4 Tempat Wisata di Serang Yang Menarik

Di bawah ini adalah daftar lengkap Tempat Wisata di Serang. Sebuah Peta Wisata Serang dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya yang berada di Serang juga telah dibuat.

Serang adalah nama kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Banten. Kota Serang adalah ibukota Provinsi Banten, yang dilalui jalan tol Jakarta - Merak. Di Kabupaten Serang terdapat wilayah yang disebut Banten Lama yang dahulu menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Banten, yang kini tersisa reruntuhannya.

Jika membutuhkan penginapan dan Hotel di Serang, silahkan lihat tulisan Hotel di Serang dan Hotel di Cilegon yang sesuai anggaran Anda.

tempat wisata di serang
Pantai Karang Bolong
merupakan Tempat Wisata di Serang yang berjarak 50 km dari pusat kota, dengan karang berlubang sangat besar dibalut akar pohon tua. Di puncak karang, dan di sepanjang Pantai Karang Bolong, terdapat tempat duduk memadai dimana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati silir angin laut dan pemandangan yang indah.

Dari puncak bukit Pantai Karang Bolong ada undakan menurun ke arah sisi yang berbeda dari sisi kedatangan dan berakhir pada sebuah gazebo dengan pemandangan yang elok ke arah laut lepas, dan juga ke arah pantai. Tempat ini tampaknya menjadi pilihan yang baik untuk menikmati suasana senja di sana. [selengkapnya]

tempat wisata di serang
Benteng Speelwijk
adalah Tempat wisata di Serang heritage yang ada di Kampung Pamarican, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, di depan Vihara Avalokitesvara. Benteng ini sepertinya dibuat dengan perhitungan cermat sebagai pertahanan yang lebih dari kuat untuk menghadapi serangan pasukan pribumi yang persenjataannya tidak begitu baik.

Lebar dinding Benteng Speelwijk sekitar 1 meter, jauh lebih sempit dibandingkan dengan dinding benteng Istana Surosowan, namun cukup lebar bagi mereka yang ingin berjalan atau bahkan berlari di atasnya. Hanya saja tidak ada tembok pelindung di kiri kanannya. Di beberapa bagian, dinding benteng tampak lebih tebal, mendekati dua meteran.selengkapnya]

tempat wisata di serang
Museum Situs Purbakala Kerajaan Banten
adalah Tempat Wisata di Serang yang perlu dikunjungi, lokasinya berseberangan dengan reruntuhan Keraton Surosowan. Dekat pagar museum, ada Watugilang yang konon dahulu dipergunakan sebagai tempat pentahbisan Sultan Banten

Museum ini berdiri di atas tanah seluas 10.000 m2, sedangkan luas bangunannya hanya 778 m2. Museum didirikan pada 1984, dan peresmiannya dilakukan pada 15 Juli 1985 oleh Prof. Dr. Haryati Soebadjio, Dirjen Kebudayaan waktu itu. Selain benda arkeologis, museum ini juga menyimpan mata uang lama, peninggalan etnik, serta keramik selengkapnya]

tempat wisata di serang
Vihara Avalokitesvara
adalah Tempat Wisata di Serang spiritual yang berada di Kampung Pamarican, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, tidak jauh dari jalan simpang ke Pelabuhan Karangantu. Pada gerbang masuk ada arca dua ekor naga yang diukir cantik berebut mustika Matahari.

Karena usianya yang sudah sangat tua, catatan tentang letusan dahsyat Gunung Krakatau pada 26-27 Agustus 1883 yang disertai awan panas serta tsunami hebat dan menewaskan sekitar 36.000 jiwa itu bisa ditemukan di vihara ini. Saat tsunami terjadi, orang-orang yang berlindung di dalam vihara konon bisa terselamatkan
selengkapnya]

Tempat Wisata di Serang

Berikut adalah daftar tempat wisata di Serang dan Banten Lama.

Cagar Alam Rawa Danau » Kecamatan Padarincang, Pabuaran dan Mancak, 15 km dari Kota Serang, di sekeliling hutan rawa terbesar di Jawa.

Curug Cigumawang » Desa Kadubereum, Kec Padarincang, 1 jam dari Kota Serang, ketinggian 40 m, diakses melalui pasar Padarincang dan berjalan kaki 1 km.

Curug Sawer » Air terjun yang ada Desa Ujung Tebu, Kec Ciomas, di kaki Gunung Karang. Di Ciomas ada golok 12 m dengan berat 2 ton.

Goa Cilayang » Desa Cilayang, Kec Cikeusal, tempat istirahat kelelawar hitam.

Keraton Surosowan » Wisata Serang yang lokasinya berada di Desa Banten, Kecamatan Kaseman, reruntuhan Keraton Kesultanan Banten.

Danau Tasikardi » Desa Margasana, Kramatwatu, sumber air Keraton Surosowan, disaring di pengindelan Abang dan Putih.

Masjid Agung Banten » Masjid tua bersejarah di Banten Lama, Kecamatan Kasemen, 10 km dari Kota Serang, didirikan 1566 M.

Keraton Kaibon » Desa Kroya, 1 km dari Masjid Agung Banten, reruntuhan keraton Ratu Aisyah, Ibunda Sultan Syafiudin.

Mercu Suar Anyer » Di Pantai Anyer Kidul, 38 km dari kota Serang, setinggi 75,5 meter, dibangun 1885; ada prasasti titik 0 km.

Pantai Anyer » Kecamatan Anyer, 160 km dari Jakarta, untuk rekreasi pantai dan olah raga air.

Pantai Salira » Desa Salira, Kecamatan Puloampel, 10 km dari Pelabuhan Merak; untuk berenang, berselancar, naik perahu atau berkemah.

Pelabuhan Karangantu » Pelabuhan tua di Kec Kasemen; dilalui saat berkunjung ke Benteng Speelwijk.

Pemandian Batu Kuwung » Air panas di kaki Gunung Karang, Desa Batu Kuwung, Kec Padarincang, 35 km dari Serang; tidak mengandung belerang dengan suhu 70-80 derajat Celcius

Pulau Sangiang »
Desa Cikoneng, Kec Anyer, di tengah Pulau Jawa dan Sumatera, bisa dikunjungi dengan naik perahu dari Pantai Manuk di Desa Cikoneng dalam satu jam.

Pulau Burung »
Sekitar 15 menit dengan perahu. Burung dari Asia, Afrika dan Australia datang untuk bertelur antara April - Agustus.

Tentang Tempat Wisata di Serang lainnya bisa dibaca di sini.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas