Banyuwangi, Cafe, Jawa Timur

Osing Deles Banyuwangi

Osing Deles sering disebut sebagai pusat oleh-oleh di Banyuwangi, namun bukan hanya itu. Di Osing Deles Anda juga bisa bersantap, berbincang dan bersantai di cafe & resto sambil mendengarkan gelar musik langsung, serta menikmati pemandangan Banyuwangi.

Osing Deles menggunakan bangunan bertingkat dengan lantai pertama sebagai toko penjualan suvenir dan berbagai kerajinan tangan masyarakat Banyuwangi, lantai 2 dan 3 untuk resto dan cafe dengan panggung gelaran musik langsung dengan pemandangan Gunung Ijen.

Yang menarik di tempat ini, selain namanya yang terdengar eksotis, Osing (n)Deles artinya Osing banget, di luar toko ada spot foto becak mini dan tulisan lucu, rancang interior vintage artistik dengan pajangan sepeda onthel antik, furnitur kayu trembesi dengan kursi sandaran stang sepeda, dan langit-langit ruangan yang dihias tebaran caping.

Osing DelesPenampakan depan Osing Deles Banyuwangi

Tempatnya memang tidak terlalu besar, sehingga bisa terasa agak sesak ketika ada beberapa bus datang secara bersamaan membawa rombongan pengunjung yang lumayan banyak. Nah, jika menghadapi situasi demikian, lebih baik naik ke lantai atas dulu untuk bersantap atau menikmati minuman sebelum berbelanja.

Sayangnya tidak tersedia lift atau eskalator untuk naik ke lantai atas, yang membuat para sepuh akan kerepotan untuk menapaki anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak. Lagi pula biasanya orang membeli oleh-oleh ketika sudah hendak pulang, sehingga energi mereka pun umumnya sudah banyak terkuras mengunjungi tempat-tempat wisata di seputaran Banyuwangi.

Untuk buah tangan keluarga, tetangga dan teman kantor, ada pilihan mulai dari gantungan kunci, kerajinan tangan lokal, topi, kaos khas Osing Deles, batik, baju adat Banyuwangi, syal, udeng motif Gajah Oling, cardigan, kopi giling khas lokal, serta jajanan lainnya. Harga jajanan relatif murah, harga kaosnya di kisaran menengah, dan meski harga batiknya lumayan mahal namun kualitasnya juga baik.

Pajangan kain batik dan tenunOsing DelesKerajinan tangan UMKM lokalOsing DelesKasir yang menerima pembayaran tunai dan non-tunaiOsing Deles

Osing Deles bisa menjadi pilihan untuk nongkrong di malam hari, baik untuk bersantap malam atau sekadar ngopi rasa khas Banyuwangi dan mengudap jajanan sambil menikmati penampilan musik langsung dengan pemusik lokal yang disebut bukan kaleng-kaleng oleh seorang pengunjung yang telah pernah menyaksikannya.

Lokasi Osing Deles cukup dekat dengan pusat kota Banyuwangi, yaitu sekitar 3,5 km dari Alun-Alun, 1,6 km dari Hotel Santika, 2,2 km dari Aston Hotel, 1,9 km dari Roxy Supermarket, 1,2 km dari Kantor Bupati Banyuwangi, dan 3,7 km dari Stasiun Kereta Api Banyuwangi.

Osing DelesOsing DelesOsing DelesOsing DelesOsing DelesOsing DelesOsing Deles

Jika bingung mau membeli jajanan apa, maka Anda bisa mencicipi contoh dari beberapa cemilan yang rasanya khas dan masih baru dibuat. Ada bagiak, bolu kluwuk, pia, rumput laut, kripik pare, dsb. Jika belanjaan cukup banyak, bisa minta dipak dalam dus untuk dibawa atau langsung kirim via JNE ke rumah atau kantor.

Untuk parkir kendaraan, baik bus, mobil dan motor, belum ada tempat khusus sehingga harus parkir di bahu jalan. Fasilitas lain yang disediakan adalah wifi, mushola dan toilet yang bersih. Tempat cuci tangan juga tersedia di banyak tempat. Ada pula kopi dan teh gratis di bagian depan buat bapak-bapak yang nunggu keluarganya belanja.

Osing Deles

Alamat: Jl. KH Agus Salim No.12A, Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416. Lokasi GPS: Google Maps, Waze. Jam buka: pukul 08.00 - 22.00.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Desember 03, 2022.