Read More ke Puncak Tulisan di Blogger

May 16, 2020. Label:

Terkadang perlu bagi seorang Blogger untuk merubah kode di tautan 'read more' agar membawa pengunjung ke puncak tulisan ketika diklik. Belum lama hal ini menarik perhatian saya lagi karena ketika setiap kali mengklik hyperlink "read more" di home page, selalu membawa saya ke baris teks di mana jump link diletakkan, dan saya tak menyukainya.

Orang boleh jadi belum membaca konten dari artikel yang terletak sebelum taut penggalan, atau sudah lupa dengan apa yang baru saja mereka baca ketika mereka sudah berada di tulisan, dan itu akan membuat mereka harus menggulir ke bagian atas halaman. Itu buang waktu.

Selain itu, dari sudut pandang pemilik blog, di bagian atas halaman biasanya ada iklan, mungkin yang paling berharga dengan nilai tertinggi, yang sayang jika tak dilihat. Karenanya, pengaturan default tautan 'read more' bukanlah yang diinginkan oleh pembaca maupun pemilik blog.

Blogger Read More ke Puncak Tulisan

Untuk WordPress saya sudah cukup lama membuat artikel tentang cara menangani masalah ini. Anda dapat membacanya di sini. Anda tidak perlu memahami coding untuk melakukan trik ini di WordPress.

Sementara itu Blogger Theme default telah berevolusi seiring waktu, dan karenanya ada berbagai cara untuk mengubah hyperlink 'read more' untuk membawa pengunjung ke posisi teratas di setiap posting ketika diklik.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah hyperlink 'read more' agar sesuai keinginan:

  1. Login ke Blogger, dan jangan lupa untuk back up theme lebih dulu sebelum lakukan perubahan. Jangan mengandalkan ctrl-Z atau command-Z, karena screen bisa membeku kapan saja.
  2. Klik Theme > Edit HTML
  3. Jika memakai theme Picture Window atau yang serupa dengan itu, cari (Ctrl-F / Command-F)

    <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>

    Di bawah kode itu, cari + "#more", hapus kode ini sehingga menjadi:

    <a expr:href='data:post.url + "#more"' expr:title='data:post.title'><data:post.jumpText/></a>

    Save, selesai.
  4. Jika memakai theme Contempo atau sejenisnya, cari (Ctrl-F / Command-F)

    <b:includable id='postFooterJumpLink'>

    Di bawah kode itu, cari fragment "more" , dan hapus kode ini sehingga menjadi:

    <a expr:href='data:post.hasJumpLink ? data:post.url : data:post.url' expr:title='data:post.title'>

    Simpan.


Periksa dengan membuka halaman beranda Anda, dan klik hyperlink 'read more' untuk melihat hasilnya. Jika masih belum bekerja, periksa lagi langkah-langkah di atas karena mungkin ada yang terlewatkan, salah ketik, atau salah tempat.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang !

Loading comments…

Jejak Pembaca

Baca Pula