, Kabupaten Bogor, luasnya 8,5 ha ini ditanami pohon durian yang jumlahnya 900 pohon terdiri dari 19 jenis dengan 7 varietas unggul

Kebun Raya Bogor

Jl. Paledang No. 35, diresmikan pendiriannya pada 18 Mei 1817 oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen.

Kebun Wisata Pasirmukti

Desa Tajur, Desa Pasirmukti dan Desa Gunungsari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, yang dicapai melalui jalan tol Jagorawi selama 45 menit dari Jakarta.

Gereja Santa Perawan Maria

Jalan Kapten Muslihat No. 22, Bogor, mulai dibangun tahun 1896 oleh Pastor MYD. Claessens di atas pekarangan luas yang dibeli Mgr. AC. Claessens pada 1881.

Kelenteng Hok Tek Bio

Tempat wisata di Bogor yang disebut juga Vihara Dhanagun, berada di Jl. Suryakencana No.1, yang konon telah berdiri sejak tahun 1672.

Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea

Kelenteng tertua di daerah Ciampea ini dibangun pada abad ke-19 oleh leluhur marga Thung.

Kelenteng Pan Kho Bio

Kelenteng tua yang sangat unik, berada di Pulo Geulis, di tengah Sungai Ciliwung, di belakang Terminal Baranangsiang, Kota Bogor.

Makam Belanda

Di dalam Kebun Raya Bogor, keberadaan makam Belanda ini ternyata telah ada jauh sebelum berdirinya Kebun Raya Bogor pada 1817.

Makam Prof. Kostermans

Di dalam Kebun Raya Bogor. Ia adalah pakar botani Belanda dan Indonesia, lahir di Purworejo pada 1 Juli 1906, dan meninggal di Jakarta pada 10 Juli 1994.

Makam Raden Saleh

Gang Raden Saleh, Jl. Pahlawan. Makam ini sempat ‘hilang’ selama kurun waktu tertentu, sebelum ditemukan kembali pada tahun 1923 oleh Mas Adoeng Wirjaatmadja.

Makam Ratu Galuh

Dekat Jembatan Merah di dalam Kebun Raya Bogor. Sosok Ratu Galuh dipercayai sebagai istri Sri Baduga Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran.

Masjid Andalusia

Sebuah masjid baru di kawasan kampus STEI TAZKIA, Sentul City yang sepintas terlihat cukup elok dari luar.

Masjid Atta’awun

Bangunan masjid berlantai dua yang didirikan di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Bogor, pada 1997

Masjid Empang

Nama resminya adalah Masjid An-Nur Tauhid, didirikan tahun 1828 M oleh Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas.

Masjid Raya Bogor

Jl Raya Pajajaran No 10, Kota Bogor, sekitar 400 meter dari Terminal Baranangsiang arah ke kiri di pertigaan jika keluar dari jalan tol Jagorawi.

Melrimba Garden

Tempat wisata di Bogor ini berada di Jl Raya Puncak KM 87, Cisarua, seluas 5 ha, menawarkan wisata alam keluarga, dikelilingi perbukitan kebun teh Ciliwung.

Museum Etnobotani Bogor

Wisata Bogor di Jl. Ir.H. Juanda 22-24. Isi koleksinya menggabungkan antara ilmu botani dengan berbagai karya budaya etnik yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Museum Perjoangan

Jl Merdeka No.56, menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan, khususnya di Bogor.

Museum PETA

Tempat wisata di Bogor yang ada di Jl Sudirman No.35. PETA, Pembela Tanah Air (Kyodo Bo-ei Giyugun), adalah pasukan tentara pribumi yang dibentuk Jepang pada 3 Oktober 1943

Museum Tanah

Jl. Ir H. Juanda No. 98, didirikan pada 29 September 1988, dan merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah dari seluruh wilayah penting di Indonesia

Museum Zoologi

Tempat Wisata di Bogor untuk seluruh keluarga di Jalan Ir. H. Juanda No.9, aksesnya dari Kebun Raya Bogor. Di museum ini bisa dijumpai berbagai reptil, mamalia, burung, ikan, serangga dan macam-macam lagi yang sudah sangat sulit dijumpai di habitat aslinya. Landak dan trenggiling, misalnya. Belum lagi berbagai koleksi burung dengan bulu-bulu indah, serta satwa yang berukuran besar.

