Foto Waduk Mrica 1

Sebuah perahu melintas di atas Waduk Mrica. Naik perahu adalah salah satu kegiatan wisata yang bisa dilakukan oleh pengunjung, selain menikmati panorama waduk, memancing, makan minum di warung dengan menu khas Banjarnegara seperti es dawet dan serabi, melihat pertunjukan di panggung hiburan jika ada, dan anak-anak bisa bermain di taman bermain.

waduk mrica banjarnegara

Undakan dari jalanan di tepian waduk menuju ke dermaga perahu wisata. Di sebelah kiri undakan adalah bangunan penjualan karcis perahu serta area tunggu. Sedangkan di ujung kanan ada anak tangga untuk turun ke tepian air. Di atas undakan ini ada beberapa buah gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai dan berteduh dari hujan dan panas.

waduk mrica banjarnegara
Kami berhenti di sebuah jembatan dalam perjalanan menuju Purbalingga setelah meninggalkan area waduk lewat jalur alternatif. Jembatan ini menarik karena membentang di atas sungai yang cukup lebar, hanya saja debit airnya sangat kecil, bahkan nyaris tidak mengalir.

waduk mrica banjarnegara

Sisi kiri Waduk Mrica dengan permukaan air waduk yang terlihat tenang. Di belakang peralatan berwarna kuning di ujung sana adalah bentang bendungan yang punggungnya saya lihat dari pinggir jembatan.

waduk mrica banjarnegara

Dua bangunan dengan dek disangga kaki-kaki besi berwarna kuning tampaknya merupakan menara kontrol Waduk Mrica. Tak terlihat ada orang di menara yang tampak sudah menua itu.

waduk mrica banjarnegara

Dengan lensa tele saya bisa melihat di ujung sana, berjejer di pinggiran waduk, ada delapn orang tengah duduk mencangkung memegang tali pancing, sementara dua orang mengawasi mereka dari bibir atas bendungan.

waduk mrica banjarnegara

Struktur seperti jembatan terlihat berada di sisi kiri Waduk Mrica. Di bawahnya terdapat tali yang mengikat pelampung yang memisahkan tepian bendungan dengan bagian lainnya.

waduk mrica banjarnegara

Pelampung yang masing-masing terbuat dari dua buah drum itu tak begitu jelas fungsinya untuk apa. Sekadar penanda atau kah pengikat jaring ikan. Sementara di belakang sana setidaknya ada tujuh orang pemancing, sebagian memakai payung.

waduk mrica banjarnegara

Sebatang pohon beringin besar menjadi peneduh dan sekaligus pemandangan menarik bagi pengunjung, di lingkungan yang terlihat kurang terjaga kebersihannya.

waduk mrica banjarnegara

Candi bentar menjadi gerbang bagi undakan yang cukup tinggi, menghubungkan area parkir di bagian atas dengan jalanan di tepian Waduk Mrica.

waduk mrica banjarnegara

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.