Foto Air Panas Tirta Sanita

Pemandangan pada pintu masuk ke kompleks Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dengan loket pembayaran karcis masuk berada di sebelah kanan setelah gapura. Untuk masuk ke dalam area wisata ini, pengunjung dewasa saat itu perlu membayar Rp.5.000 per orang, dan Rp.6.000 pada akhir pekan, sedangkan anak hanya dikenakan tiket masuk Rp.3.500. Harga yang setiap tahun biasanya berubah.



Di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ada bak rendam VIP yang sekali masuk hanya boleh untuk satu orang. Harap maklum bahwa pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng memang dilarang masuk berdua ke dalam bak rendam VIP ini, meski suami istri sekalipun. Hal yang baik untuk menghindari kesan buruk. Setiap pengunjung dianjurkan berendam selama sekitar 15-20 menit dalam air hangat yang mengandung belerang ini.



Pemandangan pada bukit kapur putih dengan tekstur indah, dimana awal sumber Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu mulai mengalir. Fasilitas untuk kegiatan outbound juga tersedia di sana, termasuk flying fox yang ada di ujung lintasan tali panjat, dengan biaya Rp.25.000 per orang. Puncak bukit kapur bisa diakses melalui jalan setapak untuk mendapatkan posisi pandang ke seluruh lokasi pemandian dan melihat kolam air panas kecil di atas sana.



Pemandangan pada batuan kapur, dengan tekstur unik yang terbentuk secara alami selama bertahun-tahun karena aliran air panas mengandung belerang dan mineral lainnya. Tempat yang terlihat pada foto ini bukan pada lokasi utama Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, namun di perbukitan di seberangnya, dipisahkan oleh tempat parkir kendaraan.



Sebuah kolam berbentuk setengah lingkaran untuk menampung aliran dari pemandian air panas di bukit kapur Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ini, sebelum akhirnya luber dan turun ke lembah.



Lembah Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng di sisi kaki bukit yang berlawanan dengan sisi jalan naik, terlihat berwarna kekuningan karena aliran air panas yang mengandung belerang selama jangka waktu lama. Di samping sebelah kanan kolam kehijauan ini terdapat jalan setapak berlapis kapur yang tidak licin untuk pengunjung yang ingin turun ke lembah. Jalan ini biasa digunakan oleh penduduk untuk pergi pulang dari rumah ke sawah mereka yang terlihat berada di kejauhan, atau pergi mengambil kayu di kebun.



Beberapa pengunjung tampak tengah menikmati hangatnya air dan segarnya suasana di sebuah bak terbuka sederhana yang terletak di tengah bukit Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu.



Meskipun sangat sederhana dan terbuka, namun suasananya terlihat menyenangkan karena bisa sambil asik ngobrol bersama teman, atau pun dengan orang yang baru saja bertemu di bak saat itu.



Di tebing sebelah kiri bak pemandian terbuka Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terdapat sebuah cekungan yang menyerupai mulut gua. Namun gua ini letaknya agak tinggi dari permukaan tanah, tertutup semak-semak, dan tidak ada tangga menuju ke bibir gua itu.



Meskipun tempat parkir Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng tersedia sangat luas, namun akhir minggu serta hari libur area parkir akan sangat padat dan sedikit sulit untuk mendapatkan tempat jika datang terlalu siang, karena banyak orang akan berkunjung ke tempat ini.



Lorong teras di depan kamar rendam VIP dengan tempat duduk kayu untuk menunggu antrian bagi yang datang belakangan. Meskipun sudah memerlukan perawatan, namun bathtub rendam pada umumnya masih dalam kondisi yang cukup baik.



Jembatan beton yang meliuk diantara kolam, diambil dari area kolam rendam air panas. Salah satu permainan oitbound tampak di sebelah kiri atas, dan di ujung sana ada sebuah gazebo.



Seorang petugas tampak sedang bekerja dengan latar undakan ke arah perbukitan. Di sebelah kanan terdapat jaring dan jembatan tali untuk permainan outbound yang cukup menarik, dangan batuan unik keputihan sebagai latar.



Ada banyak alasan orang pergi ke Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, selain berendam air panas. Ada permainan outbound, flying fox, treking, menemani anak bermain, menikmati kuliner di pelataran parkir, atau sekadar bersantai.



Beberapa orang pengunjung tampak tengah melintas di dekat bukit batu kapur. Pemandangan dengan kombinasi cantik yang tersusun dari lembah hijau, perbukitan dengan kontur unik, pohon besar rimbun, serta area permainan.



Teratai berwarna merah dadu yang tumbuh pada kolam Pemandian Air Panas Tirta Sanita membuat pemandangan menjadi lebih memikat.



Selain memberi keindahan dengan bunganya yang cantik, daunnya yang lebar memberi tempat berlindung bagi ikan dan satwa air lainnya. Karena keindahannya, teratai sering digambarkan sebagai tempat duduk dewata dan orang suci.



