Air Terjun, Banyumas, Baturraden

Curug Telu

Curug Telu yang dikelola oleh Pokdarwis Tirta Kamulyan lokasinya berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, berjarak sekitar 2,4 km dari area Wanawisata Baturraden arah ke Timur lalu belok ke arah Selatan.

Jika hendak langsung berkunjung ke sana dari arah Purwokerto, maka sekitar 550 meter sebelum gerbang pertama Lokawisata Baturraden Anda mengambil simpang jalan ke kanan lalu ikuti petunjuk arah yang ada tepi jalan.

Untuk menuju ke Curug Telu pengunjung bisa naik kendaraan pribadi, baik yang roda dua maupun roda empat melewati jalan yang relatif mulus walau berkelok dan naik turun oleh karena melintasi jalan wisata yang berada di pinggang Gunung Slamet.

Curug Telu

Dari area parkir masih dibutuhkan waktu sekitar 15 menit melewati jalan setapak menurun yang telah dibuatkan undakan permanen sejumlah 360-an anak undakan untuk sampai di area air terjun. Sesuai namanya air terjunnya berjumlah tiga buah, bahkan lebih jika dihitung yang debit airnya lebih kecil.

Ketiga air terjun di Curug Telu yang masing-masing tingginya sekitar 50 meter ini merupakan bagian dari Kali Kisapin, Kali Buntu dan Kali Pelus. Yang disebut terakhir melintas Dukuh Kedung Paruk dan alirannya yang deras telah mengikis dan meruntuhkan tebing dukuh itu hingga puluhan meter jauhnya.

Disamping curug ini ada sejumlah gua yang di jaman perang digunakan oleh penduduk Desa Karangsalam dan sekitarnya untuk bersembunyi dari patroli tentara kolonial.

Selain ada cukup banyak tempat untuk berenang dan menyelam, tempat wisata alam dengan udara pegunungan segar ini juga menyediakan toilet dan warung yang menyediakan makanan minuman, dimana pengunjung juga bisa pula berganti pakaian jika hendak berenang atau berendam di sungai.

Untuk menjaga keselamatan, para pengunjung tidak diperbolehkan berenang di bawah air terjun terbesar di Curug Telu agar terhindar dari resiko tenggelam atau tertimpa benda yang jatuh dari atas. Pengunjung juga hendaknya juga tidak berenang ketika hujan turun karena air bah bisa datang menerjang setiap saat.

Foto Curug Telu bisa dilihat di Google reviews.

Curug Telu

Lokasi: Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Lokasi GPS: Google Maps, Waze. Harga tiket masuk: Rp7.000 per orang, parkir Rp2.000 (2021). Jam buka: 07.00 - 16.00. Hotel di Purwokerto, Hotel di Baturraden, Tempat Wisata di Banyumas, Tempat Wisata Kuliner Banyumas, Peta Wisata Banyumas.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Maret 30, 2022.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.