Android

10 Aplikasi Penting Buat Ponsel Android Mu

Aplikasi penting buat ponsel Android mu (kamu) ini perlu oleh karena Android merupakan salah satu OS (operating system) terbesar yang digunakan para pengguna ponsel di seluruh dunia. Oleh sebab itu bisa dimaklumi jika ada jutaan aplikasi Android di pasaran dan masih akan terus bermunculan lagi di hari-hari mendatang.

Sejarah Android dimulai pada tahun 2003 sebagai satu proyek dari sebuah perusahaan teknologi di Amerika Serikat bernama Android Inc., yang bertujuan untuk mengembangkan sistem operasi bagi kamera digital. Pada tahun 2004 proyek tersebut berubah menjadi sistem operasi untuk smartphone, dan Android dibeli oleh Google pada tahun 2005.

Tulisan ini merangkum sejumlah aplikasi Android penting yang akan sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari. Ini selain aplikasi yang sudah sangat populer dan hampir semua orang telah memakainya, yaitu seperti Facebook, Twitter, TikTok, Gojek, Ovo, LinkAja, Tokopedia, Instagram, WhatsApp, Messenger, Telegram, Line, Discord, Waze, YouTube, dll.

Mari kita lihat apa saja aplikasi penting buat ponsel Android, yang perlu mu miliki.

1. aWallet Password Manager

Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk secara aman menyimpan seluruh username dan password yang kita miliki, termasuk informasi tentang kartu kredit, e-banking, akun web dan data penting dan sensitif lainnya.

Semua data terenkripsi, menggunakan AES dan algoritma Blowfish dengan ukuran key 256, 192, dan 128 bits. Dan juga mendukung Triple DES dengan ukuran key 168 dan 112 bits. Dengan aplikasi ini, mu tak akan pusing lagi untuk mengingat password rumit dari setiap akun yang berbeda.


2. AVG AntiVirus

Meskipun biasanya sudah ada antivirus bawaan ponsel, namun tak ada salahnya jika mu pasang AVG Antivirus yang menawarkan berbagai cara untuk melindungi ponsel dari serangan malware seperti App Lock, Photo Value, WiFi security, ijin aplikasi, peringatan peretasan, dll.

Dengan aplikasi ini, mu bisa mengunci aplikasi apa pun dengan kode PIN, menyembunyikan foto, menghentikan aplikasi yang memperlambat ponsel, memindai aplikasi dan game dan banyak lagi fitur lainnya.


3. VN Video Editor Maker

VN merupakan favorit ku untuk Editor Video HD yang GRATIS dan Pembuat Video dengan Semua Fitur Pro. VN memungkinkan mu untuk menjadi editor video yang handal.

Aplikasi ini mudah digunakan, namun kemampuannya tak kalah dengan editor desktop, dan tak ada pula watermark, tidak sebagaimana video editor lain dengan kemampuan yang kurang lebih sama. VN cocok untuk pengguna pemula maupun profesional.


4. ReadEra

ReadEra adalah pembaca buku gratis yang memungkinkan mu membaca buku secara offline dalam format PDF, EPUB, Microsoft Word (DOC, DOCX, RTF), Kindle (MOBI, AZW3), DJVU, FB2, TXT, ODT, dan CHM.

Mu bisa membaca buku tanpa diganggu iklan dan tidak perlu mendaftar atau login, sepenuhnya gratis tanpa batas waktu, dan bisa mendeteksi secara otomatis seluruh buku dan dokumen yang ada di ponsel mu.


5. Google Translate

Eits, tunggu dulu! Jika dikombinasi dengan ReadEra, Google Translate di ponsel Android mu akan sangat membantu untuk menterjemahkan kata atau ekspresi apa saja pada buku yang mu sedang baca. Ini tentu akan sangat menghemat waktu, dan sangat praktis pula.

Cara pakainya sangat mudah, tekan kata atau paduan kata yang hendak diterjemahkan hingga tersorot, klik titik tiga tegak, dan klik 'TRANSLATE', maka terjemahan katanya akan muncul di layar tanpa perlu meninggalkan aplikasi ReadEra yang masih tetap terbuka. Praktis bukan?


6. XRecorder

XRecorder adalah aplikasi screen video recorder yang sangat bermanfaat bagi para gamer yang hendak merekam apa saja yang muncul di layar, termasuk suara dan wajah, ketika mereka sedang memainkan sebuah game di ponsel Android-nya.

Keunggulan aplikasi gratis ini adalah tidak ada watermark, tidak perlu rooting, dan tak ada batas waktu rekam. Selain itu mu bisa memilih kualitas video, frame rate, portrait atau landscape, dan opsi lainnya, termasuk menghentikan perekaman dengan cara menggoyang ponsel.


7. Multi Timer StopWatch

Aplikasi di ponsel Android ini sangat bermanfaat buat gamer maupun buat ayah ibu yang gemar memasak di rumah, sambil melakukan kegiatan lain dalam waktu yang bersamaan.

Para gamer misalnya bisa memasang timer kapan melakukan Raids setelah energi yang dibutuhkan terkumpul dalam jumlah cukup, agar tak terdahului oleh pemain lain. Sedangkan ayah dan ibu yang gemar memasak bisa memasang timer untuk 2 atau lebih kegiatan yang berbeda. Tak ada lagi masakan gosong.


8. GPS Status

Sangat berguna bagi para pejalan yang ingin menandai lokasi di mana saja mereka telah pernah pergi. Tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan posisi GPS, tak pula perlu bingung di mana mobil diparkir.

GPS Status & Toolbox GPS menampilkan semua data GPS dan sensor yang mu ingin ketahui, seperti posisi dan kekuatan sinyal satelit, akurasi data GPS, kecepatan, akselerasi, ketinggian, status baterai, dll.

Ada pula kompas dengan magnet dan arah utara yang benar, alat leveling, titik arah untuk menandai atau membagikan lokasi mu dan navigasikan kembali nanti.


9. Al-Qur'an Indonesia

Dengan aplikasi ini mu bisa membaca Al-Qur'an berikut terjemahannya di mana saja, seperti membaca surat Yasin sewaktu layat kematian atau sedang ziarah kubur. Ayat terahhir yang dibaca bisa pula ditandai, yang mempermudah jika mu sedang hendak mengkhatamkan Al-Qur'an.

Dilengkapi pula dengan Jadwal Sholat yang secara otomatis menyesuaikan dengan lokasi dimana saat ini mu sedang berada (dengan mengaktifkan 'location'), dan pengingat masuk waktu sholat, baik dalam bentuk suara azan penuh atau potongannya, atau dalam bentuk notifikasi standar.


10. TTDownloader

Jika senang dan sering mengunduh video TikTok, maka aplikasi gratis ini mungkin mu perlukan, karena bisa mengunduh VT tanpa watermark.

Untuk menggunakan, mu tidak perlu login, dan hanya dalam beberapa langkah saja unduhan mu akan dimulai secara otomatis. Sangat mudah dan cepat.


Itulah 10 Aplikasi Penting Buat Ponsel Android mu yang juga sudah cukup lama saya gunakan. Jika mu punya aplikasi Android favorit, sila tulis komentar.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Desember 08, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.