Foto Waduk Mrica 2

Air Waduk Mrica yang tenang dilihat dari area di bagian atas. Air yang tenang kadang memiliki arus bawah yang kuat, dan kedalaman airnya pun susah untuk diperkirakan. Dua buah sampan tampak kosong tanpa penunggu.

waduk mrica banjarnegara

Undakan dari jalanan di tepian waduk menuju ke dermaga perahu wisata. Di sebelah kiri adalah bangunan penjualan karcis perahu serta area tunggu. Sedangkan di ujung kiri kanan ada anak tangga ke tepian air.

waduk mrica banjarnegara

Loket perahu wisata dan area tunggu di sisi kiri dermaga. Ada dua undakan ke bawah untuk naik ke perahu wisata di sisi ini. Peringatan bahaya untuk tidak mencebur ke dalam air waduk juga ada di ujung sana.

waduk mrica banjarnegara

Undakan tanpa gapura candi bentar yang ada di sisi lain waduk. Rumput yang mengering menandai hujan sudah lama tidak turun di tempat ini, membuat pandangan terlihat kering dan gersang, meski tertolong dengan pepohonan yang cukup banyak.

waduk mrica banjarnegara

Sebuah gazebo di bawah pohon beringin tua yang sangat besar. Area yang sangat luas d tepian Waduk Cirata ini tampak kurang terawat, mungkin karena jumlah petugas kebersihan yang kurang mencukupi.

waduk mrica banjarnegara

Batang sungai di sisi kanan jembatan yang airnya nyaris kering. Saat itu memang bulan September, di ujung musim kering, sehingga Waduk Mrica tampaknya tak punya lebihan air untuk disalurkan lewat sungai ini.

waduk mrica banjarnegara

Sebuah kedung sungai yang airnya berwarna kehijauan. Mungkin karena air di kedung ini sudah lama berhenti tidak mengalir sehingga lumut tumbuh subur di sana.

waduk mrica banjarnegara

Tengara Waduk Mrica pada lereng bendungan terlihat di ujung sana, berbunyi "Bendungan PLTA Panglima Besar Sudirman", hanya saja huruf "PLTA" tertutup oleh pepohonan di sebelah kiri. Air sungai juga terlihat tidak mengalir di sisi ini.

waduk mrica banjarnegara

Pemandangan pada sisi luar jembatan, memperlihatkan struktur dan beton penyangga jembatan yang menarik untuk dilihat. Lalu lintas di jalan alternatif ini tak begitu ramai.

waduk mrica banjarnegara

Waduk Mrica Banjarnegara yang terlihat tenang permukaan airnya. Namun demikian ketenangan itu bisa menghanyutkan karena proses pendangkalan yang luar biasa besar dan bisa membahayakan jika tidak segera ditangani dengan baik.

waduk mrica banjarnegara

Tepian Waduk Mrica yang relatif agak curam dengan sampah dedaunan yang mulai mengering saat mendiang Rohadi mengambil foto dengan ponselnya.

waduk mrica banjarnegara

Sepanjang yang saya amati tidak ada budidaya ikan di area Waduk Mrica, setidaknya di tempat yang yang kami kunjungi tak terlihat sama sekali adanya karamba. Entah di sisi waduk lain yang dekat dengan permukiman warga.

waduk mrica banjarnegara

Area dermaga kembar di Waduk Mrica yang bisa mempercepat proses naik turunnya pengunjung yang hendak naik atau hendak turun dari perahu wisata.

waduk mrica banjarnegara

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.