Museum ini dibangun mengikuti ide yang berasal dari Dr. J.C. Koningsberger, seorang ahli botani berkebangsaan Belanda yang berkunjung ke Bogor pada bulan Agustus 1894. Jam buka museum ini setiap hari Sabtu s/d Kamis 08.00 - 16.00; hari Jumat buka sampai sebelum solat Jumat, hari libur nasional hingga 17.00. Harga tiket masuk : Rp. 15.000 sudah termasuk tiket masuk ke Kebun Raya Bogor dan asuransi.

Pabrik Gong Pancasan

Jl. Pancasan 17, berdiri sejak jaman kolonial dan cara pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional.

Penangkaran Rusa Cariu

Tempat wisata di Bogor berupa kawasan penangkaran rusa seluas 5 ha di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, berjarak sekitar 40 km dari pintu tol Cibubur.

Perkebunan Teh Cianten

Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, dan Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Bogor, dengan luas area 857,7 ha, pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl.

Perkebunan Teh Gunung Mas

Wisata Bogor di Jalan Raya Puncak Km 87, Kecamatan Cisarua, berjarak sekitar 80 km dari Jakarta, berada pada ketinggian 800 – 1200 mdpl.

Plaza Kapten Muslihat

Jl Kapten Muslihat, di pusat Kota Bogor, tidak jauh dari Kebun Raya, dengan sebuah patung sederhana yang menggambarkan sosok Kapten Muslihat.

Prasasti Batutulis

Jl. Batutulis No.54, prasasti peninggalan abad ke-16 dari jaman Kerajaan Pajajaran yang letaknya di tepian jalan, persis di depan kompleks Istana Batutulis, Bogor.

Prasasti Batu Dakon

Wisata Bogor di Desa Ciaruteun Hilir, Cibungbulang, disebut juga Prasasti Batu Congklak atau Prasasti Kebon Kopi 2, bisa jalan kaki dari Prasasti Ciaruteun.

Prasasti Ciaruteun

Desa Ciaruteun Hilir, Cibungbulang, peninggalan kerajaan Tarumanagara yang ditemukan ditepi sungai Ciarunteun, yang diapit sungai Cisadane dan Sungai Cianten.

Prasasti Tapak Gajah

Desa Ciaruteun Hilir, Cibungbulang, dikenal juga sebagai Prasasti Kebon Kopi, diperkirakan dibuat sekitar tahun 400 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanegara

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Di lereng Gunung Salak dengan panorama memikat. Konon merupakan candi Hindu terbesar di luar Pulau Bali, setelah Pura Besakih.

Riung Gunung

Tempat wisata di Bogor ini berada di Jl Raya Puncak Km 40, Kecamatan Cisarua, pada ketinggian 1.400 mdpl, dengan panorama Puncak yang indah dan udara yang segar.

Rumah Anggrek

Wisata Bogor ini berada di salah satu sudut dalam kompleks Kebun Raya, arah timur laut, dengan koleksi anggrek asli dan hasil persilangan.

Sate Kiloan PSK Sentul


Kuliner yang perlu dicoba jika Anda adalah penggemar sate dan gulai, utamanya daging kambing, meskipun sate ayam juga ada. Lokasinya ada di Jl. Raya Babakan Madang No.2, Bukit Sentul.

Situ Cikaret

Kecamatan Cibinong, persis di belakang RSUD Cibinong, telah dikenal orang sejak tahun 1816. Daerah ini sebelumnya dikenal sebagai area hutan karet.

Situ Gede

Tempat wisata di Bogor ini berada di Desa Situ Gede, Bogor Barat, seluas 6 ha. Bisa memancing, naik perahu angsa, atau sekadar menikmati suasana.

Situ Kemuning

Desa Cimanggis, Bojonggede, tersedia perahu angsa untuk berkeliling di danau seluas 12 ha ini. Ada pula saung-saung untuk bersantai menikmati suasana.