Teratai adalah tumbuhan air yang memiliki perangai aneh, karena warna bunganya akan semakin cemerlang dan terang bial berada di tempat yang sangat berlumpur.



Lintas jalan untuk menuju ke kamar rendam VIP yang melewati kolam-kolam dengan pemandangan pegunungan kapur di sisi kanan yang indah. Peralatan permainan outbound menambah cantik pemandangan di sana.



Bagian atas bukit kapur ini berbentuk menyerupai stupa atau lonceng raksasa. Cantik.



Gundukan bukit kapur yang terbentuk selama bertahun-tahun dan berwarna keputihan sehingga menyerupai puncak sebuah gunung bersalju. Perbukitan ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata menarik di kawasan Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng.



Pohon tua dengan tanaman rambat di sepanjang batangnya menjadikannya terlihat seperti berjenggot. Pemandangan pepohonan tua rimbun seperti ini memberi suasana tersendiri di kawasan wisata ini.



Aliran air kapur yang mengendap dan membeku serta menumpuk selama bertahun-tahun membentuk tekstur permukaan yang sangat indah di beberapa tempat di perbukitan pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng.



Dinding perbukitan Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang menyerupai sisik ular, atau susunan kepingan uang logam, memberi pemandangan unik dan memikat bagi pengunjung.



Lelehan air kapur yang membeku melewati tonjolan batu membuatnya terlihat seperti atap yang bertingkat. Jika di dalam gua bisa membentuk stalaktit yang indah.



Tebing perbukitan di kompleks pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang dirambati akar-akar pepohonan berusia puluhan tahun, selain memberi pemandangan unik, juga menjadi pelindung bagi tebing agar tidak mudah longsor.



Pohon tua berdaun rimbun dan berdahan besar yang dirambati lumut dan tumbuhan paku-pakuan, selain memberi keteduhan bagi pengunjung juga menyajikan pemandangan yang menarik.



Puncak bukit kapur bisa diakses melalui lintasan tangga untuk mendapatkan posisi pandang ke seluruh lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng layaknya seekor burung, juga bisa menemukan kolam air panas kecil.



Perbukitan di kawasan Air Panas Tirta Sanita Ciseeng menjadi teduh dengan adanya sejumlah pohon tua yang besar rimbun seperti ini. Membuat orang lebih betah menikmati suasana sekitar.



Tumbuhan paku-pakuan yang sangat lebat dan subur pada batang pohon tua itu seolah menjadi hutan paku-pakuan tersendiri yang menyajikan pemandangan indah.



Susunan dedauan pada ketinggian pohon tua di perbukitan Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang membentuk mosaik indah melengkapi lebatnya paku-pakuan dan lumut.



Tengara petunjuk arah di dalam kompleks Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang menunjukkan beberapa fasilitas yang ada di sana.



Tengara nama Hot Springs Tirta Sanita yang berada pada area yang mengarah ke perbukitan kapur dimana terdapat saung dan pepohonan yang tua dan rimbun.



Beberapa kios sederhana menawarkan koleksi ikan Cupang (Betta splendens). Ikan-ikan cantik ini memiliki bentang sirip sangat lebar dengan warna-warni sungguh indah. Sejujurnya saya baru melihat dan mengetahui ada ikan semacam itu!



Ikan-ikan cupang ini di tempatkan dalam botol-botol yang siap dibawa setelah ada kesepakatan harga. Botol ini bisa sekaligus menjadi aquarium sementara belum ada tempat yang memadai untuk ikan yang elok ini.



Deretan kios sederhana di bagian depan sebelah kanan yang menawarkan koleksi ikan Cupang (Betta splendens) sangat indah yang dimasukkan ke dalam botol-botol.



Selain lapak ikan cupang, area yang kosong juga dimanfaatkan untuk menanam tanaman hias dalam pot, hanya saja terlihat belum terlalu banyak variasinya dan belum ditata dengan baik.



Area bermain anak-anak yang lokasinya berada di bagian depan Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, dekat dengan gerbang masuk / loket pembayaran.



Area di jalan masuk menuju ke air panas yang diteduhi pepohonan dengan dedaunan yang rimbun. Berjalan berkeliling di area yang cukup luas ini bisa menjadi olah raga tersendiri, seraya menikmati pemandangan sekeliling.



Deret Palm Raja ini menyambut pengunjung setelah membayar tiket masuk di sebelah gerbang depan. Di sebelah kiri adalah arena bermain anak. Panggung hiburan juga ada di sekitar area ini. Secara umum kawasan wisata Air Panas Tirta Sanita menawarkan beragam daya tarik selain air panasnya sendiri. Meskipun demikian tampaknya masih diperlukan perbaikan di sana-sini agar pengunjung mendapatkan kesan yang baik dan memuaskan saat berada di sana.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.