Cara Memaksa Facebook Membuka Links di Chrome

May 08, 2020. Label:
Cara Memaksa Facebook Membuka Links di Chrome ini (atau di Safari, atau di browser kesukaan Anda) perlu diketahui jika Anda termasuk salah satu orang yang merasa kesal ketika membuka link di Facebook dengan ponsel, dan link itu ternyata dibuka di "browser" Facebook sendiri.

Tidak sebagaimana di Twitter yang sudah saya ketahui sejak lama bahwa ketika memencet link akan dibuka di 'browser' Twitter, masalah dengan 'browser' Facebook ini belum lama saya ketahui, setelah klik sebuah tautan dan penampilan halamannya terlihat tidak sebagaimana seharusnya. Ini cukup mengganggu karena menjadi tidak nyaman untuk dibaca.

Tujuan Facebook, dan Twitter atau aplikasi sosial media lainnya, tentu adalah agar orang tidak perlu pergi meninggalkan laman Facebook, dan Twitter dll, ketika membuka sebuah link website. Ditinggalkan memang merupakan hal yang tidak menyenangkan, bahkan bagi aplikasi seperti FB dan Twitter.

Cara Memaksa Facebook Membuka Links di Chrome

Untungnya ada cara untuk memaksa Facebook apps di mobile phone untuk membuka links di Chrome atau di brwoser pilihan anda lainnya, sehingga tidak perlu berlama-lama kesal karena 'ulah' Facebok app ini. Hanya sayangnya pilihan untuk memaksa membuka link dengan browser eksternal tidak ada atau belum saya temukan untuk Facebook Lite.

Moral ceritanya adalah sebisa mungkin hindari cara memaksa pengunjung untuk berlama-lama tinggal si laman Anda, jika Anda tidak atau belum mampu memberikan layanan yang mereka butuhkan sebagaimana yang diberikan oleh laman atau aplikasi lain yang lebih memiliki kompetensi. Setidaknya jangan jadikan sebagai default setting.

Ikuti langkah-langkah yang diperlihatkan pada tampilan foto berikut ini, dengan memperhatikan alur arah panah, untuk memaksa Facebook mobile membuka link di browser eksternal kesukaan Anda. Keterangan atau petunjuk tertulisnya bisa dilihat di bawah foto untuk memudahkan.

Cara Memaksa Facebook Membuka Links di Chrome

  1. Buka aplikasi Facebook mobile dengan ponsel.
  2. Klik 'hamburger menu' di kanan atas layar (garis datar tumpuk tiga).
  3. Gulir ke bawah ke 'Setting & Privacy' dan klik panah turun, klik Settings.
  4. Gulir ke ujung paling bawah, dan klik 'Media and Contacts'
  5. Temukan 'Links open externally' dan geser slider ke kanan untuk mengaktifkannya.
  6. Jika selesai melakukan hal di atas, tarik nafas lega, karena satu masalah Anda telah terselesaikan.


Setelah berhasil memaksa Facebook membuka link di Chrome atau browser default yang Anda telah atur, maka tampilan dan semua fungsi yang ada di browser default akan berjalan sebagaimana semestinya. Tak ada masalah jika Anda hendak kembali ke laman Facebook karena cookies masih tersimpan di browser dan tidak perlu login lagi. Semoga bermanfaat.