Foto Lenggang Jakarta

Tengara nama Lenggang Jakarta Monas yang dibuat sangat baik dan menarik, dengan logo sponsor di bawahnya, dan ornamen yang biasanya menghias kepala ondel-ondel Betawi di bagian tengah atasnya. Tagline 'Food & Culture Park' terlihat di atas kiri logo. Pintu masuknya ada di dekat jalan raya, sehingga pengunjung harus berjalan balik ke sana setelah parkir, jika pintu tembus tidak dibuka.



Suasana di kawasan Lenggang Jakarta Monas sangat hidup, dengan tenda-tenda yang sudah mulai kusam oleh sebab sudah berumur dua tahun lebih sejak tempat ini dibuka untuk umum. Keberadaan sejumlah pohon peneduh bisa agak membantu jika langit sedang bersih, namun saat kami di sana matahari tengah bersembunyi di balik awan kelabu. Selayaknya pasar, menawar adalah wajib jika hendak berbelanja di sini.



Mainan anak bisa dijumpai di Lenggang Jakarta Monas. Moga-moga saja disediakan pula tempat bermain gratis di sana. Karena tempatnya terbuka, tempat bermainnya bergantung pada cuaca.



Rumah Betawi di kawasan Lenggang Jakarta bertulis "Betawi Store", yang seolah dijaga sepasang ondel-ondel. Ada penjual kerak telor dan makanan Betawi di tempat ini.



Kerak Telor, jajanan khas Betawi bisa dijumpai di sejumlah titik di Lenggang Jakarta, hanya saja saya tak melihat lokasi penjualan bir plethok. Es kelapa muda juga mudah dijumpai di sana, selain gorengan tentunya.



Suasana di area kantin yang cukup luas, dengan lapak-lapak penjual makanan minuman. Bukan hanya makanan Betawi, makanan khas asal berbagai daerah juga bisa dijumpai di Lenggang Jakarta.



Ayunan perahu naga dalam ukuran mini di Lenggang Jakarta, berpeneduh pepohonan. Cukup banyak mainan anak di tempat ini, hanya saja memang tak begitu menarik bagi anak kalangan menengah, apalagi anak kalangan atas.



Komidi putar mini di area bermain anak Lenggang Jakarta. Sebenarnya mungkin hanya perlu pengaturan dengan desain tertentu agar mainan anak di Lenggang Jakarta itu bisa menarik buat anak-anak dari semua kalangan.



Berbagai barang dagangan untuk memenuhi berbagai keinginan dan kebutuhan bisa ditemukan di Lenggang Jakarta.



Pepohonan yang cukup banyak di area Lenggang Jakarta, serta tersedianya lorong penghubung yang diberi atap, sangat membantu dalam memberi kenyamanan bagi pengunjung. Jika merasa haus, vending machine yang menjual minuman dingin dalam kaleng juga bisa dijumpai di sana.


Meskipun terlihat ada sampah di sana sini, namun kondisi secara keseluruhan di area Lenggang Jakarta bisa dikatakan cukup bersih dan rapih, meski masih bisa jauh lebih baik lagi.



Pandangan ke arah area Lenggang Jakarta pada lintasan yang memunggungi Jalan Simpang Monas Barat Daya, dekat tempat mangkal Kereta Wisata Monas.



Area food court Lenggang Jakarta ini meski tidak bisa dikatakan sangat nyaman, namun cukup memadai dengan lantai yang rata, dan beratap.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.