Situs Cibalay

Tempat wisata Bogor di Kampung Cibalay, Tenjolaya, situs megalitikum besar yang sangat mengesankan di perbukitan di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Situs Batu Tapak

Di puncak bukit di Kampung Bojong Honje, Desa Pabuaran, Kecamatan Suka Makmur, Bogor, dengan hamparan sawah dan aliran Kali Cipamingkis di bawahnya.

Situs Kuta Gegelang

Wisata Bogor di Gunung Bunder, Pamijahan, peninggalan purba dari jaman kebudayaan megalitikum, dengan akses lumayan dekat.

Situs Makam Jerman Arca Domas

Desa Pasir Muncang, Ciawi, dengan deret kubur dan Tugu Peringatan untuk menghormati prajurit Jerman yang telah gugur.

Situs Punden Jami Piciing

Kampung Cibalay, Tenjolaya, diakses dengan berjalan kaki dari Situs Cibalay melewati jalan setapak sempit yang sedikit mendaki, datar, lalu sedikit menurun.

Situs Raden Surya Kencana

Wisata Bogor bagi penggemar sejarah dan mistik yang berada di Desa Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan. Akses masuknya berada hanya beberapa puluh meter sebelum gerbang masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Raden Surya Kencana adalah putera Prabu Nilakendra (Siliwangi V) yang dipercaya sebagai raja terakhir Kerajaan Sunda.

Pendopo utama Situs ini berukuran lumayan besar dan dibuat dengan cukup indah. Di tengah pendopo terdapat sebentuk makam panjang yang dikeliling oleh jaring kelambu transparan berwarna hijau. Atap pendoponya tak berbentuk pelana namun ada arca naga di puncaknya, menandai adanya pengaruh budaya Tionghoa.

Stasiun Kereta Api Bogor

Jl. Nyi Raja Permas, Bogor, bangunan berlantai dua warisan kolonial yang didirikan tahun 1881, dan kini area sekitarnya sudah direnovasi.

Taman Safari Indonesia

Tempat wisata di Bogor yang ada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, merupakan area konservasi ex-situ yang diresmikan sebagai pada 16 Maret 1990.

Taman Wisata Matahari

Jalan Raya Puncak Km 77, Cilember, Kabupaten Bogor, di atas lahan seluas sekitar 30 Hektar di tengah suasana alam pegunungan yang berhawa sejuk.

Taman Wisata Mekarsari

Kecamatan Cileungsi, di atas lahan seluas 264 ha, sebagai pusat konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi terkait dengan buah tropis.

Telaga Warna

Wisata Bogor di Desa Tugu, Cisarua, Desa Tugu, jalan masuknya berada tepat di tikungan kedua setelah Melrimba Garden, atau sekitar 200 m sebelum Restoran Rindu Alam.

Tempat Wisata Kuliner di Bogor

Catatan tempat wisata kuliner yang ada di Kota Bogor.

The Jungle Adventure

Di kompleks perumahan Bogor Nirwana Residence di Kota Bogo, merupakan taman tematik yang menyediakan berbagai wahana permainan modern

Tugu Peringatan Reinwardt

Di dalam Kebun Raya Bogor, diresmikan pada 16 Mei 2006 oleh Kedutaan Besar Jerman bersama LIPI, bertepatan peringatan 189 tahun Kebun Raya.

Villa La Lita Gunung Bunder

Tempat yang menyenangkan untuk menikmati hawa pengunungan dan pemandangan matahari terbit di lereng Gunung Salak dari rumah kayu Woloan yang interiornya ditata secara artistik. Dilengkapi dengan kolam renang.

Wayang Golek Pak Dase

Lebak Kantin RT 02/VI, seni tradisional cantik yang namanya banyak disebut dalam buku panduan wisata dunia.


Wisata Alam Telaga Malimping

Kampung Malimping, Desa Ciadeg, Bogor, merupakan taman wisata keluarga bernuansa alam. Ada aneka Satwa Langka, arena bermain, bom-bom car, Arung Jeram di Sungai Cisadane, ATV, Banana Boat dan perahu, Canopy Street, Flying Fox, Istana Balon, kolam pancing, kolam renang, Mandi Bola, dan Mini Trail.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 17, 2021.