Foto Curug Cihurang

Pemandangan pada gapura selamat datang yang menyambut pengunjung di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Gardu tempat pembayaran karcis masuk ke dalam kawasan taman nasional masih sekitar 100-an meter lagi dari gerbang, yang terlihat di latar belakang pada foto di atas.



Pemandangan pada pesan Selamat Datang kepada pengunjung dan penjelasan ringkas tentang Curug Cihurang Bogor yang terlihat di pintu masuk curug di dekat area parkir kendaraan. Tiket per orang Curug Cihurang saat itu adalah masih Rp.2.000, dan jika ingin menggunakan tempat perkemahan maka pengunjung hanya membayar tambahan Rp.3.500 per orang per malam.



Panorama Curug Cihurang Bogor dengan dua air terjun yang letaknya cukup berdekatan. Kedua air terjun itu hanya beberapa meter tingginya dengan debit air yang tidak begitu besar saat itu. Sebuah kolam cukup luas terlihat berada di dasar tebing rambatan air terjun. Luncuran untuk anak-anak juga disediakan di kolam penampungan curug ini.



Tak jauh dari pinggir kali, sekelompok remaja terlihat asik mengobrol di area perkemahan yang sejuk. Udara yang bersih serta air sungai yang mengalir jernih di tepi perkemahan, membuat Curug Cihurang Bogor ideal untuk berkemah, terutama di akhir musim penghujan. Pakaian hangat perlu disiapkan karena udara malam sangat dingin dan berangin.



Setelah melewati pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak akan terlihat pemandangan menghijau hutan muda buatan yang dikembangkan di dalam kawasan taman nasional yang sangat luas ini, terlihat di tepi kiri jalan sebelum sampai ke lokasi Curug.



Pohon pinus kecil dengan daun-daun rimbun memanjang menyerupai rambut berwarna hijau segar terlihat elok menyambut pengunjung yang datang ke Curug Cihurang.



Sebuah pohon pinus dengan dahan menyerupai akar gundul tanpa daun yang terlihat unik, mencuat mendatar mengelilingi batang menjadi pemandangan menarik yang cukup menghibur dalam perjalanan menuju Curug Cihurang.



Luncuran plastik yang rendah dan aman juga tersedia di kolam penampungan Curug Cihurang yang akan membuat anak-anak betah bermain berlama-lama di tempat ini.



Di sekitar Curug Cihurang terlihat beberapa saung sederhana yang bisa dipakai pengunjung untuk duduk beristirahat sambil menyantap bekal makanan dan menikmati segarnya udara gunung.



Bunga terompet merupakan salah satu tanaman yang bisa dijumpai di sekitar kawasan Curug Cihurang, selain pohon pinus, dan beberapa pohon pegunungan lainnya.



Pohon pinus muda yang daun-daunnya masih elok dipandang mata. Jika sudah besar hampir semua bagian pohon pinus bisa dimanfaatkan. Batang diambil getah untuk diolah menjadi gondorukem (untuk sabun, resin dan cat) dan terpentin (untuk parfum, obat-obatan, dan desinfektan). Kayu untuk konstruksi, korek api, pulp, dan kertas serat panjang. Kulit sebagai bahan bakar dan abunya dipakai sebagai bahan campuran pupuk karena mengandung kalium.



Curug Cihurang Bogor

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.