Curug Cihurang Bogor

Curug Cihurang Bogor adalah sebuah air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan jarak terdekat dari tepian jalan. Selain jaraknya relatif sangat dekat dari area parkir kendaraan, akses jalan untuk menuju ke curug juga mendatar dan sangat mudah untuk dilalui oleh pejalan, bahkan bagi orang yang sudah agak berumur sekalipun.

Begitu dekat dan mudahnya jalan, hampir tak perlu usaha berarti untuk bisa sampai ke lokasi. Selain itu, Curug Cihurang Gunung Bunder Bogor hanya berjarak 1 km saja dari pintu gerbang TNGHS. Jalan masuk ke curug ini berada sebelum lokasi parkir kendaraan untuk berkunjung ke Curug Ngumpet.

Tempat wisata alam ini mungkin bisa dipakai oleh pengunjung sebagai latihan dan pemanasan sebelum melihat curug lain yang lebih besar dan lebih jauh jaraknya. Akses ke curug lainnya pada umumnya jauh lebih panjang dan dengan medan yang lebih menantang. Namun demikian, semua curug di TNGHS menawarkan pengalaman yang berbeda dan tetap mengesankan.

curug cihurang bogor
Pemandangan pada gapura selamat datang yang menyambut pengunjung di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Gardu tempat pembayaran karcis masuk ke dalam kawasan taman nasional masih sekitar 100-an meter lagi dari gerbang, yang terlihat di latar belakang pada foto di atas.

Setelah melewati pintu gerbang maka akan segera terlihat pemandangan menghijau hutan muda buatan yang dikembangkan di dalam kawasan taman nasional yang sangat luas ini. Kawasan hutan itu tak hanya terlihat di sisi kiri kanan jalan sebelum sampai ke lokasi obyek wisata ini, namun terus akan terlihat di sepanjang jalan di dalam kawasan taman nasional.

Ada pesan Selamat Datang kepada pengunjung dan penjelasan ringkas tentang Curug Cihurang Bogor yang terlihat di pintu masuk curug di dekat area parkir kendaraan. Tiket per orang Curug Cihurang saat itu adalah masih Rp.2.000, dan jika ingin menggunakan tempat perkemahan maka pengunjung hanya membayar tambahan Rp.3.500 per orang per malam.

Pohon pinus kecil dengan daun-daun rimbun menyerupai rambut yang lebat terlihat elok menyambut pengunjung ke tempat liburan yang lumayan asik ini. Ada pula sebuah pohon pinus yang pada bagian tengah batangnya muncul semacam akar gundul tanpa daun yang terlihat unik. Akar itu tumbuh mencuat mendatar tegak lurus mengelilingi batangnya.

Curug Cihurang Bogor memiliki dua air terjun yang letaknya cukup berdekatan. Kedua air terjun itu hanya beberapa meter tingginya dengan debit air yang tidak begitu besar saat itu. Sebuah kolam cukup luas terlihat berada di dasar tebing rambatan air terjun. Luncuran untuk anak-anak juga disediakan di kolam penampungan curug ini.

Di sekitar lokasi air terjun terlihat beberapa buah bangunan saung sederhana yang bisa dipakai pengunjung untuk duduk beristirahat sejenak sambil menyantap bekal makanan dan menikmati segarnya udara gunung. Saung itu juga akan sangat bermanfaat untuk berteduh karena hujan yang sering turun di kawasan ini, terutama menjelang sore hari.

Tak jauh dari pinggir kali, sekelompok remaja terlihat asik mengobrol di area perkemahan yang sejuk. Udara yang bersih serta air sungai yang mengalir jernih di tepi perkemahan, membuat Curug Cihurang Bogor ideal untuk berkemah, terutama di akhir musim penghujan. Pakaian hangat perlu disiapkan karena udara malam sangat dingin dan berangin.

Jalanan ke arah wilayah Taman Nasional Gunung Halimun-Salak ini, dimana Curug Cihurang Bogor berada, bisa lumayan menantang pada saat akhir pekan atau hari libur. Itu karena beberapa bagian jalan yang cukup sempit untuk bisa berpapasan secara aman, dan para pengendara motor yang sering tidak sabaran pun kadang membuat situasi semakin buruk.

Meskipun perjalanan dari Jakarta cukup jauh, namun setelah berada di kawasan taman nasional anda akan lupa semua urusan jarak dan segera menikmati udara segar. Juga pemandangan hutan muda dan perbukitan membiru, air dingin jernih yang mengalir dari air terjun, dan semua pengalaman unik lainnya yang tak bisa anda peroleh di kota atau pun di Puncak.

Curug Cihurang Bogor

11 foto di sini. Alamat : Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor Kabupaten. Lokasi GPS : -6.687369, 106.688662, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 07.00 - 17.00. Harga tiket masuk: Rp. 2.500, gerbang TNGHS Rp. 7.000. Rujukan : Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.
Label : . Updated : September 07, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!