Tanjung Mutiara Tanah Datar Sumatera Barat

June 18, 2020. Label:
Lokasi tempat wisata Tanjung Mutiara Tanah Datar berada di Nagari Batutaba, Kecamatan Batipuh Selatan, berjarak sekitar 30 km dari Kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Lokasi Tanjung Mutiara cukup mudah dikunjungi oleh para pelancoong karena berada di jalur Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Bukittinggi/Padang Panjang dengan wilayah Solok.

Berbeda dengan umumnya daerah pesisir yang berada di tepian laut, kawasan wisata Tanjung Mutiara berada di bibir Danau Singkarak, sehingga merupakan tempat yang strategis untuk menikmati panorama danau, baik dari tepiannya maupun dari atas danau dengan naik perahu tradisional sewaan.

Tanjung Mutiara Tanah Datar Sumatera Barat

Bagi yang hendak berenang di danau di sana disediakan penyewaan ban dan sepeda air. Di tempat ini pengunjung juga bisa menjajal renyahnya ikan bilih yang hanya hidup di Danau Singkarak serta menikmati kerang kecil atau pensi di warung-warung makan yang ada di sana.

Meskipun fasilitasnya masih terbatas, namun di sana sudah tersedia toilet, musholla, dan tempat parkir luas. Menjelang puasa biasanya tempat ini dipadati ratusan warga Tanah Datar untuk melakukan tradisi balimau atau mandi menyucikan diri sebelum dimulainya puasa.


Tanjung Mutiara

Alamat: Taman Wisata, Jorong Mutiara, Batu Taba, Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Lokasi GPS: Google Maps, Waze. Jam buka: 06.00 - 18.00 setiap hari.