Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Nama Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terdengar asing sampai saat hendak pergi berkunjung ke sana. Tidak pernah terlintas di pikir bahwa ada sumber air panas yang cukup baik, berjarak hanya sekitar 40 menit dengan berkendara dari tol keluar Serpong, Tangerang, sedikit ke luar Kota Jakarta.

Lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng berada di Desa Ciseeng, Parung, Bogor. Tidak jauh dari pinggiran Kota Jakarta. Ini penyakit rabun dekat, dimana tempat menarik yang dekat tempat tinggal acap kali tidak terlihat dan terabaikan sementara tempat-tempat jauh terlihat jelas dan sering dikejar. Tentu saya tidak sendirian dalam soal seperti ini.

Untuk menuju ke lokasi saya menggunakan tol JORR (Jalan Tol Lingkar Luar) dan kemudian keluar di pintu tol Serpong. Sampai pertigaan pertama mengambil belokan kanan ke arah Puspitek Serpong, mentok di pertigaan lalu belok kiri ke arah Parung. Di pasar Parung terus mengambil jalan lurus, sampai bertemu pompa bensin di sebelah kiri jalan. Beberapa meter dari SPBU sudah terlihat papan nama Tirta Sanita di sisi kiri jalan.

air panas tirta sanita ciseeng bogor
Pemandangan pada pintu masuk ke kompleks Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dengan loket pembayaran karcis masuk berada di sebelah kanan setelah gapura. Untuk masuk ke dalam area wisata ini, pengunjung dewasa saat itu perlu membayar Rp.5.000 per orang, dan Rp.6.000 pada akhir pekan, sedangkan anak hanya dikenakan tiket masuk Rp.3.500. Harga yang setiap tahun biasanya berubah.

Setelah melewati deret pohon Palm Raja yang anggun dan area bermain anak cukup luas di sisi sebelah kiri jalan, terlihat ada beberapa kios sederhana di sisi sebelah kanan yang menawarkan sejumlah koleksi ikan Cupang (Betta splendens). Ikan-ikan kecil yang cantik ini memiliki bentang sirip sangat lebar dengan warna-warni sungguh indah. Sejujurnya saya baru melihat dan mengetahui ada ikan elok semacam itu.

Di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ada bak rendam VIP yang sekali masuk hanya boleh untuk satu orang. Harap maklum bahwa pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng memang dilarang masuk berdua ke dalam bak rendam VIP ini, meski suami istri sekalipun. Hal yang baik untuk menghindari kesan buruk. Setiap pengunjung dianjurkan berendam selama sekitar 15-20 menit dalam air hangat yang mengandung belerang ini.

Pengunjung membayar lagi Rp.10.000 per orang untuk berendam dalam bak VIP ini. Air panas di tempat ini dipercaya bisa memperhalus serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Setelah selesai berendam di bak mandi, pengunjung akan mendapat sebotol air dingin untuk menyegarkan tenggorokan. Keran air tawar juga ada dalam kamar VIP ini, meskipun sebaiknya tidak dibilas selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil lebih baik. Penyakit kulit bisa sembuh, kulit lebih halus, jika berendam secara teratur.

Di kompleks ini ada pemandangan bukit kapur putih dengan tekstur indah, dimana awal sumber Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu mulai mengalir. Fasilitas untuk kegiatan outbound juga tersedia di sana, termasuk flying fox yang ada di ujung lintasan tali panjat, dengan biaya Rp.25.000 per orang. Puncak bukit kapur bisa diakses melalui jalan setapak untuk mendapatkan posisi pandang ke seluruh lokasi pemandian dan melihat kolam air panas kecil di atas sana.

Selesai mandi saya berjalan menuju bukit kapur itu. Beberapa pohon besar dengan daun sangat lebat di perbukitan kapur cukup mampu melindungi pengunjung dari panas matahari. Warung makan sederhana berjejer di sekitar pepohonan, dan terdapat pula restoran cukup nyaman di bagian tengah area Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pada pinggang bukit juga terdapat aula kecil tempat bermain bagi anak-anak. Setiap akhir pekan pengunjung juga terhibur oleh pertunjukan musik, kebanyakan dangdut dan pop.

Saya mengagumi pemandangan pada batuan kapur, dengan tekstur unik yang terbentuk secara alami selama bertahun-tahun karena aliran air panas mengandung belerang dan mineral lainnya. Tempat yang saya kunjungi belakangan itu bukan pada lokasi utama Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, namun di perbukitan di seberangnya, dipisahkan oleh tempat parkir kendaraan.

Di atas area parkir itu, dengan mendaki bukit melalui jalan setapak yang sederhana, di sanalah letak pemandian air panas terbuka dengan ukuran lebih kecil. Tempat ini baru saya temukan pada kunjungan kedua. Tiket masuk lebih murah, dan tanpa ketentuan waktu berendam sebagaimana berlaku di lokasi utama. Jika anda ingin berlama-lama berendam air panas berbelerang dengan biaya murah, maka pemandian bak terbuka di perbukitan ini bisa menjadi pilihan, sebelum atau setelah berkunjung ke pemandian air panas utama. Anda bisa juga mencicipi Soto Mie di area parkir. Carilah warung sederhana terdekat loket masuk. Lezat!

Meskipun area tempat parkir di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng tersedia sangat luas, namun pada akhir pekan serta hari libur nasional area parkir ini bisa saja sangat padat. Mungkin anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mendapatkan tempat jika datang terlalu siang, karena banyak orang akan berkunjung ke tempat ini.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

40 foto di sini. Alamat : Desa Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor Kabupaten. Telp 0251-8542551, Fax. 0251-8542550. Lokasi GPS : -6.431241, 106.694972, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 07.00 - 20.00. Harga tiket masuk : Rp.6.000. Rujukan : Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.